Apakah kamu adalah siswa baru di SMP ataupun SMA sederajat? Berbeda dengan SD yang tidak ada organisasi atau ekskulnya, di sekolah menengah para siswa dihadapkan dengan berbagai pilihan kegiatan di luar kurikulum. OSIS (Organisasi Siswa) adalah salah satu organisasi itu dan menjadi yang terpenting. Oleh karena itu, wajar kalau banyak yang mau ikut OSIS. Cuman, apa sih sebenarnya alasan masuk OSIS itu?

Mengenai alasan ikut OSIS ini, biasanya muncul pada saat seleksi penerimaan anggota baru. Pertanyaan ini paling mungkin keluar ketika sesi wawancara bersama panitia atau senior OSIS di sekolah kamu. Bagi kamu yang ingin bergabung di OSIS mungkin sudah memikirkan apa alasan masuk OSIS, hanya saja apakah alasan itu sudah baik atau tidak, siapa yang tahu.

Berikut beberapa alasan masuk OSIS yang perlu kamu tahu. Semoga ini bisa menjadi pertimbangan bagi kamu dan membuatmu tahu manfaat ikut OSIS itu secara tidak langsung.

Alasan atau Tujuan Masuk OSIS

Menurutmu apa yang menarik saat ikut OSIS? Terlihat keren? Banyak kenalan atau bagaimana? Apalagi jika ada lencana khusus OSIS, atau minimal kokarde atau apa gitu ya. Selain hal-hal fisik begitu, kamu bisa juga mendapatkan berbagai manfaat jika kamu masuk OSIS. Yuk, disimak.

#1 Pilihan kesibukan positif di sekolah

Nah, teman-teman. Alasan paling kuat menurut Ajo adalah untuk menambah kesibukan positif di sekolah. Umumnya para siswa ke sekolah hanya belajar–sementara kita tahu kalau belajar itu kerap memusingkan bahkan membosankan. Oleh karena itu, setiap siswa hendaknya punya kesibukan lain (yang positif ya) di sekolah biar usia remaja tidak cuma habis oleh belajar.

Kegiatan itu tentu saja, salah satunya, bergabung dengan OSIS. Dengan bergabung dengan OSIS kamu punya pilihan lain untuk menghabiskan waktu di sekolah untuk kegiatan bermafaat. Sekolah bukan melulu soal menerima pelajaran akademis di dalam kelas, tapi juga belajar mengembangkan kepribadian, bukan? Nah, jika kamu ikut OSIS kamu bisa menyalamatkan dirimu dari kegiatan membuang-buang waktu dengan percuma.

#2 Saran memperbanyak teman dan membangun jaringan

Kesibukan kita sekolah kadang membuat kita kehabisan waktu untuk berkenalan dengan orang baru. Yah, pulang sekolah pun disuruh segera pulang sama ortu–gak boleh keluyuran kemana-mana. Belum lagi kalau ada les ini dan itu. Maka alasan masuk OSIS kedua adalah sebagai sarana untuk memperbanyak teman dan membangun jaringan.

Pertanyaannya, apa pentingnya punya banyak teman-teman?

Penting banget lah, ini akan sangat bermanfaat bagi kita di masa depan. Lagi pula manusia itu makhluk sosial, bukan?

#3 Agar terbiasa bekerja dalam tim

Di dunia kerja nanti, salah satu kemampuan yang dibutuhkan adalah kemampuan bekerja di dalam tim. Kemampuan ini tentu gak bisa ada begitu saja, harus dilatih. Untuk melatihnya butuh waktu yang cukup panjang. Nah, dengan ikut OSIS kamu bisa melatih kemampuanmu bekerja di dalam tim. Namanya juga organisasi, gak mungkin bekerja sendiri-sendiri, bukan? Makanya ada ketua dan ada bidang-bidang.

#4 Menjadi pribadi yang bermanfaat

Bukankah manusia yang terbaik adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya? Ketika kita mampu berbuat baik terhadap orang lain, selain diganjar pahala oleh Tuhan, kita akan disenangi oleh banyak orang. Orang senang untuk bergaul dengan kita. Ketika kamu bergabung dengan OSIS kamu bisa melakukankegiatan positif yang efeknya dapat dirasakan oleh banyak orang. Nah, OSIS adalah lembaga yang bisa memberi jalan bagimu untuk itu.

#5 Menambah kemampuan komunikasi kita

Orang yang biasanya sulit berkomunikasi, karena malu atau sebagainya, ketika dia bergabung dengan sebuah organisasi maka ia akan terpaksa untuk belajar berkomunikasi. Konon, komunikasi adalah aspek yang sangat penting agar sebuah organisasi berjalan dengan baik, tidak terkecuali OSIS. Maka, alasan ikut OSIS selanjutnya adalah untuk menambah kemampuan komunikasi kita. Mereka yang sering ikut rapat OSIS, jadi panitia acara dan segala macamnya secara tidak sadar akan mengalami peningkatan pada kemampuan komunikasinya. Kalau dulu ngomong depan umum takut setengah mati, setelah ikut OSIS gak lagi. Gak percaya? Buktikan aja sendiri.

alasan-ikut-osis

#6 Langkah awal belajar jadi pemimpin

Ada satu lagi manfaat ikut OSIS yang sayang banget untuk dilewatkan, yaitu membantumu belajar menjadi pemimpin. Menjadi pemimpin yang baik bukan hal yang mudah, oleh karena itu sebelum bisa menjadi pemimpin yang baik seseorang mesti belajar untuk dipimpin–maksudnya punya pengalaman dipimpin.

Di dalam tubuh OSIS ada struktur organisasi, ada pemimpin dan ada yang dipimpin. Ketika awal masuk memang kita hanya menjadi anggota biasa, namun jika kita memiliki kemampuan bukan tak mungkin kita dipercayakan memegang amanah strategis. Ada proses yang harus dilewati, dan percayalah dengan itu kita bisa menjadi lebih dewasa.

#7 Penunjang prestasi akademis

The last but not least, bergabung dengan OSIS juga dapat memberi manfaat kepada akademik kita lho. Dengan ikut OSIS kamu akan dikenal oleh para guru, itu bisa bermanfaat bagi prestasi akademismu lho. Guru-guru yang kenal dengan kita biasanya akan memberikan kita perhatian khusus, kalau malas ditegur, kalau kita salah dimarahi. Emang sih gak enak ditegur atau dimarahi. Tapi, perhatian guru tersebut akan memacu kita untuk lebih semangat dalam belajar, yang secara tidak langsung bisa menambah kemampuan akademis kita.

Well, itulah beberapa alasan masuk OSIS yang bisa Ajo bagikan buat kamu. Sebenarnya banyak lagi alasan bergabung dengan OSIS lainnya dari yang baik sampai yang tidak baiknya. Oleh karena itu, Ajo ingin berpesan kepada kalian generasi muda harapan bangsa, luruskanlah niat dalam setiap apapun yang kamu lakukan, karena kelak masa depan bangsa ini ada di tangan kalian. Nah, jadi gimana, tertarik untuk ikut OSIS? Cobalah ikut dan rasakan manfaatnya.[]