Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat berada di sekolah atau kampus adalah ikut organisasi atau ekstrakurikuler. Hanya saja, sebagian pelajar masih membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk berpikir. Mereka mencari alasan masuk organisasi yang tepat dan dapat diterima. Baik oleh diri sendiri, maupun panitia seleksi dari organisasi-organisasi tersebut. Alasan atau motivasi tersebut tentu harus motivasi yang baik, agar kegiatan yang akan dijalani memberikan hasil yang baik juga.

Secara umum, alasan ikut organisasi itu adalah untuk menyeimbangkan hard skill dengan soft skill, tapi itu sebenarnya mainstream sekali. Oleh karena itu, saya ingin mengulas beberapa alasan ikut organisasi kampus yang bisa menguatkan keputusanmu untuk bergabung di suatu organisasi atau ekskul tertentu.

Alasan Masuk Organisasi Kampus atau Sekolah

1. Mencari pengalaman baru

Alasan pertama masuk organisasi kampus adalah untuk mencari pengalaman baru. Pengalaman ini akan sangat berarti bagi kamu karena kamu akan belajar suatu hal yang baru. Kalau biasanya sepulang sekolah langsung ke rumah, setelah bergabung organisasi kamu memiliki tempat untuk mampir. Kamu bisa memilih organisasi yang tepat dan sesuai dengan minat kamu agar mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan.

2. Menambah kenalan atau relasi

Manfaat bergabung dengan organisasi lainnya adalah dapat menambah kenalan atau relasi kita. Ketika bergabung dengan organisasi, kamu akan berkenalan dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Mereka bisa berasal dari daerah yang berbeda pula. Mempunyai banyak kenalan atau relasi akan memberikan keuntungan tersendiri lho. Tidak hanya saat sekolah atau kuliah, kenalan atau relasi akan sangat membantumu setelah kamu tamat nantinya.

3. Membuat waktu luang jadi bermanfaat

Alasan masuk organisasi lainnya adalah membuat waktu luang jadi lebih bermanfaat. Hal ini dikarenakan kamu memiliki kegiatan-kegiatan yang dapat menambah kapasitas dirimu, meningkatkan softskill dan lainnya. Tentu saja ini lebih bermanfaat dari pada menghabiskan waktu luang untuk tidur, main game, menonton film dan sebagainya. Mengelola acara, mengadakan rapat dan sebagainya akan mengisi waktu luangmu untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

4. Menebar manfaat pada orang lain

Ikut organisasi sudah tidak diragukan lagi akan memberikan manfaat pada dirimu, namun selain itu saat kamu aktif di organisasi, kamu juga akan dapat memberikan atau menebarkan manfaat bagi orang lain lho. Apalagi jika organisasi yang kamu ikuti adalah organisasi yang tugasnya memang membantu pelajar lain seperti OSIS dan sebagainya. Pun jika kamu tidak tergabung di organisasi yang berkaitan dengan kegiatan sosial, kamu bisa saling bantu-membantu dengan anggota organisasi lainnya.

5. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Terbiasa bersosialisasi dan rapat dalam organisasi secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan komunikasimu. Nyatanya, selama di dalam organisasi kampus dan kegiatan-kegiatannya kamu terlibat dalam kegiatan sosial yang membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik agar pekerjaan selesai dengan baik pula.

Baca juga : Pengalaman Organisasi Itu Penting, Ini Lho Alasannya

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Bergabung dengan organisasi kampus atau sekolah juga dapat membantumu untuk meningkatkan rasa percaya diri lho. Kenapa demikian? Karena selama menjalani hari-hari sebagai aktivis kamu akan terbiasa untuk berkomunikasi dengan orang lain, menyampaikan ide atau gagasan, melakukan lobi dan sebagainya. Selain itu, kamu akan dihadapkan pada masalah-masalah yang harus kamu selesaikan dan meningkatkan kepercayaan dirimu.

7. Mengubah pola pikir

Alasan ikut organisasi kampus terakhir adalah ikut organisasi dalam mengubah pola pikir kita. Hal ini dapat terjadi karena kamu sudah terbiasa dan terlibat dalam fenomena-fenomena sosial. Kamu juga sudah belajar bagaimana menghadapi masalah-masalah dengan pikiran yang lebih tenang. Di organisasi kamu juga belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain. Di saat bekerja sama inilah kamu akan belajar menekan ego pribadi dan mementingkan kepentingan kelompok alias kepentingan bersama. Dengan kata lain, kamu akan belajar untuk merubah pola pikirmu menjadi lebih baik.

Baca juga : 7 Tips Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa

Well, beberapa alasan masuk organisasi kampus di atas barangkali bukanlah semuanya. Hanya saja, 7 poin di atas agaknya bisa menjadi alasan yang kuat untuk kamu bergabung dengan organisasi atau ekskul tertentu di sekolah. Percayalah, kamu akan mendapatkan manfaat yang banyak ketika kamu memutuskan untuk ikut organisasi dan bersungguh-sungguh di sana. Semoga mendapatkan pengalaman yang terbaik dan bermanfaat ya.[]

error:
Copy link
Powered by Social Snap