Pengertian dan Pertanyaan Tentang Identitas Nasional

Apa kamu pernah terpikir sebuah pertanyaan tentang identitas nasional? Misalkan dari pengertiannya. Sederhananya, pengertian identitas nasional disusun dari kata “identitas” dan “nasional”. Identias sendiri adalah jati diri. Jati diri yang dimaksud adalah sesuatu yang hanya dimiliki oleh seseorang dan tidak dimiliki oleh orang lain. Sedangkan “nasional” berarti terikat pada suatu bangsa atau negara. Sehingga, identitas nasional dapat diartikan sebagai jati diri suatu bangsa yang menjadi penanda dari bangsa tersebut.

Lebih jauh, identitas nasional juga dapat diartikan sebagai suatu ciri atau jati diri suatu bangsa atau negara yang meliputi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang di dalam bangsa tersebut dan menjadi pembeda dari bangsa lain.

Identitas nasional bisa berupa individu, situs budaya, paham atau ideologi yang dianut dan sebagainya. Gampangnya, ketika orang-orang mendengar atau membaca itu maka ia akan teringat kepada sebuah negara. Sebagai contoh Pancasila. Ketika mendengar Pancasila apa yang langsung kamu ingat? Jika kamu menjawab ideologi Indonesia, maka kamu benar.

Orang lain, khususnya orang di luar negara kita, ketika mendengar Pancasila juga akan teringat atau mendapatkan Indonesia sebagai hal yang terkait dengan itu. Itu berarti Pancasila adalah salah satu contoh dari identitas nasional.

Pertanyaan Tentang Identitas Nasional

Memahami konsep mengenai identitas nasional sebenarnya tidaklah sulit, kamu bahkan pernah melakukan atau menemukannya di kehidupan sehari-hari, sebagai contoh saat belajar dan berkegiatan di sekolah. Penjabaran lebih lanjut tentang identitas nasional juga dapat dicari di internet. Saya tidak menuliskannya di sini karena pembahasan kita kali ini bukan tentang itu, tapi kita ingin coba membahas beberapa pertanyaan tentang identitas nasional yang mungkin saja muncul pada tugas-tugas sekolahmu.

Jika kamu mencari beberapa pertanyaan seputar identitas nasional, beberapa pertanyaan dan soal berikut ini barangkali bisa membantumu.

  • Apakah yang dimaksud dengan identitas nasional?
  • Jelaskan pengertian identitas nasional menurut para ahli!
  • Sebutkan dan jelaskan apa yang kamu ketahui tentang unsur identitas nasional!
  • Sebutkan dan jelaskan faktor pembentuk identitas nasional!
  • Sebutkan ciri-ciri negara yang memiliki identitas nasional!
  • Sebutkan contoh-contoh identitas nasional yang kamu ketahui!
  • Jelaskan apa saja fungsi dari identitas nasional!

Beberapa pertanyaan tentang identitas nasional di atas mungkin terlalu mudah untuk dijawab. Ada kalanya kamu akan mendapatkan pertanyaan sulit tentang identitas nasional, yang mana kamu harus banyak berpikir dan mencari jawabannya. Beberapa pertanyaan sulit tersebut bisa jadi sebagai berikut:

  • Apakah budaya Indonesia yang beraneka ragam dapat menjadi identitas nasional? Jelaskan pendapatmu dengan salah satu contoh budaya tersebut!
  • Apa sikap yang paling baik untuk diambil ketika negara lain mengakui salah satu identitas nasional negara kita?
  • Jika suatu negara dengan negara lainnya merupakan negara yang satu rumpun, beberapa budaya mereka mungkin akan sama, apa pendapatmu jika masing-masing negara mengakui suatu budaya tertentu yang dimiliki keduanya sebagai identitas nasional mereka?
  • Sebagai seorang warga negara Indonesia, apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga identitas nasional negara kita? Jelaskan dengan bahasamu sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan sulit seringkali memaksa kita untuk melakukan studi yang lebih dalam mengenai topik tertentu, bahkan kalau bisa kita mesti membaca literatur ilmiah untuk bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Namun, agar kamu mendapatkan gambaran, saya akan coba menjawab satu dari pertanyaan di atas.

Hal Bisa Kita Lakukan Untuk Menjaga Identitas Nasional

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, tentu kita mesti memberikan kontribusi kepada bangsa. Salah satu dari kontribusi tersebut adalah menjaga bangsa ini, seperti menjaga identitas nasionalnya. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga identitas nasional tersebut.

Memahami arti penting dari identitas nasional

Hal pertama yang bisa kita lakukan dalam menjaga identitas nasional adalah memahami arti penting dari identitas nasional itu terlebih dahulu. Seberapa penting sih identitas nasional itu bagi kita dan bangsa kita. Nyatanya identitas nasional itu sangat penting karena merupakan jati diri dari negara, oleh karena ia sangat penting, mau tidak mau tentu kita harus menjaganya dengan sebaik mungkin.

Mengetahui dan mengenali apa saja identitas nasional itu dengan baik

Kita baru akan dapat menjaga identitas nasional andai kata kita tahu apa saja contoh-contoh identitas nasional itu. Misalkan Pancasila tadi, kita bisa menjaganya dengan menerapkan nilai-nilai dari Pancasila itu. Selain itu, kita mesti menjaga Pancasila dari serangan ideologi lain dan dari sentimen negatif orang lain.

Melestarikan budaya Indonesia

Melestarikan budaya kita adalah cara menjaga identitas nasional juga. Salah satunya dengan belajar bahasa daerah tempat kita berasal atau tinggal. Sekarang ini, anak-anak diajarkan untuk berbahasa Indonesia oleh orang tua mereka di saat mereka kecil, hal itu membuat jumlah penutur bahasa daerah semakin sedikit dan nyaris hanya orang-orang tua saja. Pun kamu tidak diajarkan bahasa daerah dari kecil, kamu bisa mempelajarinya sendiri kok.

Mencintai produk-produk lokal

Menjaga identitas nasional juga bisa dilakukan dengan mencintai produk-produk lokal Indonesia. Sebagai contoh kain batik, kain batik dapat dikategorikan sebagai salah satu identitas nasional karena itu merupakan ciri khas Indonesia. Ketika kamu mencintai batik, itu berarti kamu telah menjaga identitas nasional kita. Tapi ya, jangan dicintai saja, melainkan juga digunakan dan diperkenalkan kepada orang lain.

Saling menghargai perbedaan demi persatuan dan kesatuan

Cara lainnya dalam menjaga identitas nasional adalah dengan saling menghargai sesama warga negara, hal itu agar tercipta persatuan dan kesatuan. Indonesia adalah negara dengan keberagaman yang tinggi, oleh karena itu kita memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika, yang berarti keragaman terpadu atau meskipun berbeda-beda tetapi tetap bersatu. Dan itu adalah salah satu identitas nasional kita lainnya. Maka dengan saling menghargai perbedaan itu berarti kita telah menjaga identitas nasional.

Adapun cara-cara menjaga identitas nasional lainnya masih cukup banyak, tapi saya hanya mencontohkan 5 poin saja sebagai jawaban dari salah satu pertanyaan sulit tentang identitas nasional yang saya tuliskan tadi.

Nah, itulah pembahasan kita mengenai pengertian hingga pertanyaan tentang identitas nasional. Sekali lagi, identitas nasional merupakan jati diri dari bangsa atau negara kita, ketika ia memudar maka ia berarti kita mulai kehilangan jati diri kita yang membuat kita unik di antara bangsa-bangsa yang lain. Oleh karena itu, marilah sama-sama kita kenali dan jaga identitas nasional itu agar ia tetap bertahan sampai kapanpun juga. Dan, terima kasih sudah mampir untuk membaca.[]

Tinggalkan komentar

error: