Apakah kamu pernah mendengar istilah Hak Asasi Manusia (HAM) sebelumnya? Saya kira di sekolah kita diajari tentang itu oleh guru atau membacanya di berbagai buku teks. Selain itu, isu HAM juga kerap diangkat ke pemberitaan di surat kabar hingga televisi. Berbagai pertanyaan tentang HAM dan pelaksanaannya juga dapat dengan mudah kita temukan. Hanya saja, menemukan jawaban dari pertanyaan seputar HAM itu jauh lebih sulit dari pada membuat pertanyaannya.

Lupakan saja itu. Kali ini saya ingin membahas mengenai beberapa pertanyaan tentang HAM yang mungkin kamu butuhkan untuk mengerjakan tugas sekolah (atau mungkin juga tugas kuliah). Namun sebelum itu, bagaimana kalau kita ulas sedikit tentang apa HAM itu? Atau jika kamu ingin langsung melihat daftar pertanyaan tentang HAM, silakan klik daftar isi di bawah ini ya.

Apa itu Hak Asasi Manusia (HAM)?

Secara sederhana, hak asasi manusia (HAM) merupakan sebuah konsep hukum dan normatif yang menyatakan bahwa setiap manusia itu memiliki hak yang melekat pada dirinya karena ia adalah seorang manusia. HAM telah didapatkan oleh seseorang semenjak ia terlahir ke dunia. Hak asasi manusia itu tidak terbatas waktu dan ruang, artinya HAM bisa berlaku kapanpun, di manapun dan terhadap siapapun. HAM itu sifatnya universal dan tidak dapat dicabut dari seorang manusia.

Hak asasi manusia juga dijelaskan dalam Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945) lho. Seperti hak atas kesamaan kedudukan di dalam hukum, hak untuk hidup, hak untuk memeluk agama dan sebagainya. Dahulu sebelum adanya amandemen atau perubahan, terdapat 7 butir penjelasan yang berkaitan dengan HAM itu di dalam UUD 1945. Beberapa butir dalam UUD 1945 yang berkaitan dengan hakikat HAM adalah pasal 27 ayat 1, pasal 27 ayat 2, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, pasal 31 ayat 1 dan pasal 34. Namun setelah amandemen, semakin banyak butir yang menjelaskan hakikat dari hak asasi manusia di dalam UUD 1945 itu sendiri.

Artinya, hak asasi manusia (HAM) adalah hak yang terus melekat kepada seorang manusia terlepas dari apapun status serta latar belakangnya. HAM adalah sesuatu yang wajib untuk dilindungi.

Pertanyaan Tentang HAM

Setelah membahas sedikit mengenai HAM, tentu kamu sudah punya gambaran mengenai konsep HAM tersebut, bukan? Materi tentang HAM sebenarnya bisa kamu baca di internet atau di buku teks pelajaran, jadi saya tidak akan menjelaskannya lebih jauh di sini. Oleh karena itu, kita langsung saja melihat beberapa soal atau pertanyaan yang berkaitan dengan HAM.

Berikut adalah beberapa pertanyaan seputar HAM tersebut:

  • Apa yang dimaksud dengan hak asasi manusia atau HAM?
  • Jelaskan pengertian hak asasi manusia menurut para ahli!
  • Bagaimana sejarah hak asasi manusia di Indonesia internasional?
  • Jelaskan apa itu tipologi kewajiban HAM!
  • Sebutkan ciri-ciri hak asasi manusia!
  • Pada bagian mana di dalam Undang-undang Dasar 1945 yang berkaitan dengan HAM?
  • Kapankah hari hak asasi manusia (HAM) sedunia diperingati?
  • Sebutkan lembaga internasional yang bertugas melindungi hak asasi manusia!
  • Sebutkan lembaga tingkat nasional yang bertugas melindungi hak asasi manusia!
  • Sebutkan macam-macam hak asasi manusia menurut Persatuan Bangsa-bangsa (PBB)!
  • Sebutkan beberapa contoh kasus pelanggaran hak asasi manusia!
  • Jelaskan pendapatmu mengenai bagaimana perlindungan hak asasi manusia di Indonesia!
  • Jelaskan menurut pandanganmu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga hak asasi manusia!

Persoalan tentang HAM memang bukan hal yang sederhana, meskipun HAM dilindungi oleh berbagai lembaga, tak jarang kita temukan pelanggaran HAM dalam kehidupan kita sehari-hari. Nah, beberapa pertanyaan tentang HAM tadi hanyalah sebagian dari banyaknya pertanyaan seputar HAM dan pelaksanaanya. Hanya saja, semoga yang sedikit tersebut bisa membantumu dalam mengerjakan tugas atau untuk keperluan lainnya ya.

Baca juga : Cara Menjadi Pintar Tanpa Belajar, Fakta atau Mitos?

Akhir kata, saya ingin mengajak teman-teman semua untuk menjadi pejuang dalam melindung hak asasi manusia, tidak hanya hak asasi kita sendiri, tetapi juga orang lain. Paling tidak, bersikap baik kepada teman-teman atau orang lain adalah salah satu bentuk dari menjaga hak asasi itu, karena setiap orang berhak mendapatkan perlakuan baik. Terlepas dari hal itu, jika ada sesuatu yang ingin kamu tanyakan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya. Terima kasih sudah mampir dan membaca.[]

[adinserter block=”1″]

error: