Home » 7 Merk RAM yang Bagus untuk Laptop dan PC

7 Merk RAM yang Bagus untuk Laptop dan PC

merk ram yang bagus

Beberapa waktu yang lalu saya memutuskan untuk membeli sebuah RAM. Bawaan laptop saya hanya 4GB, untunglah dia punya 2 slot (1 berisi dan 1 kosong), akhirnya saya cari-cari tuh produk dari merk RAM yang bagus untuk laptop dan memutuskan untuk membeli RAM Kingston.

Setelah saya pasangkan RAM tambahan, dia jadi lebih nyaman untuk multitasking. Sebagai blogger, saya suka banget buka Chrome dengan banyak tab. Sebagaimana yang sama-sama kita ketahui, Chrome itu boros RAM banget. Belum lagi saya buka software lainnya di waktu yang sama. Sering not responding lah dia, hehe.

Omong-omong, saya yakin bahwa Anda ke sini karena butuh referensi. Di bawah sudah saya sertakan beberapa pilihan vendor Random Access Memory (RAM) terbaik untuk laptop atau PC Anda. Simak ya.

Merk RAM yang Bagus dan Berkualitas

Ada cukup banyak brand RAM di pasaran saat ini, namun saya berusaha memilihkan beberapa di antaranya untuk saya tulis di artikel ini. Dua dari berbagai merk RAM terbaik di bawah sudah pernah saya coba produknya, sementara yang lainnya layak Anda pilih lantaran terbilang laris di pasaran.

Kingston

Kingston adalah perusahaan senior di industri memori untuk perangkat komputer. Mereka telah berdiri semenjak 1987 dan konsisten memproduksi memori-memori terbaik. Anda bisa menemukan beragam produk Kingston seperti SSD, MicroSD, dan tentu juga RAM.

Pada Oktober 2020 lalu, saya memutuskan untuk membeli sebuah RAM DDR4 4GB dari Kingston. Produk tersebut saya beli lantaran RAM bawaan laptop tidak cukup mumpuni untuk mengiringi pekerjaan saya. Kabar baiknya, setelah RAM tersebut saya pasang, laptop saya tidak mengalami masalah hingga saat ini.

Yang menarik dari Kingston adalah harga RAM mereka relatif murah dari pada merk lainnya. Produknya juga mudah kita temukan di toko offline maupun online. Namun pastikan RAM Kingston yang akan Anda beli itu adalah yang original ya. Pasalnya, merk terkenal sangat mungkin ada produk tiruannya.

Cek harga di Shopee

Team

Team atau Teamgroup adalah produsen RAM asal Taiwan. Produk mereka juga sudah terpercaya oleh berbagai konsumen di seluruh dunia.

RAM dari Team adalah seri Elite dengan voltase rendah. Sedangkan untuk harganya, Anda bisa mendapatkan ram terbaik ini mulai dari 300 ribuan untuk RAM 4GB. Garansi yang produsen berikan adalah lifetime. Tapi ini garansi produsen ya, bukan garansi toko.

Baru-baru ini saya bantu menambah RAM laptop tante saya di toko offline tempat beli laptop itu, katanya dari toko cuma garansi 1 tahun. Kalau setelah satu tahun, klaimnya langsung ke brand atau produsen. Namun di samping itu, RAM Team memang oke punya.

Laptop adik dari ibu saya itu hingga saat ini bisa bekerja dengan lebih baik. Si laptop juga sering digunakan oleh sepupu saya untuk bermain game seperti Roblox dengan cukup lancar. Padahal laptopnya hanya merupakan laptop office entry level yang bertenaga AMD Athlon.

Cek harga di Shopee

V-Gen

V-Gen adalah merk memori asli Indonesia. Perusahaan ini tidak hanya menjual memori eksternal seperti flashdisk dan micro SD, tetapi juga RAM laptop.

Ada dua seri RAM laptop yang mereka jual, yaitu seri Platinum dan Rescue. Seri Platinum adalah produk premium dengan bahan berkualitas dan kecepatan yang lebih baik. Hal ini karena IC yang dipakai adalah sama dengan brand besar seperti Samsung dan lainnya. Sedangkan Rescue adalah seri ekonomis dari RAM V-Gen, IC-nya dari V-Gen sendiri.

Harga RAM V-Gen juga murah, mulai dari 300 ribuan dengan garansi lifetime atau seumur hidup. Jika rusak, Anda tinggal klaim dan mereka akan ganti baru. V-Gen bisa Anda pilih jika Anda adalah pendukung produk lokal.

Cek harga di Shopee

Samsung

merk ram terbaik samsung

“Samsung RAM” by aaltonen is licensed under CC BY 2.0

Selanjut ada merk Samsung yang layak untuk Anda miliki. RAM Samsung sudah terkenal oleh banyak pengguna. Bahkan RAM bawaan sebuah laptop sangat mungkin bermerk Samsung. Oleh karenanya kualitas RAM mereka tidak perlu kita ragukan lagi.

Samsung sendiri menyatakan bahwa produk RAM mereka memiliki performa yang bagus untuk berbagai kebutuhan. Selain itu, teknologi dalam manufaktur membuat RAM DDR4 Samsung mengkonsumsi daya yang lebih rendah ketika performa ditingkatkan. Hemat energinya sampai 25%.

Anda bisa menemukan RAM merk Samsung dengan mudah di marketplace. Harganya bervariasi, mulai dari 290-an ribu untuk DDR4 4GB. Namun seperti pesan saya sebelumnya, beli produk yang ori saja ya.

Cek harga di Shopee

Corsair

Jika Anda sering menggunakan laptop untuk bermain game, merk Corsair sangat cocok untuk Anda, tepatnya seri Vengeance. Seri ini memiliki waktu respon yang cepat sehingga cocok untuk dipakai gaming, streaming, dan berbagai kebutuhan multimedia. Dengan kata lain, Corsair Vengeance dapat diandalkan.

Corsair sendiri adalah perusahaan perangkat keras komputer asal Amerika Serikat. Produk-produk mereka memang lebih sering atau lebih banyak untuk keperluan gaming atau multimedia berat. Namun itu bukan berarti tidak cocok untuk keperluan sehari-hari.

Jika Anda membutuhkan seri yang lebih murah dan cocok untuk penggunaan harian, Corsair Value Select barangkali cocok untuk Anda pilih dan gunakan pada perangkat Anda.

Cek harga di Shopee

SK Hynix

Hynix adalah perusahaan semikonduktor dan cip memori asal Korea Selatan. Perusahaan ini juga sudah senior karena telah beroperasi semenjak 1983. Konon, Hynix merupakan produsen chip memori kedua terbesar di dunia, tepat di bawah Samsung Electronics.

RAM dari produsen yang sebelumnya bernama Hyundai Electronics ini layak untuk Anda pilih bagi perangkat Anda. Harganya mulai dari 290 ribuan untuk DDR4 4GB.

Cek harga di Shopee

ADATA

Terakhir, merk RAM rekomendasi selanjutnya adalah ADATA. ADATA merupakan produsen memori asal Taiwan yang memproduksi beragam produk memori.

ADATA memiliki berbagai seri RAM yang cocok untuk digunakan pada laptop maupun PC. Sedangkan untuk harganya, sebuah RAM merk ADATA bisa Anda dapatkan mulai harga 300 ribuan. Kualitas produk mereka juga tidak kalah baik dari beberapa merk yang sudah saya ulas sebelumnya.

Cek harga di Shopee

Cara Memilih RAM yang Bagus

merk ram terbaik

Jika di atas kita sudah membahas berbagai merk RAM yang bagus, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memilih yang tepat? Pun jika brand itu bagus, belum tentu produknya cocok dengan laptop atau PC kita.

Untuk itu, beberapa cara di bawah agaknya bisa Anda terapkan.

Pilih frekuensi atau kecepatan yang cocok

Lakukanlah pengecekan pada kecepatan RAM di laptop atau PC Anda. Hal ini akan sangat berpengaruh pada performa RAM baru yang akan Anda beli nanti. Jika Anda membeli RAM dengan kecepatan yang lebih tinggi dari kebutuhan perangkat, maka itu akan percuma.

Sebagai contoh, laptop saya yang mendukung DDR4 2400 MHz, jika saya beli di atas 2400 MHz, frekuensi yang akan digunakan tidak akan lebih dari 2400 MHz.

Selain itu, frekuensi atau kecepatan sebenarnya dari RAM juga tidak akan sampai 2400 MHz seperti label, karena itu hanya akan maksimal yang bisa laptop capai. Sementara angka sebenarnya bisa setengah dari itu. Oleh karenanya, sebaiknya membeli RAM yang sesuai dengan spesifikasi laptop kita.

Cari tahu jumlah slot RAM

Jumlah slot RAM sangat penting untuk menentukan berapa kapasitas RAM yang akan Anda beli. Jika laptop atau PC Anda hanya memiliki 1 slot RAM, RAM tersebut akan berjalan di jalur single channel. Anda perlu membeli 1 keping RAM dengan kapasitas sesuai yang diinginkan. Hal itu karena RAM lama benar-benar harus Anda ganti.

Beda hal jika jumlah slot 2, Anda tinggal membeli RAM dengan selisih kapasitas yang diinginkan dengan yang sudah ada. Sebagai contoh pengalaman saya, laptop saya punya 2 slot RAM dual channel. Saya ingin menjadikan RAM 8GB, sementara yang sudah ada 4GB, akhirnya saya membeli satu keping RAM 4GB.

Pilih tipe RAM yang tepat

Tipe RAM laptop berbeda dengan PC, selain itu tiap laptop bisa jadi memiliki tipe RAM yang berbeda pula. Oleh karena itu, cari tahulah pada tabel spesifikasi tipe atau jenis RAM yang didukung oleh perangkat Anda.

Entahkah itu DDR, DDR2, DDR3, DDR4. Baik yang berjenis DIMM, SODIMM, dan sebagainya. Mengetahui tipe yang tepat akan membuat Anda terhindar dari salah membeli.

Pilih kapasitas yang tepat

Sebuah laptop atau PC memiliki batas kapasitas RAM yang bisa mereka dukung. Cari tahulah berapa kapasitas maksimal RAM laptop atau PC Anda. Setelah itu, Anda bisa memilih kapasitas yang tepat.

Selain itu, sebaiknya menggunakan ukuran RAM yang sama jika laptop atau PC mendukung dual channel. Hal ini akan membantu perangkat dapat berjalan dengan baik.

Samakan merk dengan RAM bawaan

Tidak hanya ukuran yang sama, jika Anda akan menggunakan slot RAM kedua, ada baiknya membeli RAM dengan merk yang sama dengan bawaan.

Tips ini dapat membantu kedua keping RAM mampu bekerja maksimal. Pasalnya setiap vendor atau merk RAM punya teknologi terbaik mereka masing-masing yang mungkin tidak cocok dengan merk lainnya.

Pun jika perangkat Anda hanya memiliki 1 slot RAM, sebaiknya pilih RAM baru dengan merk yang sama juga. Itu semata-mata untuk memastikan kompatibilitas RAM tersebut dengan laptop atau PC.

Penutup

Melakukan upgrade atau menambah RAM memang sangat membantu dalam mengatasi laptop yang lelet. Hanya saja, sebaiknya Anda mengecek laptop atau PC terlebih dahulu untuk memastikan apakah slot RAM ada 2 atau hanya 1.

Jika slot RAM ada 2, Anda hanya perlu membeli satu RAM lagi. Namun jika slot hanya 1, tentu Anda harus mengganti RAM yang dipakai saat ini. Jadi harus beli yang kapasitasnya 2 kali lipat dari yang sudah ada.

Namun apapun itu, Anda bisa memilih salah satu di antara merk RAM yang bagus untuk laptop atau PC di atas. Pun jika tidak, itu sepenuhnya keputusan Anda. Akhir kata, terima kasih banyak sudah membaca hingga akhir. Semoga Anda menemukan RAM yang tepat.[]

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *