Home » 5 Merk Memori HP yang Bagus dan Murah di Pasaran

5 Merk Memori HP yang Bagus dan Murah di Pasaran

merk memori hp yang bagus

Terbatasnya memori internal HP, membuat saya harus mencari kartu memori HP eksternal beberapa waktu yang lalu. Cuma saya sempat bingung tuh, apa ya merk memori HP yang bagus dan murah di pasaran. Akhirnya setelah mencari-cari saya putuskan untuk membeli produk suatu brand.

Alhamdulillah, sampai sekarang memori itu masih bekerja dengan baik di smartphone saya. Waktu itu saya beli produknya SanDisk, tapi selain itu, masih banyak kok merk kartu memori terbaik lainnya yang bisa jadi pilihan. Kita akan bahas itu nanti.

Tapi sebelum itu, pelajari dulu yuk, memori yang cocok untuk HP.

Jenis Memori yang Cocok untuk HP

Pada umumnya, memori HP eksternal yang digunakan adalah tipe kartu SD dengan ukuran mikro. Kita mengenalnya dengan Micro SD. Ukuran kartu ini adalah 11 x 15 x 1 mm (panjang x lebar x tebal) dengan berat sekitar 0,5 gram. Ukuran hampir sama dengan Micro SIM.

Micro SD ini pun juga terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ukurannya, yaitu SDSC (atau disebut SD) saja, SDHC, dan SDXC. Berikut penjelasan lebih detailnya.

  • SDSC atau Secure Digital Standard Capacity adalah kartu memori SD dengan kapasitas standar yaitu maksimum 2GB, beberapa di antaranya ada yang berukuran 4GB.
  • SDHC atau Secure Digital High Capacity adalah versi kartu memori SD dengan rentang kapasitas di atas 4GB hingga 32GB.
  • SDXC atau Secure Digital Xtended Capacity adalah versi kartu memori SD dengan kapasitas di atas 32GB hingga 2TB.

Masing-masing dari tipe jenis kartu memori HP di atas memiliki protokol komunikasi yang berbeda. Hanya saja, banyak orang menyebut mereka semua sebagai kartu SD saja–hanya berbeda kapasitas.

Namun Anda tidak perlu khawatir soal kecocokan atau kompatibilitasnya dengan perangkat, pada umumnya semua Micro SD dengan jenis di atas cocok kok untuk smartphone.

Rekomendasi Merk Kartu Memori HP yang Bagus

Setelah mengetahui jenis kartu memori HP di atas, mungkin Anda sudah mendapatkan gambaran jenis mana dan kapasitas berapa yang akan Anda beli. Selain itu, apa saja merk micro SD yang bagus. Saya pribadi saat ini menggunakan SanDisk Micro SDHC UHS-I A1, kalau tidak salah sejak 2018 lalu dan tidak ada masalah sampai sekarang. Alhamdulillah.

Oh ya, berikut beberapa merk memori HP yang bagus dari pengamatan saya. Jujur, saya baru coba pakai SanDisk, dulu pernah juga pakai V-Gen. Sementara merk yang lain saya sertakan berdasarkan riset di internet dan saya kira itu bagus. Anda boleh setuju atau tidak dengan rekomendasi ini.

SanDisk

Dokumentasi pribadi

Bagaimanapun, brand satu ini tidak bisa untuk tidak dimasukkan dalam daftar. SanDisk adalah perusahaan yang memproduksi perangkat memori terkenal asal Amerika Serikat. Produk mereka laku keras di pasaran dunia, termasuk Indonesia.

Selain produk flashdisk dan SSD, kartu memori Micro SD dari SanDisk juga layak untuk Anda miliki. Ada beragam varian Micro SD mereka, ada Ultra, Ultra A1, Ultra Xtreme dan Ultra Xtreme PRO. Masing-masingnya punya kecepatan yang berbeda, saya urut dari yang paling kecil dengan kecepatan mulai 80-100 MB/s.

Dari segi kapasitasnya, SanDisk hanya menjual SDHC dan SDXC, soalnya SD biasa jarang banget dijual saat ini, karena kapasitasnya kecil. Dan untuk harganya sendiri mulai 50 ribuan saja kok–untuk ukuran 16GB, dengan harga segitu Anda bisa mendapatkan Micro SDHC original SanDisk, jadi pastikan beli yang ori saja ya.

Cek harga di Shopee

Samsung

Brand kenamaan ini juga unjuk gigi dengan Micro SD seri EVO mereka. Samsung nyatanya tidak hanya memproduksi HP, tetapi juga beragam produk memori seperti RAM terbaik, SSD, hingga memori HP Micro SD.

Adapun memori HP Samsung yang umumnya beredar di pasaran MicroSDHC Evo Plus dengan kapasitas 32GB. Memori satu ini mampu melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 95MB/s (class 10).

Menariknya, Samsung mengantongi sertifikat tahan air untuk produk memori mereka. Selain tahan air, MicroSD Samsung juga tahan temperatur hingga 85 derajat Celsius, tahan magnet, dan tahan sinar-X.

Mereka bahkan memberikan garansi resmi 10 tahun, jika Anda membeli dari distributor resmi Samsung MicroSD (EAM). Dan jika Anda butuh kapasitas yang lebih besar bisa pilih Samsung MicroSDXC dengan kapasitas hingga 512GB. Harganya mulai 90 ribuan rupiah saja.

Cek harga di Shopee

Kingston

Adalah Kingston Canvas Select Plus, produk Micro SD unggulan dari merk asal Amerika ini. Anda bisa mendapatkannya di harga mulai dari 77 ribuan untuk kapasitas 32GB. Meski Micro SD mereka tidak lebih populer dari dua merk yang sudah saya ulas sebelumnya, tapi produknya masih worth it untuk dibeli.

Kingston memberikan garansi seumur hidup atas produk Micro SD mereka. Kecepatan baca hingga 90MB/s dan tulis 45MB/s. Jika Anda menginginkan kecepatan yang lebih tinggi, ada seri lain yaitu Kingston Canvas Go! Plus dengan speed hingga 170MB/s.

Merk memori HP Kingston layak untuk Anda pertimbangkan.

Cek harga di Shopee

Lexar

Merk satu ini mungkin tidak terlalu terkenal di Indonesia, namun ia menjadi salah satu merk micro SD terbaik yang banyak direkomendasikan di luar negeri. Adapun alasan Micro SD dari Lexar layak masuk ke dalam daftar ini adalah karena produk mereka yang cocok untuk dipakai merekam video.

Kecepatan memori Lexar pada umumnya V30 atau kecepatan minimal write 30MB/s. Angka ini adalah nilai ideal agar sebuah memori dapat mengakomodasi perekaman video resolusi tinggi dengan lancar. Nah, jika smartphone sering Anda pakai untuk merekam berbagai video, tidak ada salahnya mempertimbangkan merk ini.

Selain Micro SD V30, mereka juga ada Micro SD biasa UHS 1 A1 Class 10 dengan kapasitas 32GB. Harga untuk yang satu ini mulai dari 80 ribu saja.

Cek harga di Shopee

V-Gen

Saya sengaja memasukkan V-Gen ke dalam daftar karena bagaimanapun kita harus mendukung produk lokal. Meskipun lokal, V-Gen merupakan pemain yang sudah lama malang-melintang di dunia media penyimpanan. Produk memori V-Gen selain Micro SD pun juga banyak.

Hal yang menarik dari brand ini adalah produk mereka mudah ditemukan, baik di konter-konter HP hingga outlet resmi mereka di kota-kota besar di berbagai provinsi di Indonesia.

Sementara untuk harga Micro SD V-Gen itu sangat beragam, tergantung tokonya. Anda bisa mendapatkan sebuah memori HP merk V-Gen di harga mulai 40 ribuan untuk kapasitas 8GB. Memori tersebut sudah bertipe UHS 1 Class 10 dengan kecepatan baca hingga 100MB/s dan tulis hingga 48MB/s.

Namun pastikan Anda membeli produk original ya, agar dapat benefit garansi dari brand. Konon, V-Gen memberikan garansi lifetime untuk produk Micro SD produksi mereka.

Cek harga di Shopee

Kesimpulan

Kenyataannya, ada banyak sekali merk memori HP yang bagus selain apa yang sudah saya tulis di atas. Hanya saja, merk yang saya ulas tadi adalah merk yang sudah terpercaya dan memang memiliki produk berkualitas. Namun dibandingkan 4 merk lainnya, V-Gen sebagai merk lokal mungkin tidak lebih baik, hanya saja mereka menawarkan harga yang lebih kompetitif.

Lagipula kebutuhan akan memori HP kita masing-masing berbeda-beda kan ya. Kalau hanya sebatas menyimpan banyak foto, saya kira merek manapun–selagi produknya asli–dapat kita andalkan. Namun jika kita butuh memori untuk keperluan spesifik, kita perlu pertimbangkan lebih banyak hal seperti kapasitas, jenis hingga speed.

Satu lagi, kompatibilitas mungkin juga perlu Anda pertimbangkan. Pada umumnya smartphone dari merk HP terbaik dapat mendukung Micro SD UHS 1 dengan baik, tapi belum tentu mendukung UHS 3. Jadi cek juga kecocokkan dengan HP Anda masing-masing ya.

Akhir kata, semoga Anda bisa menemukan memori terbaik untuk HP Anda.[]

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *