5 Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Tahun demi tahun yang kita habiskan untuk sekolah dan kuliah tentu saja agar kita dapat memperoleh berbagai skill yang dibutuhkan di dunia kerja kelak. Pendidikan yang kita tempuh tidak lain adalah upaya kita mengumpulkan bekal agar bisa menjadi seseorang yang sukses di pasca kampus. Namun sayangnya, tidak banyak pelajar yang memanfaatkan waktunya di sekolah dan kampus untuk memupuk berbagai skill yang berguna.

Mungkin tepatnya soft skill atau kemampuan di luar yang berkaitan dengan kemampuan bidang atau program studi. Soft skill ini jarang didapatkan di dalam kelas. Seseorang mesti mencari dan mengasahnya dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan mendapatkan pengalaman organisasi.

Nah, di kesempatan kali ini, saya ingin mengajak kamu untuk mengetahui berbagai skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Tujuannya biar kamu bisa menyiapkannya dari sekarang sehingga tidak terkejut lagi setelah selesai kuliah nanti.

Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Ada banyak kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja, namun karena satu dan lain hal saya hanya akan membahas 5 dari sekian banyak itu. Saya akan memilih beberapa skill atau kemampuan yang menurut saya urgen atau penting sehingga harus didahulukan. Berikut kemampuan-kemampuan tersebut.

Kepiawaian Berkomunikasi

Kamu tentu tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial, bukan? Status manusia sebagai makhluk sosial mendorong mereka harus berkomunikasi secara rutin. Nah, kemampuan komunikasi adalah salah satu dari banyak kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Jika kamu piawai berkomunikasi, kamu akan dengan mudah menyampaikan ide dan gagasan. Kamu juga akan mudah menjaring koneksi dengan orang lain. Semua itu akan bermanfaat bagi kehidupanmu di dunia kerja.

Selain itu, pastikan juga kamu mendalami dan mengasah kemampuan bahasa. Baik itu bahasa Indonesia, maupun bahasa asing. Pasalnya, semakin hari persaingan meningkat dan menuju era global. Bisa saja kelak orang asing bekerja di negeri ini, jika kamu tidak memiliki kemampuan bahasa yang baik, tentu kamu akan kesulitan untuk bertahan.

Kepemimpinan dan Kerja Sama Tim

Memang ada saatnya kamu jadi orang yang dipimpin (baca: bawahan), tapi tentu saja kamu tidak ingin bertahan di posisi itu, bukan? Kalau kinerjamu bagus, kelak kamu bisa naik jabatan dan memimpin banyak bawahan. Tapi itu tidak akan terjadi jika kamu tidak memiliki kemampuan kepemimpinan yang cukup.

Selain kepemimpinan atau leadership, kamu juga perlu mengasah kemampuan bekerja sama di dalam tim. Pasalnya, dunia kerja bukan dunia di mana kamu bekerja sendiri untuk dirimu sendiri, melainkan kamu menjadi bagian dari sebuah tim yang ingin mencapai tujuan bersama.

Diplomasi dan Lobi

Kemampuan berdiplomasi dan lobi termasuk skill yang dibutuhkan di dunia kerja lho. Pasalnya, kamu tidak bisa menjadi orang biasa saja jika ingin mendapatkan jenjang karir yang bagus. Kamu mesti pandai berdiplomasi dengan orang lain, terlebih atasanmu, agar kamu bisa jadi orang kepercayaannya. Teknik lobi juga wajib banget dipelajari agar pekerjaanmu menjadi lancar. Terutama jika kamu berhubungan dengan orang di luar tempat kerja dalam proyek-proyek tertentu.

Baca juga : Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Besar di Masa Depan

Manajemen Waktu

Tidak hanya di dunia kerja, manajemen waktu mestinya menjadi skill yang terus diasah sepanjang hidup. Bagaimana tidak, kesuksesan seseorang sangat bergantung pada sepiawai apa ia mengelola waktunya. Memang banyak hal di dunia ini yang bisa membuat kita goyah dan menjauh dari tujuan kita. Pengennya malas-malasan tapi banyak duit. Tapi percayalah, nyaris tidak ada hal yang seperti itu. Semuanya harus diusahakan, dan salah satu usahanya adalah mengelola waktu dengan baik agar kita bisa mencapai tujuan dan kesuksesan.

Berpikir Kritis dan Kreatif

The last but not least, skill yang dibutuhkan di dunia kerja lainnya adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Kemampuan ini akan membantu kamu dalam menghadapi berbagai masalah yang kamu temukan di dunia kerja. Selain itu, ia juga bisa membuat kamu memilih keputusan-keputusan terbaik saat berhadap dengan berbagai pilihan.

Yang tidak kalah penting, kemampuan berpikir kritis akan mendorong kamu untuk teliti dalam menerima informasi. Pasalnya sekarang ini sangat banyak informasi hoax atau berita palsu yang bisa merugikan karirmu di dunia kerja. Terakhir, jika kamu mengasah kemampuan berpikir kreatif, kamu tidak akan kehabisan ide dalam melakukan berbagai inovasi yang bisa menunjang pekerjaan.

Nyatanya dunia kerja bukanlah tempat di mana kita bisa bersantai-santai sebab persaingan sangat ketat. Kita mesti mengasah kemampuan kita hari demi hari agar dapat bersaing dan bertahan di dunia kerja tersebut. Percayalah, tidak semua orang di dunia kerja itu baik, jadi kamu benar-benar harus waspada.

Akhirnya, semoga tulisan sederhana mengenai skill yang dibutuhkan di dunia kerja ini bisa membantu kamu memperbarui wawasan dan menyiapkan diri agar bisa menjadi seseorang yang memiliki komepetensi untuk bersaing di dunia pasca kampus. Jangan sia-siakan masa sekolah dan kuliahmu dengan hanya fokus pada apa yang diajarkan di kelas saja. Asah soft skill agar kamu bisa sukses di dunia kerja. Terima kasih sudah membaca.

Satu pemikiran pada “5 Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja”

Tinggalkan komentar

error: