7 Universitas di Batam yang Terbaik Untuk Pilihan Kuliah

Pernahkah kamu mendengar tentang kota Batam? Saya rasa tentu saja pernah, pasalnya kota ini amat terkenal karena termasuk kawasan perdagangan bebas atau free-trade zone. Namun selain itu, mungkin ada juga di antara kamu yang pengen mengecam kursi pendidikan tinggi di kota yang amat dekat dengan Singapura dan Malaysia ini. Jika memang kamu termasuk orang yang berminat untuk kuliah di Batam, kali ini Ajo Piaman ingin membahas mengenai universitas di Batam yang cocok dan terbaik untuk tempat kuliah.

Pendidikan tinggi adalah sesuatu yang kerap menjadi impian banyak siswa sekolah menengah atas, bukan? Tidak terkecuali kamu. Nah, untuk di Kota Batam sendiri, sebenarnya ada 7 universitas yang ada di sana. Semua universitas yang ada di Batam berstatus sebagai universitas swasta. Adapun perguruan tinggi negeri di Batam adalah Politeknik Negeri Batam yang bukan berstatus universitas. Serta juga yang terdekat lainnya di Tanjungpinang adalah Universitas Maritim Raja Ali (UMRAH) yang tidak terletak di Batam jadi tidak kita bahas.

Daftar Universitas di Batam

Secara umum, istilah universitas berarti perguruan tinggi yang memiliki berbagai fakultas yang berbeda rumpun di dalamnya. Ketika satu perguruan tinggi memiliki fakultas dalam satu rumpun saja, misal rumpun pertanian, maka dia bisa dibilang sebagai institut. Nah, adapun daftar kampus di bawah merupakan kampus berstatus universitas yang terletak di kota Batam. Yuk, kita bahas.

Universitas Batam

Universitas Batam atau UNIBA adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jl. Uniba No. 5 Batam Center. Kampus ini didirikan semenjak 30 Mei 2000 dengan nama awal Universitas Abulyatama. Kemudian pada 16 November 2001, nama universitas berubah menjadi Universitas Batam.

Saat ini UNIBA memiliki 4 fakultas dengan 14 program studi yang terdiri dari program D3, D4 dan S1. Selain itu, terdapat juga program pascasarjana di UNIBA baik S2 maupun S3. Universitas Batam mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan nomor SK 0386/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2017. Ini menunjukkan bahwa UNIBA telah berhasil menjadi universitas yang mampu menghadirkan kualitas pendidikan yang baik untuk masyarakat kota Batam dan sekitarnya.

Baca juga : 5 Perbedaan D3 dan D4 yang Perlu Kamu Tahu

Universitas Internasional Batam

Universitas Internasional Batam (UIB) adalah kampus swasta yang berdiri pada tahun 2000 silam. UIB digagas dan dikelola oleh Yayasan Marga Tionghoa Indonesia (YMTI) sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan bagi masyarakat di Pulau Batam dan sekitarnya.

UIB yang berlokasi di Jl. Gajah Mada, Baloi – Sei Ladi, Batam ini memiliki 10 program sarjana yang terdiri dari Ilmu Hukum, Akuntansi, Manajemen, Pariwisata, Teknik Elektro, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Sipil, Arsitektur dan Pendidikan Bahasa Inggris. Selain itu, juga terdapat dua program pascasarjana yaitu Magister Hukum dan Magister Manajemen. UIB mengantongi akreditasi B dari BAN-PT

Universitas Riau Kepulauan

Universitas Riau Kepulauan atau UNRIKA tercatat sebagai universitas swasta pertama yang berdiri di Kepulauan Riau. Kampus yang merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Batam sebenarnya sudah mulai beroperasi sejak tahun 1993 dalam bentuk STIE dan STT di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Batam (YPTB). Barulah pada tahun 2005, kedua sekolah tinggi tadi digabung dan dijadikan universitas.

Saat ini, UNRIKA yang berlokasi di Jl. Batu Aji Baru No. 99 Kota Batang dan Palm Spring Blok A1 No. 7-7A-8, Batam Centre ini telah memiliki 5 fakultas dengan 14 program studi S1 dan 1 program studi S2. UNRIKA saat ini sudah mengantongi akreditasi B dari BAN-PT.

Universitas Putera Batam

Universitas Putera Batam (UPB) adalah perguruan tinggi swasta yang terletak di 3 lokasi berbeda, yaitu di Jalan R. Soeprapto, Muka Kuning, Jalan Raden Patah, Nagoya dan Jalan gajah Mada, Kompleks Cipta Puri, Tiban, Batam. Hal yang menarik dari kampus ini adalah sejarahnya yang berawal dari sebuah Lembaga Pendidikan Komputer dan Bahasa Inggris yang berdiri pada tahun 1992. Nama Universitas Putera Batam sendiri didapatkan pada tahun 2008.

Ada pun program studi yang tersedia di UPB adalah Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Sastra Inggris, Ilmu Administrasi Negara, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Teknik Industri. Semua prodi tersebut berada di jenjang S1. Saat ini UPB mendapatkan akreditasi C dari BAN PT.

Universitas Terbuka (UT) Batam

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia. UT adalah PTN yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh sehingga banyak kantor regional, termasuk di Batam. UPBJJ-UT Batam sendiri berlokasi di Jl. Dr. Sutomo No. 3, Sungai Harapan, Kec. Sekupang, Kota Batam.

UT memiliki beberapa program diploma dan sarjana yang tersebar di 4 fakultas. Kampus terbuka ini cocok menjadi salah satu kampus pilihan tujuan kuliahmu. Lulusan UT juga berhasil bekerja di berbagai tempat bergengsi lho, salah satunya banyak lulusan UT yang lolos jadi CPNS atau ASN.

Universitas Universal

Universitas Universal atau UVERS adalah salah satu kampus swasta yang ada di Kota Batam. Perguruan tinggi ini terbilang baru dan didirikan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 601/E/O/2014, artinya baru berdiri tahun 2014 lalu.

UVERS didirikan dan dikelola oleh Yayasan Pancaran Maitri bersama dengan Sekolah Maitreyawira. Kampus UVERS beralamat di Kompleks Maha Vihara Duta Maiteya, Bukit Berunrung, Sei Panas, Batam. Adapun program studi yang tersedia di UVERS adalah Seni Tari, Seni Musik, Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Bahasa Mandarin, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Perangkat Lunak, Teknik Industri, dan Teknik Lingkungan.

Universitas Ibnu Sina

Universitas Ibnu Sina atau UIS merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Kota Batam, tepatnya di Jl. Teuku Umar – Pelita – Lubuk Bajam, Batam. UIS hadir atas gabungan dari beberapa perguruan tinggi yang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), Sekolah Tinggi Teknik (STT) dan Sekolah TInggi Ilmu Kesehatan (STIKes) yang berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Ibnu Sina (Yapista).

Izin penggabungan ketiga sekolah tinggi tersebut keluar pada 26 Agustus 2019. Adapun sekarang UIS memiliki 3 fakultas yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Saat ini UIS telah terakreditas B oleh BAN-PT.

Baca juga : 10 Universitas di Padang Terbaik Sebagai Tempat Kuliahmu

Nah, itulah beberapa universitas di Batam yang bisa kamu jadikan sebagai tujuan kuliah. Dari apa yang sudah saya ulas tadi, kira-kira kampus mana yang ingin kamu masuki? Sebenarnya tidak harus di Batam, kamu bisa kok berkuliah di perguruan tinggi lainnya di Kepulauan Riau, atau menyebrang untuk kuliah di universitas di Pekanbaru atau wilayah Riau lainnya.

Bukankah menuntut ilmu tidak harus di tempat kita tinggal? Saya jadi ingat pepatah tuntutlah ilmu walau ke negeri Cina. Apapun itu, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Jika ada koreksi serta pertanyaan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya. Terima kasih sudah membaca.[]

MAU JADI PELAJAR ANDALAN DAN BERPRESTASI? Ebook ini bisa membantu kamu, hanya 22 ribu rupiah di PlayStore, serap dan terapkan ilmunya untuk selamanya
Beli Yuk

2 pemikiran pada “7 Universitas di Batam yang Terbaik Untuk Pilihan Kuliah”

Tinggalkan komentar

error: