10 Universitas di Medan yang Terbaik Untuk Tempat Kuliah

Tahukah kamu bahwa Kota Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia dan menjadi yang terbesar di luar pulau Jawa? Penduduk kota Medan memang banyak banget, aktivitasnya selalu ramai, tidak terkecuali aktivitas pendidikan. Tepatnya pendidikan tinggi. Sebagai kota besar, ada banyak universitas di Medan. Baik itu universitas negeri, maupun universitas swasta.

Namun dari banyaknya universitas di Medan itu, mungkin belum semuanya kamu kenal, bukan? Oleh karena itu, kali ini saya akan mencoba mengulas daftar kampus di Medan yang bisa jadi tujuan kuliah kamu kuliah. Oh ya, agar lebih mudah, saya lampirkan daftar isi yang bisa jadi navigasi kamu untuk membaca profil kampus yang ingin kamu baca terlebih dahulu. Tapi akan lebih baik kalau kamu membaca semuanya sih.

Cara Saya Membuat Daftar Universitas di Medan

Teman-teman pembaca, sebelum kita lanjut ke pembahasan kita, saya ingin menyampaikan terlebih dahulu bahwa untuk saat ini, jumlah universitas yang saya ulas dibatasi pada universitas dengan peringkat tertinggi terlebih dahulu. Dalam menentukan peringkat, saya akan mempertimbangkan data dari hasil klasterisasi perguruan tinggi oleh DIKTI pada tahun terbaru. Selain itu, saya juga melihat akreditasi universitas berdasarkan hasil dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Sebab menurut saya, dua aspek tersebut cukup objektif jika dijadikan acuan.

Kemudian, sebagai aspek tambahan jika data klasterisasi sulit didapat, saya gunakan data ranking universitas versi Webometrics. Adapun jika menurut kamu ada universitas yang harusnya dimasukkan ke dalam daftar tapi belum tercantum di sini, jangan sungkan untuk memberikan masukkan melalui kolom komentar ya.

Nah, kalau begitu, berikut beberapa universitas di Medan yang dapat dikatakan sebagai kampus terbaik tujuan kuliah kamu.

Universitas Negeri di Medan

Dari banyaknya universitas di Medan, hanya ada beberapa universitas negeri. Yang akan saya bahas adalah universitas ya, memang ada perguruan tinggi negeri lain seperti Politeknik Negeri Medan, tapi karena bahasan kita adalah universitas, maka saya akan ulas universitas negeri yang ada di Medan kali ini. Berikut daftar universitas negeri di Medan tersebut.

Universitas Sumatera Utara (USU)

Universitas Sumatera Utara atau biasa disingkat USU adalah kampus negeri yang didirikan pada 4 Juni 1952 oleh Yayasan Universitet Sumatera Utara. Pada saat itu, fakultas pertamanya adalah Fakultas Kedokteran yang berdiri pada Agustus 1952. Status USU awalnya adalah kampus swasta, namun pada 20 November 1957, Presiden Soekarno meresmikan USU sebagai universitas negeri ketujuh di Indonesia.

Kampus USU terletak di Jl. Dr. T. Mansur No.9, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara dengan luas lahan sebesar 120 ha. Saat ini USU memiliki 15 Fakultas dan Pascasarjana.

Terkait kualitas pendidikan USU, kamu tidak perlu khawatir, pasalnya perguruan tinggi ini masuk ke dalam klaster 1 dan urutan ke-14 dalam klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 dari Dikti-Kemendikbud. Perguruan tinggi klaster 1 adalah perguruan tinggi yang sudah terbukti berprestasi tinggi secara nasional dengan kualitas SDM yang sudah tidak diragukan. Adapun akreditasi Universitas Sumatera Utara dari BAN-PT adalah A, hal itu menyempurnakan argumen bahwa USU memang perguruan tinggi terbaik di Kota Medan dan salah satu yang terbaik di Sumatera dan Indonesia.

Untuk ranking USU di Webometrics sendiri saat ini berada pada posisi ke 8 di Indonesia.

Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Universitas Negeri Medan atau biasa disingkat dengan Unimed adalah kampus negeri yang terletak di Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan, Sumatera Utara. Dulunya Unimed bernama Institur Keguruan dan Ilmu Pendidikan Medan (IKIP Medan). Kampus yang memiliki moto “The Character Building University” ini berdiri semenjak 23 Juni 1963.

Semenjak Desember 2016 lalu, Unimed berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Perguruan tinggi negeri di Medan ini juga masuk ke dalam klaster 2 pada peringkat ke 39 dalam klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 dari Dikti-Kemendikbud. Adapun perguruan tinggi klaster 2 adalah perguruan tinggi yang sudah memiliki kualitas SDM dan manajemen yang kuat namun belum bisa mendapatkan prestasi nasional yang tinggi. Untuk ranking Unimed di Webometrics sendiri saat ini berada pada posisi ke 54 di Indonesia.

Unimed sangat cocok bagi kamu yang ingin kuliah jurusan pendidikan di kampus negeri yang berkualitas dan ada di sekitar kota Medan atau Sumatera Utara.

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU)

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara atau UIN-SU adalah perguruan tinggi Islam negeri yang lokasi kampusnya terbagi menjadi 3, yaitu di Jl. IAIN No. 1, Jl. Williem Iskandar Pasar V, dan Jl. Pembangunan Komplex Pondok Surya Helvetia Timur, Medan. Kampus ini dulunya bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara dan berubah menjadi UIN pada 16 Oktober 2014 berdasarkan Perpres No. 131/2014 oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Saat ini UIN SU sudah memiliki 8 fakultas dengan 58 program studi. Tidak hanya fakultas yang berkaitan dengan agama Islam saja lho, ada juga fakultas umum seperti fakultas ilmu sosial, fakultas kesehatan masyarakat, dan fakultas sains dan teknologi. Untuk akreditasi sendiri, saat ini UIN SU sudah berakreditasi B dari BAN-PT. Sedangkan peringkat menurut Webometrics, UIN SU berada pada ranking ke 177 di Indonesia.

Baca juga : 10 Universitas di Padang Terbaik Sebagai Tempat Kuliahmu

Universitas Swasta di Medan

Sebagian orang mungkin masih bingung dengan apa perbedaan universitas negeri dan swasta, atau bahkan mengira universitas swasta tidak bagus sebagai tempat kuliah. Kalau ada yang menganggap demikian, saya katakan bahwa apa yang mereka pikirkan itu salah. Universitas swasta punya kelebihannya sendiri. Bahkan ada banyak keuntungan kuliah di swasta bagi mahasiswa lho.

Nah, berikut beberapa universitas swasta di medan yang terbaik menurut ukuran klasterisasi dan akreditasi tadi. Selain itu, saya juga mempertimbangkan ranking dari Webometrics ya. Ini urutan universitas swasta yang terbaik di Medan.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau biasa disebut dengan UMSU sudah berdiri semenjak 27 Februari 1957. Perguruan tinggi ini dikelola oleh Muhammadiyah sebagai salah satu ormas yang sudah banyak sekali membuat lembaga pendidikan di berbagai wilayah di Indonesia. Kampus utama UMSU terletak di Jl. Kapt. Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Kampus Islam ini telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT sebagai bukti kualitas pendidikan yang mampu dihadirkan oleh mereka. Jumlah fakultasnya juga banyak, yaitu mencapai 9 fakultas yang terdiri dari 1 fakultas agama Islam dan sisanya adalah fakultas untuk ilmu umum. Di samping itu, berdasarkan pemeringkatan dari Kemendikbud, saat ini UMSU berada dalam klaster 3 dan menjadi perguruan tinggi peringkat ke 121 di Indonesia versi Kemendikbud dan ke 97 di Indonesia versi Webometrics.

UMSU sangat cocok bagi kamu yang ingin kuliah di kampus Islam namun dengan program studi yang umum. Kampus ini bahkan juga membuka program studi Pendidikan Dokter lho.

Universitas Medan Area (UMA)

Mengikuti UMSU, salah satu universitas swasta di Medan yang saya rekomendasikan dan masuk ke daftar ini adalah Universitas Medan Area atau UMA. UMA berdiri pada tahun 1983, dan berlokasi di Jl. Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan.

UMA saat ini memiliki 7 fakultas dengan program studi yang rata-rata sudah terakreditasi A dan B oleh BAN PT. Untuk klasterisasi sendiri, UMA berada di klaster 4 dari hasil klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 oleh Kemendikbud. Di samping itu, akreditasi institusi UMA adalah B dan peringatnya versi Webometrics saat artikel ini ditulis adalah urutan ke 130 di Indonesia.

Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah (UMN Al Washliyah)

Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah atau UMN Al Washliyah bisa juga kamu pertimbangkan sebagai tempat kuliah kamu lho. Pasalnya kampus yang terletak di Jl. Garu II A, Harjosari I, Kec. Medan Amplas, Kota Medan ini sudah terakreditasi B dari BAN-PT.

UMN Al Wahsliyah saat ini memiliki 6 fakultas dengan 14 program studi tingkat sarjana. Selain itu juga ada program pascasarjana dan program profesi guru. UMN Al Washliyah saat ini berada di klaster 4 dari hasil klasterisasi perguruan tinggi oleh Kemendikbud. Sedangkan dari pemeringkatan Webometrics, kampus ini berada pada urutan ke 252 di Indonesia.

Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)

Selanjutnya ada Universitas Islam Sumatera Utara atau UISU. UISU termasuk universitas di Medan yang sudah lama berdiri, kampus ini sudah berdiri semenjak 7 Januari 1951. Kampus UISU beralamat di Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan.

Saat ini UISU memiliki 9 fakultas dengan 26 program studi tingkat sarjana. UISU juga sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN PT. Sedangkan dari Kemendikbud, UISU masuk ke dalam klaster 4 dan peringkat ke 297 di Indonesia. Untuk peringkat Webometrics nya sendiri, kampus ini berada pada ranking ke 362 di Indonesia.

Universitas HKBP Nommensen (UHN)

Universitas HKBP Nommensen atau UHN adalah salah satu universitas swasta di Medan. Nama kampus ini diambil dari seorang penyebar agama Kristen Protestan di antara suku Batak di Sumatera Utara pada akhir abad ke-19 yang bernama Ingwer Ludwig Nommensen. Alamat kampus UHN adalah di Jl. Sutomo No. 4A, Medan. Saat ini UHN sudah memiliki 10 fakultas.

UHN berada dalam klaster 4 menurut hasil klasterisasi perguruan tinggi dari Kemendikbud di mana kampus ini berada pada peringkat ke 328 di Indonesia. Di samping itu, akreditasi kampus UHN dari BAN PT sudah mendapatkan akreditasi B. Peringkat UHN di Webometrics adalah ke 291 di Indonesia.

Universitas Prima Indonesia (UNPRI)

Universitas Prima Indonesia atau UNPRI adalah universitas swasta yang terletak di Jl. Sekip Simp. Sikambing serta beberapa lokasi lainnya untuk kampus 1 hingga 4. Pada saat ini Universitas Prima Indonesia memiliki 10 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana.

Akreditasi Universitas Prima Indonesia dari BAN-PT sudah B, meskipun UNPRI masih berada di klaster 4 versi Kemendikbud. Hasil klasterisasi perguruan tinggi menempatkan UNPRI sebagai perguruan tinggi peringkat ke 346 di Indonesia. Sedangkan peringkat berdasarkan Webometrics nya adalah ke 531 di Indonesia.

Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB)

Universitas Pembangunan Panca Budi atau UNPAB adalah salah satu universitas di Medan lainnya yang terletak di Jl. Jendral Gatot Subroto KM 4,5 Sei Sikambing, Medan. UNPAB telah berdiri semenjak 19 Desember 1961. Awalnya UNPAB memiliki 7 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana, namun saat ini UNPAB telah menggabungkan 7 fakultas tersebut menjadi 3 fakultas.

UNPAB berada pada klaster 4 dalam klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 oleh Kemendikbud dan menempati urutan ke 462 di Indonesia. Kampus ini sudah terakreditasi B oleh BAN-PT, sedangkan ranking Webometrics nya adalah ke 194 di Indonesia.

Baca juga : 7 Universitas di Pekanbaru Negeri Maupun Swasta

Nah, itulah beberapa universitas di Medan yang bisa saya ulas kali ini. Adapun beberapa universitas yang tidak masuk di artikel ini, bukan berarti universitas tersebut tidak bagus. Saya mencoba menuliskan beberapa yang saya bisa jangkau data peringkatnya di 3 versi yang sudah saya jelaskan tadi. Namun pada dasarnya, yang menentukan kesuksesan di perguruan tinggi bukan hanya kualitas kampusnya, tapi juga kualitas mahasiswanya.

Semoga artikel sederhana ini bisa membantu kamu mendapatkan wawasan mengenai universitas yang ada di Kota Medan. Jika ada yang kurang tepat dari apa yang saya tuliskan, atau jika kamu memiliki saran tertentu. Jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya. Terima kasih sudah membaca.[]

Tinggalkan komentar

error: