Home » 7 Cara Memilih Mouse yang Bagus dan Berkualitas

7 Cara Memilih Mouse yang Bagus dan Berkualitas

cara memilih mouse yang bagus

Saat memutuskan ingin membeli sebuah aksesoris komputer, Anda tentu ingin membeli yang awet alias tahan lama. Gampangnya kita ingin produk yang bagus dan berkualitas. Salah satu dari aksesoris itu adalah mouse, karenanya kita perlu banget mengetajui cara memilih mouse yang bagus, berkualitas, dan tahan lama. Baik untuk kerja maupun gaming.

Sebenarnya, jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa saja membeli produk dari salah satu merk mouse terbaik yang ada di pasaran. Namun, kadangkala mouse ini cocok-cocokkan. Jadi tidak bisa sembarang pilih begitu.

Kabar baiknya, di bawah saya sudah menuliskan beberapa tips yang agaknya berguna bagi Anda.

Cara Memilih Mouse yang Bagus

Omong-omong, mouse atau tetikus komputer yang bagus itu yang seperti apa sih? Jika ada yang menanyai Anda seperti itu, apa jawaban Anda? Jawaban setiap orang mungkin saja berbeda jika kita tanyakan secara spesifik, tapi secara umum Anda dapat menggunakan kiat di bawah untuk menemukan mouse terbaik itu.

Pikirkan jenis mouse yang sesuai kebutuhan

Kita sama-sama tahu bahwa saat ini ada dua jenis mouse, yaitu mouse kabel dan mouse nirkabel (wireless). Masing-masingnya punya keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Mouse kabel tidak memerlukan baterai sehingga performanya hampir tidak akan terganggu karena tidak stabilnya daya yang masuk. Namun kekurangan mouse kabel adalah ia tidak praktis karena keadaan kabel ini bisa cukup mengganggu.

Beda halnya dengan mouse wireless yang lebih fleksibel, hanya saja ia membutuhkan baterai untuk bisa bekerja. Ketika baterai mouse tersebut sudah lemah, performanya akan menurun. Anda juga harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli baterai secara berkala.

Dari kedua jenis di atas, manakah yang Anda butuhkan?

Cek durabilitas atau ketahanan mouse

Durabilitas sangat erat kaitannya dengan material pembuat mouse tersebut. Hampir semua mouse saat ini menggunakan plastik sebagai bodinya. Oleh karena itu, kita perlu nih mencermati ketebalan plastik tersebut.

Selain itu, perhatikan juga build quality dari mouse yang akan Anda beli. Pilihlah produk yang solid atau kompak. Hindari untuk membeli mouse yang ringkih atau perakitannya tidak rapi. Dan kalau memungkinkan, pilih yang juga tahan air.

Jangan lupakan aspek ergonomis

Saat menggunakannya, Anda harus memegang mouse, menggeser kian kemari, serta mengklik tombol dan memutar scroll. Kegiatan mengolah mouse bahkan menjadi dominan jika Anda adalah seorang desainer atau gamer.

Dengan kondisi yang seperti itu tadi, tentu saja aspek ergonomis harus menjadi salah satu pertimbangan utama. Cermatilah apakah mouse yang akan Anda beli mampu memberikan kenyamanan saat Anda menggunakannya.

Sesuaikan pilihan dengan ukuran telapak tangan kita. Tentu tidak akan menyenangkan jika menggunakan mouse yang besar sementara telapak tangan kita kecil, bukan? Begitu juga sebaliknya.

Cek lifespan atau garansi

Di kemasan atau kotak mouse, meski tidak selalu, Anda bisa menemukan keterangan perkiraan jumlah klik yang dapat Anda lakukan hingga mouse itu rusak. Umumnya ini di angka jutaan, entah itu 10 juta atau lainnya. Hal ini bisa dikatakan lifespan atau usia pakai.

Meskipun tidak ada jaminan mouse tidak akan rusak sebelum mencapai jumlah klik yang tertera, memilih produk dengan “kuota” klik yang besar tetap layak untuk kita lakukan. Lagipula kita tidak mungkin untuk menghitungnya, bukan?

Oleh karena itu, di samping klaim jumlah klik tadi, baiknya pertimbangkan juga garansi yang bisa diberikan sebuah produk mouse tersebut.

Pertimbangkan budget juga

Cara memilih mouse yang bagus selanjutnya adalah menetapkan dan mempertimbangkan budget. Ini tips yang paling klise memang, tapi bagaimana pun penetapan budget akan membantu Anda dalam mempersempit pilihan.

Ada banyak pilihan mouse di rentang harga tertentu. Hanya saja, saran terbaik saya, pilihlah mouse yang harganya di atas 100 ribu rupiah. Ini semata-mata agar Anda bisa mendapatkan mouse yang nyaman digunakan dan cukup tahan.

Model dan warna yang Anda suka

Saya pribadi adalah tipe orang yang mementingkan visual. Oleh karena itu, saya cukup lama dalam memilih barang untuk mendapatkan model terbaik. Apakah Anda juga sama?

Sebagian pengguna komputer atau laptop malah suka dengan hal yang “tematik”. Misalnya dia pengen punya perangkat berwarna merah, akhirnya dari laptop hingga mouse kalau bisa warna merah. Anda juga boleh kok mempertimbangkan model dan warna dalam memilih mouse.

Tujuannya agar mouse itu tidak hanya nyaman dipakai, tapi juga nyaman dipandangi.

Utamakan merk yang sudah terpercaya

Cara terakhir untuk memilih mouse yang bagus dan berkualitas—cara yang sudah saya sebutkan di awal artikel ini. Yaitu pilihlah hanya merk mouse ternama dan terpercaya. Ini adalah “shortcut” untuk mendapatkan mouse terbaik untuk kebutuhan Anda.

Soal merk ini, masing-masing mereka ada yang punya spesialisasi. Jika Logitech adalah merk yang cocok untuk kerja dan gaming, ada merk khusus gaming seperti Razer dan Rexus.

Namun jika saya boleh merekomendasikan merk untuk Anda. Dua merk di bawah ini sangat saya rekomendasikan karena saya sudah mencoba produk mereka. Oh ya, saya tautkan juga ke Shopee agar Anda bisa mengecek harga produk tersebut. Berikut merk mouse rekomendasi ajopiaman.

Logitech

Saya menggunakan mouse wireless logitech saat ini. Build quality produk mereka bagus, harganya juga masuk akal. Untuk desain, Logitech menawarkan mouse yang stylish. Saat menggunakannya, gerak kursor juga halus. Hanya mungkin cukup berisik saat di klik jika Anda membeli mouse Logitech seri bawah.

Cek harga di Shopee

Fantech

Brand satu ini merupakan brand lokal yang produksinya di Tiongkok. Mengusung tema gaming, Fantech menawarkan mouse serta keyboard yang murah namun tetap berkualitas. Meski membawa embel-embel gaming, mouse mereka ada juga yang seri office atau kantornya kok. Untuk kualitas, saya bisa bilang bagus menimbang harga yang sangat terjangkau.

Cek harga di Shopee

Baca juga : 7 Merk SSD yang Bagus untuk Laptop dan PC

Nah, setelah semua cara memilih mouse yang bagus di atas, kira-kira sulit atau tidak memilih mouse berkualitas itu? Gampang-gampang susah memang, tapi ketika Anda menjalankan berbagai tips tadi, kemungkinan untuk mendapatkan produk terbaik akan lebih besar.

Sebagai second opinion, Anda juga bisa menanyakan pada teman, kolega, atau keluarga Anda yang pernah menggunakan produk mouse tertentu. Bahkan jika memungkinkan, cobalah sendiri mouse yang mereka gunakan untuk menemukan kemistri antara Anda dengan produk yang akan Anda beli.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa membantu Anda. Selamat menemukan mouse terbaik untuk komputer atau laptop Anda.[]

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *