Home » 7 Merk SSD yang Bagus untuk Laptop dan PC

7 Merk SSD yang Bagus untuk Laptop dan PC

merk ssd yang bagus untuk laptop

Beberapa waktu yang lalu, saya membantu tante membawa laptopnya untuk upgrade RAM. Laptop beliau konon sudah lemot dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan upgrade RAM. Akhirnya, dipasangi lah sebuah produk dari merk RAM terbaik, yaitu Team Elite.

Tapi yang ingin saya ceritakan sekarang bukan soal RAM itu, melainkan soal SSD. Ide menulis artikel tentang merk SSD yang bagus ini muncul karena saat itu ada ibu-ibu yang mengeluhkan hal yang sama. Laptopnya lelet dan minta tolong HDD diganti ke SSD. Faktanya memang SSD mampu bekerja dengan lebih cepat sehingga mengurangi waktu booting dan baca/tulis data.

Agaknya Anda sudah paham tentang kelebihan SSD dibandingkan HDD, jadi setelah ini kita langsung bahas daftar merk SSD yang saya rekomendasikan saja ya. Yuk lanjut baca.

Merk SSD yang Bagus untuk Laptop dan PC

Ketika mencari sebuah SSD baru untuk laptop atau PC, Anda tentu ingin mendapatkan produk terbaik, bukan? Daftar di bawah ini bisa dibilang sebagai merk SSD terbaik, meskipun pada kenyataannya “terbaik” ini relatif. Oleh karena itu, saya lebih senang menyebutnya sebagai merk SSD yang bagus ketimbang klaim terbaik.

Lebih lanjut, saya memutuskan daftar di bawah ini berdasarkan riset di internet. Saya belum mencoba produknya SSD-nya sama sekali. Anda pun boleh setuju atau tidak dengan opini saya ini, berbagai merk SSD di bawah ini layak untuk Anda pertimbangkan.

Western Digital

Pemilik merk ini adalah sebuah perusahaan publik besar asal Amerika Serikat dengan nama yang sama. Western Digital (WD) bergerak di industri teknologi informasi dan sudah malang-melintang di sana semenjak 1970.

Perusahaan ini pernah masuk dalam daftar Fortune 500–sebuah daftar perusahaan dengan pendapatan terbesar di dunia. Sebagai perusahaan besar, tentu saja WD memiliki produk SSD terbaik.

Anda bisa mendapatkan produk SSD dari WD secara resmi di Indonesia, karena mereka punya akun resmi di platform marketplace seperti Shopee. Beberapa seri SSD yang mereka jual WD Green SSD, Blue SSD, hingga Black SSD. Selain itu, masih ada SSD seri Red dan Gold, cuma sepertinya tidak dijual secara resmi di Indonesia.

Oh ya, untuk model SSD-nya sendiri, ada yang form factor SATA 2.5″, ada pula yang M.2. Mereka juga menjual SSD dengan interface PCIe – NVMe, yang memberikan kecepatan read/write tinggi, namun tentu dengan harga yang lebih tinggi juga.

Jika boleh memberi saran, Anda bisa memilih M.2 jika motherboard laptop atau PC Anda mendukung. Hal ini agar HDD dan SSD bisa berfungsi keduanya dalam perangkat. Namun jika hanya ada port SATA tanpa M.2, itu berarti Anda memang harus mencabut HDD.

Terlepas dari itu, SSD merk Western Digital atau WD layak untuk Anda pilih karena kualitasnya yang sudah terpercaya. WD menjual SSD mulai dari 400 ribuan saja. Produk mereka bergaransi, mulai dari 3 tahun.

Cek harga di Shopee

Seagate

Seagate adalah kompetitor WD yang datang dari negeri yang sama, yaitu Amerika Serikat. Berdiri semenjak tahun 1979, merk satu ini juga memproduksi produk HDD dan SSD berkualitas.

Jika WD membedakan peruntukan drive dengan nama warna, Seagate lebih kreatif dengan memberikan nama-nama unik. Ada seri BarraCuda yang cocok untuk komputasi pribadi. Di samping itu ada FireCuda (gaming), IronWolf (NAS atau sejenis cloud storage), SkyHawk (CCTV), serta Nitro dan Exos (perusahaan).

Seagate memberikan garansi internasional untuk produk mereka selama 3 tahun. Untuk harganya, mulai dari 500 ribuan tergantung pada jenis interface serta kapasitasnya.

Cek harga di Shopee

Baca juga : Review Harddisk Eksternal Seagate Setelah 3 Tahun Pakai

Samsung

Tidak mungkin rasanya untuk meninggalkan Samsung dari daftar. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini adalah saingan berat dua merk yang sudah saya ulas di atas. Meskipun sebagian kita lebih mengenal Samsung sebagai merk hp terbaik, tapi mereka juga memproduksi memori seperti SSD lho.

Mendapatkan SSD berkualitas dari Samsung, baik internal maupun eksternal, di Indonesia bukanlah hal yang sulit. Banyak kok toko offline dan online yang menjualnya. Hanya saja SSD merk Samsung kurang populer di antara pengguna Indonesia.

Bukan karena produknya tidak bagus, melainkan harganya yang mahal, rata-rata di atas 1 juta. Jika Anda menemukan SSD Samsung yang murah, Anda patut curiga dengan keaslian barang tersebut.

Cek harga di Shopee

Corsair

Selain beberapa yang sudah saya sebutkan di atas, Corsair juga termasuk salah satu merk SSD yang berkualitas lho. Brand ini memang lebih dikenal oleh para gamer ketimbang pengguna laptop atau PC mainstream. Namun, tidak ada salahnya menggunakan produk mereka untuk perangkat komputasi harian.

Sama halnya dengan WD dan Seagate, Corsair juga berasal dari Amerika Serikat. Hanya saja perusahaan ini lebih muda karena baru berdiri sejak 1994.

Corsair Force Series MP510 seperti gambar di atas bisa Anda dapatkan dengan harga 900 ribuan. Kecapatan read mencapai 3100MB/s dan write hingga 1050MB/s. SSD ini juga dibekali dengan enkripsi AES 256-bit untuk melindungi kerahasiaan berkas yang disimpan di dalamnya. Adapun garansi dari produk adalah 3 tahun.

Cek harga di Shopee

Kingston

Kingston bukanlah nama baru dan asing di dunia perangkat penyimpanan. Merk ini sudah sangat terkenal dengan beragam produk seperti SD card, flashdisk, HDD, RAM, HDD, hingga SSD. Oleh karena itu, saya memasukkannya ke daftar merk SSD yang bagus ini.

Sebuah SSD original dari Kingston bisa Anda dapatkan mulai dari 600 ribuan rupiah. Tepatnya Kingston SSD A400 2.5″ ukuran 240GB.

SSD tersebut mampu mentransfer data dengan kecepatan 500MB/s read dan 320MB/s write. Jika ingin kecepatan yang lebih baik, Anda bisa mempertimbangkan SSD PCIe NVMe dari Kingston. Harganya memang lebih mahal, tapi performanya juga lebih baik. Namun pastikan motherboard perangkat Anda mendukung interface tersebut ya.

Cek harga di Shopee

SanDisk

merk ssd terbaik sandisk

“SSD” by nigeljohnwade is licensed under CC BY-SA 2.0

SanDisk adalah merk yang berada di bawah perusahaan Western Digital. Brand satu ini sudah sangat terkenal sebagai produsen berbagai produk memori berkualitas. Flashdisk SanDisk sangat laku keras di pasaran, micro SD mereka juga bagus–saya adalah pengguna flashdisk dan micro SD dari SanDisk.

SSD dari SanDisk dibanderol mulai dari 600 ribuan. Ada dua varian yang umumnya tersedia, yaitu SSD Plus dan SSD Ultra. Versi Ultra memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari pada versi plus.

Hanya saja, saya pribadi lebih menyarankan berbagai merk SSD sebelum ini jika Anda butuh SSD untuk internal. Beda hal jika Anda butuh SSD eksternal, SanDisk mungkin bisa jadi pilihan.

Cek harga di Shopee

Intel

The last but not least, SSD Intel juga bisa Anda pilih, terutama jika Anda punya budget yang besar. Sebagai brand besar, tentu saja kualitas produk Intel tidak perlu diragukan.

Ini akan menjadi lebih baik jika Anda menggunakan SSD Intel di laptop atau PC yang prosesornya juga Intel. Cuma masalahnya harganya yang selangit dan keberadaan produk yang masih jarang di pasaran Indonesia menjadi kekurangan dari SSD Intel ini.

Nah, dari semua merk SSD yang bagus di atas, mana yang menarik hati Anda?

Baca juga : 7 Merk Laptop yang Bagus, Murah, dan Harganya

Kesimpulan

Ada sebuah fakta yang menarik tentang SSD ini. Selain kecepatan transfer data yang lebih tinggi, SSD juga memiliki bobot yang lebih ringan dari pada HDD. Ini karena SSD tidak memiliki piringan, melainkan hanya integrated circuit (IC) atau sirkuit terintegrasi di dalamnya. Oleh karena itulah, meningkatkan perangkat penyimpanan laptop atau PC ke SSD merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot terbaik.

Adapun beberapa merk SSD yang saya katakan bagus di atas memang sudah terkenal dan memiliki penggemar masing-masing lho. Anda bisa memilih mana saja di antara mereka yang Anda sukai. Untuk harga produk sangat beragam, tergantung kapasitas.

Hanya saja, sebagai gambaran untuk Anda, sebuah SSD dengan kapasitas 256 GB dari merk SSD terbaik dibanderol dengan harga 400-600 ribuan–harga dapat berubah-ubah sesuai perkembangan pasar. Harga tersebut untuk sebuah produk yang bergaransi dan original. Saya sangat sarankan Anda untuk membeli produk ori dan resmi meski harganya sedikit mahal.

Kesudahannya, semoga Anda bisa menemukan SSD terbaik untuk laptop ataupun PC Anda.[]

Bagikan yuk:

1 tanggapan pada “7 Merk SSD yang Bagus untuk Laptop dan PC”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *