Home » Review Harddisk Eksternal Seagate Setelah 3 Tahun Pakai

Review Harddisk Eksternal Seagate Setelah 3 Tahun Pakai

review harddisk eksternal seagate

Pada Januari 2018 lalu saya memutuskan untuk membeli sebuah hard disk eskternal (HDD). Keinginan itu sebenarnya sudah saya pendam sejak lama, dan akhirnya saya wujudkan ketika memang sudah sangat butuh. Alhasil saya beli sebuah HDD merk Seagate. Serinya yang saya tulis di judul artikel ini, tepatnya Seagate Expansion Portable Drive.

Jika dihitung dari waktu pembeliannya, saya telah memakai HDD eksternal tersebut selama hampir 4 tahun. Oleh karenanya, saya terdorong untuk menulis review harddisk eksternal Seagate ini di blog. Mana tahu ada yang sedang mempertimbangkan merk satu ini juga.

Tanpa memperpanjang pembukaan lagi, mari simak lebih lanjut.

Review Harddisk Eksternal Seagate

Saat mengetahui merk ini dan mempertimbangkan untuk membelinya, Anda mungkin bertanya-tanya apakah harddisk merk Seagate bagus? Singkatnya iya, harddisk Seagate bagus. Tapi penjelasan di bawah barangkali dapat lebih memantapkan hati Anda untuk memilihnya.

Model Harddisk

Kita mulai dari model harddisk, rangka atau penutup harddisk cukup simpel dengan rusuk-rusuk yang tegas dan sudut rounded. Pada model Seagate Expansion versi lama (yang saya gunakan) ada motif permata embos di bagian depan dan belakang. Desain ini memberikan kesan elegan.

Jika Anda membeli Seagate Expansion saat ini, versi yang tersedia adalah versi baru dengan motif bodi atau rangka berbentuk garis-garis diagonal. Well, versi baru tampak lebih kasual dan sesuai dengan tren desain kekinian. Dengan kata lain, model HDD Seagate Expansion ini layak kita katakan menarik.

Build Quality

Sebelum membahas aspek lainnya, saya tertarik untuk sedikit menyinggung build quality atau kualitas perakitannya. Harddisk Seagate Expansion ini cukup solid, saya sudah coba genggam-genggam dengan tangan dan menekan-nekannya. Tidak ada kesan ringkih atau bunyi “krek krek” ala ala casing plastik murahan.

Kualitas sambungan antar bagian casing juga rapat. Sejauh ini tidak ada masalah dengan kualitas fisik dari produk merk asal Amerika ini.

Kapasitas Penyimpanan

Varian HDD Seagate yang saya beli adalah Seagate Expansion 1TB. Namun sebagaimana yang kita ketahui, sama halnya dengan produk memori lain seperti micro SD dan SSD, kapasitas yang bisa kita pakai pasti lebih sedikit. Hal ini karena standar 1GB pada pabrik biasanya 1.000 MB, sedangkan komputer membaca 1GB sebagai 1.024 MB, 1MB sama dengan 1.024 KB, 1KB sama dengan 1.204 B.

Singkatnya, kapasitas aktual dari Seagate Extension 1TB saya adalah 931 GB pada bacaan komputer. Total kapasitas aktual ini saya rasa sangat baik. Kekurangan 69 GB bisa dianggap cukup kecil untuk sebuah harddisk ukuran 1TB.

Berutungnya, walau hampir 4 tahun pemakaian, kapasitasnya belum penuh saya gunakan. Yah, saya hanya menjadikan HDD itu sebagai tempat backup data penting seperti data akademik dan beberapa berkas penting lainnya. Kalau diisi file multimedia, apalagi yang 4K, tidak butuh waktu lama untuk penuh, hhe.

Kecepatan Harddisk

Hal yang saya suka dari harddisk Seagate Expansion ini adalah kerjanya yang tidak berisik–saya merasa penting untuk menuliskannya di review ini. Hal ini karena HDD bekerja pada kecepatan putar 5400 rpm, sedangkan HDD internal bisa bekerja pada 7200 rpm.

Meskipun kecepatan putarannya lebih lambat, bukan berarti kecepatan baca dan tulisnya juga lambat. Keunggulan dari kecepatan putaran yang lambat ini adalah dapat menghemat daya. Saya kira untuk HDD eksternal itu masuk akal.

Saya sudah mencoba menyalin dan tempel sebuah file berukuran di atas 1 GB ke HDD Seagate saya. Kecepatan transfernya rata-rata di 60-70 MB/s. Sedangkan ketika menyalin sebuah folder dengan ukuran 16 GB lebih, kecepatan transfernya bervariasi, umumnya di 10-20 MB/s.

HDD eksternal Seagate bisa memindahkan data dengan cepat karena interface-nya sudah mendukung USB 3.0. Saya menggunakan kabel dan port USB 3.0 saat mentransfer datanya.

review hard disk seagate

Harga

Sekarang saatnya kita bicarakan soal harga. Dulu, saat negara api belum menyerang, eh. Saya membeli HDD eksternal Seagate tersebut di harga sekitar 800 ribuan. Aih, saya lupa tepatnya berapa karena tidak nemu lagi struk pembelian, entah kurang atau lebih dari itu. Yang jelas harganya saat ini lebih murah.

Jika Anda berminat untuk membelinya, harga untuk ukuran 1TB di toko resmi Seagate di Shopee adalah 800 ribu kurang sedikit. Anda juga bisa membelinya di toko lain untuk mendapatkan harga yang lebih bersaing. Namun pastikan hanya beli yang original atau asli.

HDD Seagate Expansion asli harganya umumnya mulai 700 ribuan, kalau ada yang menjual 400-500 ribuan, Anda patut curiga kalau itu barang palsu. Nah, jika ingin mengecek harganya di Shopee, silakan klik link di bawah.

Cek harga di Shopee

Kendala Selama Pemakaian

Rasanya tidak elok jika saya tidak menyampaikan juga apa kendala yang saya temukan saat menggunakannya. Apalagi 3 tahun bukan waktu yang sebentar, bukan?

Jujur, waktu itu kabel data HDD eksternal saya tersebut rusak. Alhasil sulit untuk menggunakan HDD untuk membaca atau memindahkan data. Sontak saya kecewa, padahal masih dalam masa garansi. FYI, Seagate memberikan 3 tahun garansi resmi untuk produk Seagate Expansion.

Akhirnya setelah saya coba pakaikan kabel data yang lain, HDD bisa berfungsi dengan baik kembali. Syukurlah, data saya jadi terselamatkan. Saran buat Anda yang ingin membeli HDD Seagate (atau pun merk yang lain), jaga baik-baik kabel datanya. Jangan sering digulung atau dipatahkan agar tidak rusak.

Baca juga :

Penutup

Well, itulah pengalaman saya dalam menggunakan harddisk eksternal Seagate. Jadi apakah harddisk Seagate bagus? Saya katakan lagi iya. Harganya masih cukup masuk akal dan performanya memenuhi ekspektasi saya. Dan yang penting adalah HDD tersebut bergaransi.

Sesuai dengan pengalaman saya menggunakannya, saya rekomendasikan Anda untuk membeli merk ini. Tapi saya hanya merekomendasikan produk asli ya. Dan ada baiknya membeli di toko resminya langsung. Hal ini agar hak kita sebagai konsumen bisa terjaga dengan baik.

Nah, setelah membaca review harddisk eksternal Seagate ini, apakah Anda tertarik untuk membelinya juga? Jika iya, saya telah sediakan link ke toko resmi Seagate di Shopee di akhir artikel ini. Anda bisa menggunakannya untuk membelinya atau sekadar melihat-lihat dulu juga boleh.

Terima kasih sudah membaca artikel review atau ulasan sederhana ini. Semoga Anda menemukan HDD eksternal terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda.[]

Cek HDD Seagate di Shopee

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *