Cara Mencari Jurnal Internasional di Science Direct

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis mengenai cara mencari jurnal internasional secara umum. Nah, kali ini saya ingin berbagi bagaimana mencari jurnal ilmiah internasional di Science Direct atau sciencedirect.com.

Science Direct merupakan situs direktori jurnal yang berada di bawah penerbit Elsevier–salah satu penerbit jurnal ilmiah kelas atas di dunia. Untuk mengakses Science Direct, anda bisa langsung ke situsnya di https://sciencedirect.com, konon jutaan artikel ilmiah bisa anda temukan di sini.

Hanya saja, tidak semua artikel bisa diunduh atau di download dengan gratis. Ada beberapa cara agar anda bisa mendapatkan artikel jurnal ilmiah internasional gratis di Science Direct. Masing-masingnya akan saya bahas di bawah.

Cara Mencari Jurnal di Science Direct Secara Gratis

Sebagai seorang pelajar atau bahkan peneliti tentu saja kita butuh artikel ilmiah untuk memperkaya referensi penelitian kita. Tapi sayangnya, sebagai salah seorang warga dari negara berkembang, akses terhadap publikasi ilmiah itu sangat terbatas. Alasannya adalah karena banyak artikel ilmiah itu yang tidak gratis, atau berbayar.

Nah, untuk menyisiati itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan artikel jurnal ilmiah

#1 E-Journal Kemenristek via Perpustakaan Kampus

Sebenarnya Kemenristek-Dikti sudah berlangganan jurnal-jurnal yang ada di Science Direct–dan beberapa tempat lainnya. Bahkan, tak tanggung-tanggung, lebih dari 14 milyar rupiah digelontorkan untuk berlangganan database e-journal ini. Hanya saja untuk bisa mengakses anda perlu izin khusus. Anda bisa mendaftar jika anda adalah dosen yang memiliki NIDN. Namun, bagaimana dengan mahasiswa?

Jikapun anda tidak memiliki akun untuk bisa mengakses e-journal Kemenristek, anda bisa pergi ke perpustakaan kampus dan menanyakan apakah pihak perpustakaan memiliki akses. Sehingga anda bisa mengakses dan men-download jurnal di Science Direct dengan gratis.

#2 Gunakan Fasilitas/Jaringan Kampus yang Sudah Berlangganan

Beberapa kampus di Indonesia, utamanya PTN ada yang berlangganan Science Direct. Jika kampus tempat anda berkuliah sudah berlangganan, anda bisa mengunduh lebih banyak jurnal berbayar secara gratis di Science Direct. Anda tinggal menggunakan jaringan kampus untuk mengakses situs tersebut dan mencari jurnal yang anda butuhkan.

#3 Tanya dan Minta Tolong Pada Teman yang Kampusnya Berlangganan

Jika ada beberapa jurnal di Science Direct yang anda butuhkan namun kampus tidak memiliki akses, tidak ada salahnya untuk meminta tolong pada teman yang berkuliah di kampus yang berlangganan. Saya pribadi pernah minta tolong download-kan jurnal Science Direct kepada teman saya yang sedang mengambil S2 di Jepang–pada saat itu. Kampus di luar negeri tentu saja memiliki lebih banyak dana untuk berlangganan database e-journal seperti itu.

#4 Akses konten open access di Science Direct

Cara terakhir apabila ketiga cara sebelumnya tidak bisa dilakukan adalah mengakses artikel yang memang berstatus open access. Artikel ini cukup banyak di situs Science Direct–jumlahnya mencapai 250ribu artikel. Cara untuk mencarinya cukup mudah. Pertama, anda perlu memasukkan kata kunci yang ingin anda cari dan kemudian tekan enter atau klik ikon cari. Setelah itu anda akan dibawa pada laman hasil pencarian seperti gambar di bawah.

cara mencari jurnal di science direct

Pada gambar tampak ada sekitar 36ribu hasil pencarian. Sekarang geser ke bawah dan lihatlah di sebelah kiri tulisan “open access” lalu beri tanda centang pada kotak di sampingnya. Setelah itu laman hasil pencarian akan disegarkan dan menampilkan jurnal yang berstatus open access saja. Anda tinggal mengunduh PDF nya saja.

Baca juga : Tips Memilih Jurnal Internasional Untuk Publikasi

cara mendownload jurnal di science direct

Jurnal ilmiah sangat berguna untuk memperkaya referensi pada penelitian anda. Itulah tadi beberapa cara yang bisa saya himpun mengenai cara mencari jurnal di Science Direct secara gratis. Jika menurut anda ada cara yang belum saya tulis, mohon tambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.[]

Bagikan Yuk!

Author: Fadli Hafizulhaq

Seorang kandidat doktor yang berasal dari kampung kecil di pinggiran pantai Sumatera Barat. Gemar menulis semenjak duduk di bangku Sekolah Dasar. Blog ini adalah catatan virtualnya yang mungkin saja penting atau tidak. Email: hafizulhaq.fadli@gmail.com

16 Replies to “Cara Mencari Jurnal Internasional di Science Direct

  1. mantap infonya nih, terasa banget pas penelitian dulu masa kuliah, susahnya minta ampun nyari jurnal ilmiah, wkwkw

  2. Bisa jadi rujukan untuk mencari bahan penelitian yang sudah pernah dilakukan di dunia internasional. Noted ah. Saya bintangi. Semoga bisa mengambil manfaat kalau lagi butuh referensi.

  3. Setuju dg cara pakai akses kampus yg berlangganan. Toh kegiatan penelitian mahasiswa atau dosen biasanya identik dg dukungan kampus jg. Bs banget menurutku mendapatkan jurnal gratis di Science Direct menggunakan jaringan kampus yg sdh berlangganan.

  4. Wah makasih mas. Pas banget saya lagi nyari nyari bahan bacaan jurnal pendidikan . Yang umum sih saya nyari di portal Garuda itu, Alhamdulillah ada yang lain. Aku bookmark ya, biar gampang nyari lagi. Makasih sharingnya.

  5. Emang di kampus yg bisa akses jurnal sepuasnya. Pengalaman di UI dulu begitu. Nah kalau nggak ngampus lagi, itu yg jadi masalah. Tapi tulisan ini kasih solusinya. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *