Situs Jurnal Internasional Gratis yang Berkualitas

Saya selalu diwanti-wanti ketika menjalani program S3 waktu itu, kata promotor saya, jangan sampai Anda mempublikasikan artikel di situs jurnal internasional yang tidak bereputasi apalagi jurnal predator. Alih-alih diizinkan untuk mempublikasikan artikel di jurnal terindeks seperti indeks DOAJ, Copernicus dan lainnya, saya dipaksa untuk mencoba jurnal internasional terindeks Scopus. Scopus lagi, scopus lagi.

Oh ya, ngomong-ngomong, apakah Anda adalah mahasiswa S2 atau S3 yang punya masalah yang sama? Hei, mungkin Anda bisa berbagi keluh kesah cerita di kolom komentar nanti. Tapi kali ini saya ingin mengajak Anda untuk mengenali beberapa situs jurnal internasional gratis. Dan tak hanya gratis, jurnal-jurnal itu insyaa Allah juga berkualitas sehingga layak untuk dijadikan referensi penelitian Anda.

Bagaimana kalau kita mulai dari dasar? Dari pengertian jurnal internasional misalnya.

Jurnal Internasional Adalah …

Apa sih sebenarnya jurnal internasional itu? Ini penting untuk kita ketahui supaya jangan sampai nanti kita memasukkan artikel ke sebuah jurnal yang kita percayai jurnal internasional tapi ternyata bukan. Gampangnya, jurnal internasional adalah jurnal yang menggunakan bahasa resmi PBB dan diisi oleh berbagai editor dan penulis dari berbagai negara di dunia. Artinya, jika sebuah jurnal berbahasa Inggris namun hanya diisi oleh pengarang dari 1 negara saja, itu tidak bisa diklaim sebagai jurnal internasional.

Kata siapa memangnya, Jo? Ya, kata DIKTI. DIKTI bahkan memberikan lebih banyak syarat agar sebuah jurnal dapat dikatakan sebagai jurnal internasional. Jika Anda penasaran dengan itu, saya akan menuliskannya setelah ini.

Ciri-ciri atau Kriteria Jurnal Internasional

Sebuah jurnal baru bisa dikatakan jurnal internasional ketika ia memenuhi beberapa kaidah tertentu, kaidah ini dibuat agar dapat menyeleksi banyaknya jurnal yang mengaku internasional tapi abal-abal. Beberapa kriteria jurnal internasional tersebut adalah sebagai berikut:

    • Ditulis dengan kaidah ilmiah yang baik dan benar
    • Memiliki nomor ISSN (International Standar Serial Number)
    • Ditulis dengan menggunakan bahasa internasional yang diakui PBB (Inggris, Arab, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok)
    • Memiliki terbitan versi daring atau online
    • Tim redaksi (editorial board) paling tidak berasal dari 4 negara
    • Artikel ilmiah dalam satu issue atau terbitan paling tidak ditulis oleh pengarang dari 2 negara
    • Terindeks oleh database internasional seperti Scopus, Web of Science, DOAJ, Copernicus dan sebagainya

Jika sebuah jurnal memiliki kriteria di atas, maka jurnal itu dapat dikatakan jurnal internasional. Selain itu, jurnal internasional memiliki 2 tipe pula. Yang pertama adalah jurnal biasa yang tidak terbuka secara gratis sedangkan yang kedua adalah jurnal open access. Jurnal open access memberikan keleluasaan bagi siapapun untuk mengunduh artikel-artikel ilmiah mereka, hanya saja umumnya mereka meminta publication fee ataupun article processing charge kepada penulis atau pengarang.

Nah, di kesempatan kali ini saya ingin mengajak Anda untuk mengetahui beberapa situs jurnal internasional gratis yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan artikel ilmiah berkualitas. Anda bisa menggunakan artikel tersebut untuk menyelesaikan tugas review jurnal internasional atau bahkan untuk meningkatkan kualitas artikel jika Anda adalah penulis ataupun narablog.

Website atau Situs Jurnal Internasional Gratis dan Berkualitas

Sebelum menulis ini, saya sebenarnya sudah menulis artikel mengenai cara mencari jurnal internasional secara gratis dan juga cara download jurnal Science Direct, hanya saja ada sebagian situs jurnal internasional gratis lainnya yang belum saya ulas. Oleh karena itu kali ini saya akan mengulasnya untuk Anda, mana tahu Anda ingin mencari informasi yang valid dan berkualitas dari hasil penelitian berbagai peneliti di seluruh dunia. Yuk, disimak.

#1 Directory of Open Access Journal (DOAJ)

DOAJ adalah sebuah direktori jurnal internasional yang bersifat open access atau terbuka, sebab ia adalah direktori, melalui DOAJ Anda bisa menemukan berbagai artikel ilmiah dari berbagai jurnal dan penerbit. Cara mencari jurnal internasional di DOAJ sangat mudah. Berikut langkah-langkah pencariannya:

    1. Buka situs DOAJ terlebih dahulu di https://doaj.org/
    2. Ketikkan kata kunci yang ingin Anda cari kolom “Search DOAJ” dan lakukan pencaharian
    3. Anda akan dihadapkan pada berbagai hasil pencaharian, pilihlah artikel/jurnal yang ingin Anda unduh
    4. Klik “Full Text” pada artikel yang ingin Anda unduh (gunakan klik kanan dan “Open in New Tab” agar Anda bisa membuka artikel lainnya)
    5. Lakukan pengunduhan pada laman asal artikel jurnal internasional tersebut

Beberapa hasil tangkapan layar ini mudah-mudahan bisa membantu Anda.

situs jurnal internasional doaj

cara mencari jurnal di doaj

 

#2 Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI)

Salah satu artikel ilmiah saya diterbitkan di jurnal Fibers dari penerbit MDPI. MDPI ini adalah penerbit jurnal digital dengan puluhan nama jurnal di berbagai bidang. Penerbit satu ini cukup populer–meskipun biaya penerbitan artikel di jurnal mereka mahalnya luar biasa, yah 11-12 sih sama beberapa situs jurnal internasional yang akan saya bahas nanti. Tapi meskipun begitu, saya sangat menyarakan Anda untuk mencari artikel jurnal internasional di web mereka. Berikut adalah cara untuk mencari jurnal internasinal di MDPI:

    1. Buka situs MDPI terlebih dahulu di https://www.mdpi.com/
    2. Ketikkan kata kunci yang ingin Anda cari kolom “Search for Articles” dan lakukan pencaharian
    3. Anda akan dihadapkan pada berbagai hasil pencaharian, pilihlah artikel/jurnal yang ingin Anda unduh
    4. Klik judul artikel yang ingin Anda unduh (gunakan klik kanan dan “Open in New Tab” agar Anda bisa membuka artikel lainnya)
    5. Lakukan pengunduhan pada laman asal artikel jurnal internasional tersebut

Biar lebih mudahnya, tangkapan layar saya lampirkan di bawah ya.

situs jurnal internasional mdpi

cara cari jurnal gratis di mdpi

 

#3 Hindawi Publishing Corporation

Sebagaimana MDPI, Hindawi adalah publisher jurnal online yang bersifat open access lainnya. Konon hingga saat ini, Hindawi telah menerbitkan hingga 230 judul jurnal dan 20.000 artikel ilmiah setiap tahunnya. Cara mendownload jurnal internasional di Hindawi juga sangat mudah, berikut adalah cara-caranya:

  1. Buka situs Hindawi terlebih dahulu di https://www.hindawi.com/
  2. Klik icon kaca pembesar di sudut kanan atas untuk membuka kotak pencaharian,  isikan kata kunci dan lakukan pencaharian dengan tekan Enter atau klik “Search articles”
  3. Anda akan dihadapkan pada berbagai hasil pencaharian, pilihlah artikel/jurnal yang ingin Anda unduh
  4. Klik “Download PDF” untuk mengunduh artikel jurnal internasional tersebut
  5. Sebuah tab baru akan terbuka yang isinya adalah PDF artikel, silakan download atau simpan ke perangkat Anda

Berikut tangkapan layar untuk website jurnal internasional Hindawi ini

website jurnal internasional hindawi

langkah mencari jurnal internasional hindawi

 

#4 PLOS One

Tak ingin menggunakan beberapa situs jurnal internasional di atas? Atau bahkan tak menemukan artikel yang ingin Anda cari? Tenang, masih ada situs jurnal internasional gratis lainnya yaitu PLOS One. PLOS One adalah jurnal ilmiah akses terbuka yang diterbikan oleh Public Library of Science sejak tahun 2006 lalu. Jurnal ini memuat penelitian-penelitian utama di bidang ilmu sains dan kedokteran. Berikut cara mencari jurnal gratis di PLOS One.

  1. Akses halaman jurnal PLOS One di https://journals.plos.org/plosone/
  2. Isikan kata kunci dan lakukan pencaharian dengan tekan Enter atau klik icon kaca pembesar
  3. Anda akan dihadapkan pada berbagai hasil pencaharian, pilihlah artikel/jurnal yang ingin Anda unduh
  4. Klik “Download PDF” untuk mengunduh artikel jurnal internasional tersebut
  5. Sebuah tab baru akan terbuka yang isinya adalah PDF artikel, silakan download atau simpan ke perangkat Anda

Berikut tangkapan layar dari pencarian jurnal di PLOS One

 

#5 PeerJ

PeerJ adalah situs jurnal internasional gratis terakhir di daftar ini. PeerJ sendiri adalah jurnal besar yang menerbitkan artikel dari topik biologi hingga medis. Jurnal ini didirikan tahun 2013 lalu, di situs resminya mereka masih menerima artikel ilmiah dari peneliti tanpa memberlakukan article processing charge–meskipun tidak di semua jurnal mereka. Berikut cara mencari jurnal di PeerJ:

  1. Buka halaman utama PeerJ di https://peerj.com/
  2. Isikan kata kunci pada kolom “Search articles” dan lakukan pencaharian dengan tekan Enter atau klik icon kaca pembesar
  3. Anda akan dihadapkan pada berbagai hasil pencaharian, pilihlah artikel/jurnal yang ingin Anda unduh (buka di tab baru agar bisa melanjutkan mencari artikel lainnya)
  4. Klik “Download” pada halaman artikel tersebut
  5. Klik “PDF” pada tombol-tombol yang keluar di jendela pop up

Berikut tangkapan layar hasil pencaharian jurnal di PeerJ

cara mencari jurnal di peerj

 

Nah, itulah beberapa situs jurnal internasional gratis yang bisa Anda kunjungi untuk mencari artikel ilmiah yang Anda butuhkan. Anda juga bisa mengirimkan artikel ilmiah Anda ke jurnal-jurnal yang ada di sana. Hanya saja, sebelum mengirim artikel Anda perlu tahu tips memilih jurnal internasional terlebih dahulu. Anda bisa membacanya di tautan yang saya tulis di bawah.

Baca juga : 5 Tips Memilih Jurnal Internasional untuk Publikasi

Kesudahannya, jurnal internasional merupakan salah satu sumber referensi yang bisa dipercaya dan sangat disarankan untuk Anda gunakan baik untuk keperluan akademik, umum atau bahkan untuk sekadar membaca perkembangan ilmu pengetahuan terkini. Beberapa website jurnal internasional di atas memang bukanlah semua yang ada, tapi itu adalah beberapa yang saya rekomendasikan untuk Anda kunjungi. Semoga bermanfaat ya.[]

2 pemikiran pada “Situs Jurnal Internasional Gratis yang Berkualitas”

Tinggalkan komentar

error: