Ketika ingin menulis sebuah karya tulis ilmiah, seseorang dituntut untuk mencari referensi yang benar alias valid. Salah satu referensi yang kebenarannya tidak diragukan adalah artikel-artikel di jurnal internasional. Berbagai peneliti dari berbagai negara menulis perkembangan ilmu pengetahuan terbaru di jurnal ilmiah, oleh karena itu tak mengherankan jika banyak pengajar menuntut mahasiswanya untuk membaca dan merujuk jurnal. Namun, bagaimana sih cara mencari jurnal internasional itu?

Jika Anda adalah mahasiswa pascasarjana, barangkali Anda sudah tidak asing dengan kegiatan mencari jurnal internasional ini. Namun, tidak ada salahnya saya coba tuliskan ulang beberapa cara mendownload jurnal internasional di blog ini, bukan? Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua. Mari disimak.

Cara Mencari Jurnal Internasional dengan Gratis

#1 Yang benar-benar gratis ada di DOAJ

Pernahkah kamu mendengar istilah DOAJ? Ia merupakan akronim dari Directory of Open Access Journal alias direktori jurnal gratis. Di sini kamu bisa mencari jurnal internasional gratis dari beberapa publisher tertentu. Untuk dapat menikmati jurnal internasional gratis dari situs ini caranya sangat gampang. Kamu hanya perlu membuka laman situs dan mengetikkan kata kunci. (lihat gambar di bawah)

Pertama, kamu perlu membuka situs https://doaj.org, setelah itu ketikkan kata kunci di kolom search (hilangkan centang “articles” jika ingin hasil yang keluar hanya jurnal)

Kedua, kamu tinggal mengeklik tombol cari di samping dan tunggu hingga hasil keluar. Dan klik lah satu per satu untuk masuk ke rincian jurnal yang ada.

Setelah memilih jurnal kamu dapat melihat daftar beberapa jurnal dengan judul masing-masing. Di sana kamu dapat menemukan pilihan untuk melihat “abstract” dan “full text”.

#2 Cari mencari jurnal internasional gratis di Science Direct

Science Direct merupakan produk dari publisher besar, Elsevier. Di situs ini kamu dapat mencari puluhan ribu hingga ratusan ribu jurnal dari berbagai bidang. Hanya saja, tidak semuanya yang gratis di situs ini. Hanya ada beberapa jurnal yang gratis yang dilabeli dengan “Open Access”. Tapi itu tidaklah mengapa, jurnal internasional gratis ini juga dapat membantumu. Berikut cara mencari jurnal internasional gratis di Science Direct.

Pertama, kamu perlu membuka situs http://www.sciencedirect.com, setelah itu maka kamu akan dihadapkan pada tampilan seperti di bawah.

Di kolom pencarian kamu dapat mengisi beberapa input, tapi untuk awal kamu bisa menginput “keywords” atau kata kunci yang ingin kamu cari. Setelah dimasukkan kemudian tekan tombol enter di keyboard atau klik tombol cari di samping kolom di layar. Setelah itu kamu akan dibawa pada laman hasil pencarian seperti di bawah.

Di laman hasil pencarian kamu akan menemukan hampir semua jurnal berbayar (lihat tulisan “Purchase PDF …”). Kamu hanya bisa mendownload jurnal dengan keterangan “Open Access” atau dengan tanda titik hijau di sampingnya.

Baca juga: Cara Mencari Jurnal Internasional di Science Direct

#3 Ada “sci-hub” untuk nyulik jurnal berbayar di beberapa publisher

Sudah menggunakan sekian cara mencari jurnal internasional tapi tidak nemu jurnal yang pas? Mungkin adanya memang di jurnal berbayar. Tapi tenang, jurnal berbayar masih bisa kamu dapatkan dengan gratis menggunakan jasa sci-hub. Begini caranya:

Buka dulu situs http://sci-hub.tw maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini

cara mendownload jurnal internasional

Setelah laman tampil, copy dan paste judul/URL artikel atau jurnal berbayar di ScienceDirect atau di jurnal lainnya tadi laku tekan Enter atau klik gambar “Open”. Selain itu kamu juga bisa mengisikan DOI dari artikel berbayar tersebut. Kamu akan diminta mengisi kode verifikasi atau tidak sama sekali dan setelah itu kamu akan diarahkan pada PDF jurnal yang kamu cari. Jangan lupa disimpan setelah itu ya. Cuma cara ini, jika mampu, layaknya dihindari karena dinilai ilegal oleh penerbit jurnal.

Note: Sci-hub ini kontroversi sekali, sudah sering digugat ke pengadilan oleh penerbit besar seperti Elsevier, sehingga sering bergonta-ganti domain, tapi banyak orang yang membutuhkan jasanya. Jadi cara ini tidak begitu saya rekomendasikan ya.

#4 Gabung di Research Gate bisa juga

Ada satu komunitas peneliti yang terkenal, namanya Research Gate. Di situs ini kamu bisa download jurnal berbayar yang dibagikan gratis oleh penulisnya sendiri, atau bisa request file-nya ke penulis jurnal. Namun untuk bisa masuk ke Research Gate kamu harus daftar terlebih dahulu.

Buka https://www.researchgate.net dan akan tampil seperti ini

Klik “join for free” dan selesaikan pendaftaran. Oh ya, untuk mendaftar di sini kamu perlu email institusi, jadi mintalah akun email ke kampus atau institusimu. Setelah buat akun, silakan login dan akan tampil laman seperti ini:

Mungkin tampilannya tidak sama, soalnya saya login pakai akun saya, hhe

Setelah itu kamu tinggal mengetikkan judul jurnal yang ingin dicari di kolom kanan atas. Lalu klik search atau Enter. Beberapa jurnal yang ingin kamu cari akan tampil di hasil pencaharian, hanya saja tidak semua yang dilengkapi berkas full text atau PDF-nya. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengirimkan pesan atau melakukan “request full text” kepada penulis artikel tersebut dan menunggu kebaikan hatinya untuk membagikan full text dari artikel tersebut padamu.

Jika kamu menemukan artikel yang tersedia full text-nya, kamu tinggal unduh saja.

#5 Ketikkan judul artikel ilmiah + PDF di Google

Cara mencari jurnal internasional yang tergolong mudah lainnya adalah dengan meyalin-tempel (copas) judul artikel ilmiah dan menambahkan kata “PDF” di laman pencaharian Google. Cara ini bisa dilakukan untuk mendapatkan artikel jurnal ilmiah yang kamu butuhkan. Hanya saja tidak semua artikel juga ada versi PDF-nya di internet. Namun cara ini layak dicoba untuk mendapatkan artikel jurnal internasional yang kamu inginkan.

Sebagai contoh, saya mencoba mencari sebuah artikel ilmiah jurnal internasional di internet dan syukurlah ada versi PDF-nya. Contohnya ada di gambar di bawah ya.

cara mencari jurnal internasional di internet

#6 Menghubungi penulis jurnal secara langsung

Salah satu cara mencari jurnal internasional paling konvensional dan masih bisa dipakai hingga saat ini adalah menghubungi langsung penulis artikel ilmiah tersebut. Kamu bisa menghubunginya melalui email, dan cara ini umumnya efektif. Dikarenakan penulis artikel jurnal internasional itu butuh sitasi terhadap artikelnya. Oleh karena itu, mereka biasanya mudah untuk memenuhi permintaan akan artikelnya itu.

Sebelum mengirimkan email kepada penulis artikel jurnal internasional tersebu kamu perlu mencari kontak yang bersangkutan. Caranya gampang, lihatlah pada situs jurnal tersebut, lihat daftar penulis pada artikel yang kamu butuhkan. Cari alamat email dari corresponding author-nya, kirim email kepada kontak tersebut. Jangan lupa menggunakan bahasa yang baik ya.

#7 Cara mencari jurnal internasional yang paling gampang

Selain 4 cara mencari jurnal internasional di atas, masih ada satu cara lagi yaitu minta bantuan pada penyedia layanan download jurnal internasional secara gratis, atau pada seseorang yang berlangganan jurnal berbayar secara pribadi atau kampusnya yang berlangganan. Meminta tolong pada teman yang sedang kuliah di luar negeri akan lebih mudah, karena di luar negeri biasanya kampus berlangganan jurnal.

Nah, itulah beberapa cara mencari jurnal internasional dengan gratis yang bisa kamu coba. Jurnal adalah salah satu referensi yang valid dan bagus dalam menyusun sebuah penelitian. Dengan banyak membaca jurnal kamu juga akan tahu perkembangan ilmu terkini dan terhindar dari meneliti hal yang sudah diteliti orang lain (mahasiswa S3 sangat dilarang mengulang penelitian semacam ini). Semoga informasi ini bermanfaat dan apabila kamu merasa terbantu mohon bagikan juga artikel ini pada yang lain.

error:
Copy link
Powered by Social Snap
%d blogger menyukai ini: