Home ยป 7 Cara Mengatasi HP realme Lemot dengan Mudah

7 Cara Mengatasi HP realme Lemot dengan Mudah

cara mengatasi hp realme lemot

Sebagai pengguna HP realme selama 3 tahun lebih, saya tentu sudah sering menemukan kendala-kendala. Bukan, bukan karena HP realme ini jelek, vendor tersebut bahkan saya masukkan sebagai salah satu merk HP terbaik dan awet. Masalahnya memang tingkat penggunaan kita yang tinggi membuatnya menjadi berat. Jadi memang harus tahu cara mengatasi HP realme lemot biar tidak bikin produktivitas kita turun.

Terkait dengan hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan lho. Tanpa berpanjang-panjang lagi, mari simak lebih lanjut.

Tutup aplikasi belakang layar

Salah satu penyebab mengapa HP realme atau merk lainnya berat adalah karena ada banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar. Aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan sumber daya, tepatnya RAM, untuk beroperasi.

Semakin banyak aplikasi yang terbuka dan tidak kita tutup, maka semakin banyak kuota RAM terpakai. Hal ini menjadi masalah yang cukup serius bagi pengguna yang RAM ponselnya kecil.

Di era sekarang ini, di mana aplikasi sudah terus berkembang, RAM ideal menurut saya adalah 4 GB, seminimal-minimalnya 3 GB. Kecuali jika Anda hanya akan menggunakan smartphone untuk kebutuhan telepon dan perpesanan seperti WhatsApp dan aplikasi lainnya saja.

Bersihkan penyimpanan

Sebelum menggunakan realme 3, saya menggunakan Xiaomi Redmi 4X. Pada awal-awal peluncurannya, HP tersebut cukup mumpuni. Saya teringat masih bisa lancar bermain game online di sana, namun makin hari makin tidak memenuhi kebutuhan. Redmi 4X saya hanya punya ROM atau memori internal 16 GB. Itu yang tersedia tentu tidak semuanya karena ada sebagian penyimpanan yang terpakai oleh sistem.

Sementara itu, aplikasi semakin hari semakin besar. Alhasil, HP lama tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan saya. Seberapa pun saya coba untuk membersihkan penyimpanannya, ruang yang tersedia tetap masih sempit.

realme 3 yang saya gunakan memiliki penyimpanan 32 GB, itu pun selalu penuh. Agar tidak lemot, saya rutinkan menghapus cache atau memindahkan berbagai file tertentu ke kartu memori. Jika HP realme Anda juga lemot lakukan cara ini juga untuk mengatasinya.

Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Sebagaimana yang telah saya siratkan sebelumnya, salah satu penyebab utama HP realme menjadi lemot adalah karena memorinya penuh. Selain membersihkan cache, Anda juga bisa mengecek berbagai aplikasi yang jarang Anda gunakan.

Cobalah timbang-timbang, apakah aplikasi tersebut memang Anda butuhkan atau tidak. Jika ternyata tidak terlalu butuh, tidak ada salahnya menghapusnya agar memori internal HP Anda menjadi lebih lebih.

Kurangi penggunaan widget

Selain aplikasi yang berjalan, RAM ponsel juga bisa dipakai oleh berbagai widget yang kita pasang di layar utama. Masing-masing widget tentu menguras sumber daya yang berbeda-beda.

Saya jadi teringat di awal-awal punya smartphone dulu, rasanya keren ada widget di halaman utama. Saya pasang catatan, kalender, cuaca, atau yang lain. Tapi setelah dipikir-pikir itu tidak terlalu perlu.

Ketimbang memasang widget, rasanya lebih baik memindahkan pintasan aplikasi terkait, contoh kalender, ke halaman utama. Saat dibutuhkan, kita tinggal menjalankan aplikasi tersebut.

Update HP realme Anda

Cara mengatasi HP realme lemot selanjutnya adalah dengan memperbaharui perangkat lunaknya. Bisa berupa pembaruan sistem operasi Android atau pembaruan user interface/UI yang dalam hal ini adalah realme UI.

Meng-update ponsel akan membantu perangkat Anda untuk menangani permasalahan tertentu seperti bugs dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan fitur terbaru dari vendor realme.

Jangan lupa membaca catatan perubahan atau changelog biar bisa tahu apa saja yang diperbaiki atau ditambahkan pada update baru tersebut.

Mulai ulang atau restart HP Anda

Langkah ini barangkali terkesan remeh atau sederhana tapi tidak jarang ia berhasil. Jika HP realme Anda terasa lemot, cobalah memulai ulang HP itu.

Sebagai pengguna, termasuk saya, kita seringkali membiarkan HP hidup 24 jam hingga berminggu-minggu lamanya. Padahal, sangat disarankan untuk mematikan HP secara berkala. Misal dalam 1 minggu sekali, kita matikan HP beberapa menit.

Bagaimanapun HP juga perangkat elektronik, sama halnya dengan TV dan laptop. Bayangkan jika TV dan laptop terus-terusan hidup, apakah kinerjanya akan tetap maksimal? Tentu saja tidak, bukan?

Lakukan Factory Reset

Cara terakhir dalam mengatasi HP realme lemot ini tidak begitu saya sarankan. Hanya saja, ia bisa menjadi pilihan jika memang cara-cara yang lain tidak berhasil sama sekali.

Anda bisa melakukan reset pabrik atau factory reset pada ponsel Anda. Dengan demikian, penyimpanannya akan diatur ulang sehingga lebih lapang. Cache hingga aplikasi tambahan juga akan dihapus.

Saya pribadi memang belum pernah melakukan hal tersebut pada HP realme saya, tapi sudah pada HP Redmi. Alhasil, HP yang biasanya lelet parah, sekarang jadi lebih lancar. Namun jika Anda ingin menempuh jalan ini, lakukan dengan sadar. Backup atau cadangkan data terlebih dahulu lalu reset dan bersiap dengan konsekuensinya.

Nah, bagaimana menurut Anda? Tidak sulit untuk melakukan berbagai cara mengatasi HP realme lemot di atas, bukan? Jika Anda khawatir dengan keberhasilannya, cobalah minta tolong pada orang yang lebih paham. Anda juga bisa membawa HP tersebut ke tempat servis, meskipun memang butuh biaya tambahan, tapi sepertinya itu lebih baik dari pada membeli HP baru.

Selamat mencoba.

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *