Home » 7 Ciri Baterai HP Rusak & Bocor yang Wajib Diwaspadai

7 Ciri Baterai HP Rusak & Bocor yang Wajib Diwaspadai

ciri baterai hp rusak dan bocor

Seiring pemakaian, sebuah baterai HP akan mengalami pengurangan performa. HP baru tentu punya baterai dengan kemampuan terbaik, beda dengan HP lama. Cuma masalahnya, kadang kala baterai HP bocor, kembung, dan sebagainya sebelum waktunya. Kita harus tahu ciri baterai HP rusak agar dapat memperbaiki atau menukarnya.

Lalu, apa saja tanda-tanda jika baterai HP sudah rusak? Ajopiaman sudah merincinya di bawah, mari simak lebih lanjut.

Ciri Ciri Baterai HP Rusak

Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk mengidentifikasi apakah baterai tanam atau baterai biasa di HP Anda bocor atau rusak. Mari kita mulai dari hal yang paling tampak terlebih dahulu.

Baterai kembung atau bengkang

Hal yang paling mudah diamati adalah perubahan fisik baterai. Meski tidak semuanya baterai yang rusak itu kembung, tapi baterai yang kembung kemungkinan besar rusak.

Kembung pada baterai dapat terjadi karena baterai sudah sering mendapatkan panas berlebih. Itulah mengapa tidak disarankan untuk menggunakan HP saat dicas karena dapat meningkatkan panas pada baterai. Kabar buruknya, baterai yang kembung rentan untuk meledak.

Cobalah lihat punggung HP Anda, jika ia tidak lagi datar, ada kemungkinan baterainya sudah kembung. Sebaiknya Anda mengganti baterai jika itu terjadi.

Baterai HP mudah lemah

Jika Anda sering mendapati smartphone atau ponsel pintar Anda “memekik” karena baterai lemah, itu bisa jadi ciri lainnya. Apalagi jika baterai lemah padahal sudah Anda cas dalam waktu yang lama.

Hal itu dapat terjadi karena baterai tidak mampu menyimpan daya dengan baik lagi. Ketika pengisi daya Anda sambungkan, daya yang mengalir sebagian besar tidak dapat ia simpan. Alhasil, baterai jadi drop padahal baru kita pakai sebentar.

HP Mudah Mati

Jika HP yang Anda gunakan saat ini mudah mati, itu adalah ciri baterai HP rusak lainnya. Baterai yang rusak tidak mampu memenuhi kebutuhan daya ponsel Anda. Apalagi jika HP hidup dengan berbagai aplikasi berat yang berjalan, baik di depan atau di belakang layar.

Hal ini sangat mengganggu, jadi sebaiknya Anda mengganti baterai jika ini kejadian pada HP Anda.

Indikator baterai bermasalah

Umumnya indikator baterai HP saat ini berupa persentase dari 1-100%. Beberapa jenis HP lama atau HP basic bisa memiliki indikator yang berbeda, yaitu berupa baterai dengan beberapa kotak kecil di dalamnya. Indikator ini bisa menjadi penanda baterai HP rusak.

Jika persentase atau jumlah kotak pada baterai cepat turun atau berubah-ubah, besar kemungkinan baterai HP Anda sudah bocor atau rusak. Contohnya jika beberapa saat sebelumnya 100%, kemudian berubah jadi 70%, lalu meningkat atau turun lagi. Itu wajib diwaspadai.

Baterai mudah panas

Baterai yang rusak juga akan lebih mudah panas meskipun Anda memakai HP dengan cara normal. Maksudnya adalah walaupun tidak menjalankan aplikasi-aplikasi berat, baterai tetap jadi panas.

Hal itu akan semakin terasa ketika Anda mencoba mengecasnya. Jika baterai sangat panas atau lebih panas dari biasanya, itu bisa jadi tanda bahwa baterainya sudah rusak.

Hanya hidup ketika dicas

tanda baterai hp rusak dan bocor

Ciri satu ini menandakan bahwa kerusakan baterai HP sudah parah. HP tidak bisa hidup tanpa dipasangkan cas. Dengan kata lain, hampir tidak ada daya yang bisa tersimpan pada baterai tersebut.

Ketika cas Anda sambungkan, daya terisi dan dipakai langsung oleh perangkat ponsel Anda. Namun jika cas itu Anda cabut, ponsel langsung kehilangan daya dalam waktu yang singkat dan nonaktif.

Tidak Bisa Mengecas Baterai

Terakhir, ini merupakan ciri baterai HP yang benar-benar rusak. Baterai tersebut kehilangan fungsinya sehingga tidak bisa mengisi daya lagi.

Saat ini terjadi pada Anda, carilah tempat reparasi terdekat jika baterai Anda adalah baterai tanam. Ajopiaman sangat menyarankan untuk mendatangi tempat servis resmi sesuai merk atau vendor HP tersebut.

Penutup

Baterai HP yang rusak sangat mengganggu performa HP. Misalkan jika Anda adalah seorang yang suka bermain game, tentu jadi tidak bisa bermain lama. Baru pakai HP sebentar, kemudian harus mengecas lagi. Masa mau main HP sambil mengecas terus? Selain tidak nyaman, itu juga berbahaya.

Ada banyak dampak buruk lainnya jika Anda membiarkan HP berjalan dengan baterai yang sudah rusak. Hal yang paling besar adalah itu dapat menurunkan produktivitas harian Anda. Bagaimanapun, HP juga merupakan bagian dari perangkat kerja manusia saat ini.

Lalu jika Anda berpikir untuk membeli HP baru ketimbang menukar baterainya. Pastikan Anda memilih HP yang bagus dan berkualitas. Sedapat mungkin beli HP dengan kapasitas baterai yang besar dan fast charging agar dapat Anda gunakan dalam waktu yang lama. Sudah banyak merk HP terbaik dan awet yang mengeluarkan produk yang demikian kok.

Kesudahannya, terima kasih sudah membaca artikel sederhana mengenai ciri baterai HP rusak ini. Selamat melanjutkan aktivitas.

Bagikan yuk:

10 tanggapan pada “7 Ciri Baterai HP Rusak & Bocor yang Wajib Diwaspadai”

  1. Hampir semua tanda tanda itu ada semua di hp sebelumnya. Padahal baterai tanem jadi nggak keliatan ngembungnya. Ternyata tetep masalahnya di baterai ya Uda

  2. Wah, kalau beberapa tanda itu muncul berarti wajib service ya kak. Atau ponselnya ganti sekalian, biar punya adik yang lebih oke, hehe.

  3. Jadi ingat tablet adekku setelah diservis penutupnya gak bisa rapet dan lama-lama gak bisa dipakai lagi. Trus karena didiamkan begitu saja, layarnya agak melesak dari bodynya tablet, lama-lama ketahuan ternyata baterainya sudah kembung Gedhe banget. Seperti hampir meletus gitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *