Home » 7 Cara Memilih HP yang Bagus Agar Tidak Tertipu

7 Cara Memilih HP yang Bagus Agar Tidak Tertipu

cara memilih hp yang bagus

Beberapa saat yang lalu, HP saya sempat hang. Layarnya beku dan tidak bisa diapa-apakan. Sontak saya panik, untunglah setelah beberapa saat ia reboot sendiri. Saya bersyukur memilih merk yang bagus. Bagaimanapun, kita perlu paham cara memilih hp yang bagus agar tidak menyesal setelah membeli.

Kenapa begitu? Ya, karena HP adalah perangkat yang sangat penting saat ini. Tidak hanya untuk menghubungkan kita dengan orang-orang, ia juga bisa menunjang pekerjaan kita.

Entahkah itu berjualan online, hingga menjadikannya sebagai hotspot untuk bekerja dengan laptop atau tablet yang cuma mendukung Wi-Fi. Nah, di bawah saya sudah menuliskan beberapa tips yang mungkin penting bagi Anda.

Cara Memilih HP yang Bagus

Siapa kiranya yang tidak ingin memiliki HP yang bagus. Rasanya semua kita mau kali ya. Sayangnya, hampir selalu berlaku kaidah ada harga ada kualitas. HP yang mahal hampir selalu bagus secara kualitas, namun mungkin “tidak bagus” karena harganya tidak ramah lingkungan.

Tapi apa memang tidak ada cara memilih HP yang bagus, berkualitas, namun tetap terjangkau? Sebenarnya kita bisa mendapatkan itu dengan menerapkan beragam tips di bawah.

Tentukan budget terlebih dahulu

Ketika melihat tampilan iPhone di media sosial atau di manapun, timbul hasrat dalam diri saya: keren kali ya kalau saya bisa punya satu. Tapi itu hanya menjadi sebatas keinginan lantaran saya belum cukup mampu untuk membelinya. Lebih dari itu, saya belum terlalu butuh sebuah iPhone.

Akhirnya saya tetapkan saja budget terlebih dahulu. Misal, saya punya 2 juta rupiah, HP apa saja yang bisa didapatkan dengan uang sebanyak itu? Saya cari tahu dan memilih satu di antaranya.

Menetapkan budget adalah salah satu cara yang dapat membantu Anda untuk memilih HP terbaik sesuai dengan kemampuan Anda. Yang perlu diingat, belilah sesuatu karena nilai dan kebermanfaatan, bukan semata karena gengsi dan sejenisnya.

Kenali prosesor yang baik

HP kekinian umumnya sudah mengusung chipset atau prosesor Octa Core untuk dapur pacunya. Ada beberapa vendor chipset ternama seperti Qualcomm dengan Snapdragon-nya, MediaTek dengan Helio, Exynos dari Samsung, dan lainnya.

Sebelum membeli sebuah HP, cari tahulah apa prosesor yang digunakan. Sebaiknya Anda tidak membeli HP yang klaim prosesor Octa Core tanpa menyebutkan jenis atau vendor chipset itu. Pasalnya, ketika Anda tahu apa chipset yang digunakan, misal MediaTek Helio G90T, Anda bisa mempelajarinya lebih jauh.

Selain itu, Anda juga bisa membandingkan performa chipset tersebut dengan chipset dari vendor lain yang berada di kelas yang sama.

Cermati ukuran RAM dan ROM

Bagus atau tidaknya sebuah smartphone juga bergantung pada perangkat memorinya. Pertama, ada RAM atau Random Access Memory yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi. Semakin tinggi angka RAM, maka akan semakin baik HP dalam melakukan tugas tunggal atau ganda (multitasking).

Lalu, apa bedanya dengan ROM?

ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory atau gampangnya media penyimpanan (storage). Ketika ROM besar, Anda bisa menyimpan lebih banyak berkas. Anda juga bisa memasang lebih banyak aplikasi dengan ROM yang besar itu. Apalagi sekarang data dari aplikasi-aplikasi sudah sangat besar.

Saran saya, pilihlah HP dengan minimal RAM 4GB dan ROM 64GB agar si HP punya usia pakai yang lebih panjang.

Cek resolusi dan kualitas kamera

Jangan lupakan kamera dari HP tersebut. Meskipun mungkin kamera tidak akan digunakan setiap saat, ia sangat berguna di saat tertentu. Entahkah itu mengabadikan momen atau melakukan dokumentasi.

Resolusi kamera yang rendah akan berdampak pada kualitas foto dan video yang rendah pula. Jadi sebaiknya pilih yang resolusinya cukup. Meskipun resolusi yang besar tidak selalu menghasilkan gambar yang bagus.

Ada juga fitur kamera dan sebagainya yang perlu kita perhatikan. Khusus tentang ini, saya sudah pernah menulis tentang memilih HP kamera yang bagus sebelumnya.

Utamakan HP dengan baterai besar

Kapasitas baterai yang besar agaknya juga menjadi sebuah standar bagus atau tidaknya sebuah HP saat ini. Umumnya HP kekinian memiliki baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Ada sih beberapa yang lebih dari itu, tapi setidaknya 4000 mAh sudah cukup baik.

Kapasitas baterai HP yang besar akan membantu Anda tetap terhubung dengan orang lain saat berada di luar rumah. Apalagi jika HP sering Anda gunakan untuk pekerjaan berat seperti bermain game, menonton, menelpon, dan lainnya.

Oh ya, sebaiknya juga pilih HP yang sudah mendukung fast charging agar pengisian daya tidak lama. Anda juga bisa menggunakan kabel data fast charging jika dibutuhkan.

Waspada dengan harga terlalu murah

Agar tidak tertipu oleh oknum penjual tidak bertanggung jawab, Anda juga perlu curiga pada harga jual yang murah meriah. Lakukanlah riset terhadap harga resmi sebuah HP, apalagi jika ia keluaran baru atau merk terkenal.

Saat harga resmi sebuah iPhone 13 adalah mulai 15 jutaan, tentu patut dicurigai jika ada yang menjualnya hanya 10 juta atau lebih rendah dari itu. Di samping itu, tidak sedikit juga produk HP android yang harga jualnya tidak masuk akal. Untuk amannya, sebaiknya tidak membeli yang seperti itu.

Memang ada beberapa HP tipe lama yang dijual dengan harga jauh lebih murah dari harga rilisnya dulu, tapi tentu teknologi software-nya sudah tertinggal.

Sekarang pilih mana, HP murah tapi kualitasnya meragukan atau HP yang harganya normal, keluaran terbaru dan aman?

Pilih merk terbaik

Cara terakhir untuk memilih HP yang bagus adalah memilih produk dari merk yang bagus atau terbaik. Ada cukup banyak merk HP terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan. Harga-harga produk mereka juga bervariasi, mulai dari segmen menengah ke bawah hingga flagship.

Untuk lebih amannya, belilah produk yang memiliki garansi resmi. Mungkin memang sedikit lebih mahal dari pada produk dengan garansi distributor, tapi klaim garansinya akan lebih mudah jika ada masalah selama masa garansi masih ada.

Jika Anda penasaran tentang apa saja merk HP terbaik dan awet itu, ajopiaman juga sudah pernah menuliskannya sebelumnya. Anda bisa membacanya jika berkenan.

Akhir kata, semoga Anda bisa menemukan HP terbaik untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Yuk, selalu cermat dalam membeli.

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *