10 Contoh Hak Asasi Manusia di Sekitar Kita

Sebagai seorang manusia, ada hak yang melekat pada diri kita semenjak kita dilahirkan ke dunia. Hak tersebut dinamakan hak asasi manusia yang disingkat dengan HAM. Apakah kamu pernah mendengarnya? Kalau pun pernah, mungkin masih banyak pertanyaan seputar HAM yang memenuhi pikiranmu. Sebagai misal, apa saja contoh hak asasi manusia di kehidupan sehari-hari dan sebagainya.

Kamu tidak perlu minder, sebab mencari tahu tentang hak kita adalah kewajiban dari diri kita. Ketika kita tahu bahwa kita memiliki hak tertentu, maka kita dapat memperjuangkannya. Terlebih jika ada orang lain yang berusaha mengganggu hak-hak kita.

Kali ini, saya ingin mengajak teman-teman untuk mengetahui beberapa contoh hak asasi manusia di sekitar kita. Mungkin setelah ini kamu bisa mendiskusikannya dengan teman sekelas atau bahkan keluargamu.

Contoh Hak Asasi Manusia di Kehidupan Sehari-hari

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendirian, bukan? Oleh karena itu, manusia mesti berinteraksi dengan manusia lainnya. Interaksi ini kadangkala membuka peluang seorang manusia untuk menciderai atau mengganggu hak manusia lainnya. Baik secara disengaja ataupun tidak. Namun ada kemungkinan hal itu terjadi karena manusia itu sendiri tidak tahu mengenai hak asasi.

Berikut ini beberapa contoh hak asasi manusia di kehidupan kita sehari-hari.

1. Kebebasan hidup dan perlakuan yang sama

Contoh HAM pertama adalah hak untuk hidup dengan bebas dan mendapatkan perlakuan yang sama. Ini sebenarnya dua hak, tapi tak bisa dipisahkan. Kebebasan hidup maksudnya setiap manusia berhak menjadi pribadi yang bebas, artinya tidak lahir sebagai budak yang dimiliki, diperjual belikan dan diperlakukan seenaknya. Di samping itu, setiap manusia di muka bumi juga berkah mendapatkan perlakuan yang sama.

Dua hak ini umumnya juga diatur di dalam undang-undang sebuah negara lho. Kalau di Indonesia, ini menjadi hak warga negara Indonesia yang diatur di dalam UUD 1945.

2. Menyampaikan pendapat

Sebagai seorang pribadi yang bebas, setiap manusia memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya tentang suatu hal. Hak ini biasanya ada pada negara demokrasi, namun meskipun demikian, tetap ada aturan-aturan baik tertulis atau tidak mengenai menyampaikan pendapat itu. Ya, agar pendapat kita tidak menciderai hak orang lain pula.

3. Hak atas privasi

Contoh hak asasi manusia lainnya adalah hak atas privasi. Hak ini maksudnya adalah setiap manusia memiliki hak untuk dijaga privasi atau sesuatu yang berkenaan dengan dirinya. Dia berhak untuk tidak mendapatkan gangguan dari orang lain dan sebagainya.

4. Kebebasan bergerak

Hak asasi manusia juga mengatur agar seseorang bisa bergerak bebas ke manapun ia suka lho. Misalnya ia ingin pergi ke daerah lain, ia tidak boleh dicegah. Kecuali, kalau seseorang itu adalah orang yang telah melakukan kejahatan tertentu sehingga harus dilakukan penahanan baginya. Baik itu tahanan di rumah tahanan, maupun tahanan kota, provinsi dan negara.

5. Hak menikah dan berkeluarga

Contoh HAM lainnya adalah hak untuk menikah dan berkeluarga. Setiap orang berhak untuk membangun keluarganya sendiri melalui ikatan pernikahan yang sah. Negara harus memfasilitasi warganya untuk hal ini. Dan beruntung, UUD 1945 mengatur hak yang satu ini sehingga warga negara Indonesia bisa menikah dengan mudah di kantor urusan agama.

6. Kebebasan beragama dan berpikir

Kebebasan beragama dan berpikir juga termasuk salah satu contoh dari hak asasi manusia lho. Artinya setiap manusia berhak untuk memeluk agama apapun. Sehingga ketika ada kasus di suatu belahan bumi di mana penganut agama tertentu ditindas, itu berarti hak asasi manusianya tengah diganggu. Di samping itu, setiap manusia juga berhak atas kebebasan berpikir sehingga tidak bisa diatur-atur oleh siapapun juga.

7. Jaminan sosial

Contoh hak asasi manusia di kehidupan sehari-hari lainnya adalah mendapatkan jaminan sosial. Negara dan komunitas internasional mesti memberikan hak ini bagi siapapun di teritori atau wilayah mereka tanpa membedakan suku, agama, ras dan antar golongan.

8. Hak atas pendidikan

Setiap manusia juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Baik itu pendidikan formal, pendidikan non-formal hingga pendidikan informal. Tidak hanya itu, seseorang yang secara fisik memiliki keterbatasan atau disabilitas pun berhak mendapatkan pendidikan melalui pendidikan inklusif dari negara.

9. Hak menjadi pegawai negeri sipil (PNS)

Satu contoh HAM lainnya adalah hak untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS)–kini disebut sebagai aparatur sipil negara (ASN). Di beberapa periode tertentu negara kita membuka peluang pendaftaran CPNS, meskipun kuotanya tidak seberapa, setiap warga negara berhak untuk ikut serta atau mendaftar di seleksi itu terlepas dari apapun alasan menjadi PNS nya.

10. Meningkatkan kualitas hidup

Hak terakhir yang kita bahas di artikel ini adalah hak untuk meningkatkan kualitas hidup. Hak ini berkaitan dengan sektor ekonomi. Artinya, setiap manusia berhak ikut serta dalam perekonomian, baik sebagai pekerja, pedagang dan sebagainya. Pekerjaan-pekerjaan tersebut ditujukan sebagai usaha agar seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya hingga meningkatkan kualitas hidup.

Nah, itulah beberapa contoh hak asasi manusia di kehidupan sehari-hari yang bisa saya bagikan. Sebenarnya banyak lagi contoh lainnya, tapi saya hanya menuliskan yang sekiranya dekat dengan kehidupan kita. Adapun jika kamu mau menambahkan contoh HAM itu, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya.[]

Tinggalkan komentar

error: