Home » 7 Jenis Buku Binder yang Cocok untuk Kuliah

7 Jenis Buku Binder yang Cocok untuk Kuliah

jenis jenis buku binder

Ketika duduk di bangku S1 dulu, saya suka menggunakan buku binder sebagai media untuk mencatat materi yang diajarkan dosen. Selain karena isi binder atau kertas loose leaf yang bisa diganti-ganti, binder juga bisa diberi pembatas yang bisa memisahkan catatan satu mata kuliah dengan lainnya. Buku binder itu simpel dan portabel. Ia juga dapat memenuhi selera fashion karena ada banyak jenis buku binder yang cocok untuk kuliah.

Sebenarnya tidak hanya untuk kuliah sih, bagi Anda yang pengen punya catatan harian, binder juga jadi buku yang layak untuk Anda pilih. Jika Anda bingung mau pilih buku binder yang mana, setelah ini kita akan ulas macam-macam buku binder. Yuk disimak.

Apa Itu Buku Binder?

Sebelum kita melanjutkan bahasan, agaknya kita perlu menjelaskan nih, tentang apa itu buku binder. Jika kita artikan kata binder, ia bisa berarti alat untuk menjilid atau menggabungkan kertas, buku, majalah dan sebagainya. Dengan demikian, buku binder adalah buku yang dapat menggabungkan beberapa kertas isi yang mana dapat ditukar dan diisi ulang.

Kegunaan buku binder itu hampir sama dengan buku lainnya, hanya saja saat menggunakan buku binder, seseorang menjadi lebih mudah dalam mengarsip catatan dan menggunakan satu buku untuk mencatat berbagai keperluan. Buku binder ini berguna untuk semua kalangan, tidak hanya pelajar dan mahasiswa, kalangan umum pun bisa menggunakannya.

macam macam buku binder

Nah, karena bahasan kita tentang kuliah, tentu kamu juga bertanya kenapa kuliah menggunakan binder? Perkuliahan akan lebih mudah dengan menggunakan binder karena tidak perlu membawa banyak buku catatan ke kelas. Anda cukup menulis di lembar terpisah, setelah kuliah selesai, Anda bisa menyatukan dan mengarsip catatan sesuai mata kuliah yang sama. Selain itu, ketika kertas isi binder habis, kita bisa menggantinya dengan mudah.

Jenis-jenis Buku Binder

Buku binder merupakan sebuah buku catatan yang fashionable dan portable. Alasannya karena banyak jenis buku binder yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda sebagai mahasiswa. Jika Anda adalah anak kuliah yang bingung dalam memilih binder, berikut jenis-jenis buku binder yang bisa Anda pilih.

Binder A5 20 Ring

Binder ini adalah binder yang paling umum dan mudah ditemukan. Ukurannya A5 atau setengah dari A4, tepatnya 14,8 x 21 cm. Ukuran ini bisa muat di dalam tas yang berukuran sedang. Jika Anda membutuhkan binder A5, produk yang tersedia di pasaran umumnya yang memiliki 20 ring atau cincin. Cincin-cincin yang bisa dibuka dan ditutup untuk mengeluarkan dan menambah isi binder itu.

Kelebihan dari binder 15 20 ring ini adalah ketersediaannya yang banyak. Anda bisa dengan mudah menemukannya di toko-toko fotokopi kok, namun jika ingin membeli secara online juga tidak masalah. Binder jenis ini sangat cocok untuk catatan kuliah.

Saya ketika kuliah dulu juga pakai binder ukuran segini nih. Di Shopee, harganya mulai dari 15 ribu saja. Kalau tidak percaya, klik saja link di bawah.

Cek harga di Shopee

Binder A5 6 Ring

Secara ukuran, binder ini sama dengan yang sebelumnya, hanya saja jumlah cincinnya hanya 6 buah. Binder A5 6 ring ini cukup fancy, namun Anda mungkin agak kesulitan mencari loose leaf 6 lubang di toko offline. Namun tenang saja, di toko online banyak kok.

Kelebihan dari binder ini adalah bentuknya yang lebih menarik dan unik. Selain itu, karena jumlah cincin yang hanya 6 buah, Anda bisa membuat isi binder secara kustom sehingga tidak seperti loose leaf yang ada di pasaran. Meskipun binder jenis ini lebih cocok untuk jadi catatan pribadi, tapi tidak ada salahnya untuk dipakai kuliah kok.

Loose leaf 6 lubang juga tidak terlalu sulit ditemukan di pasaran, khususnya di toko online. Harganya mulai 19 ribuan.

Cek harga di Shopee

Binder B5

Ukuran B5, menurut saya, adalah ukuran binder terbaik untuk kuliah. Pasalnya ia lebih besar dari A5, namun lebih kecil dari A4. Binder B5 biasanya memiliki 26 ring atau cincin, tapi ada juga kok yang 6 ring.

Ukuran B5 ini adalah 17,6 x 25 cm, masih sangat muat jika dalam ransel atau dalam tas laptop. Yah, walau pun mungkin agak kebesaran untuk diletakkan di dalam tas samping wanita.

Kelebihan dari binder B5 adalah ukurannya yang cukup baik untuk catatan mata kuliah hitung-hitungan atau mata kuliah yang memutuhkan ruangan yang besar untuk mencatat. Harganya mulai dari 20 ribuan saja.

Cek harga di Shopee

Binder A6

Binder A6 cukup kecil dan mudah dipegang oleh tangan. Bagaimana tidak, ukurannya hanya 10,5 x 14,8 cm–lebih lebar sedikit dari ponsel pintar zaman sekarang. Binder jenis ini mini dan imut–itulah kelebihannya.

Hanya saja, ini tidak cocok jika untuk catatan kuliah karena sudah pasti akan menghabiskan banyak kertas. Binder A6 lebih cocok untuk catatan harian atau buku janji dan to-do-list alias buku agenda. Kalau buat catat agenda atau jadi assignment tracker sangat cocok.

Harga binder ini mulai dari 20 ribuan. Kok lebih mahal? Ya, karena binder ini biasanya tipe fancy atau dibuat khusus begitu.

Cek harga di Shopee

Binder Transparan

Jika sebelumnya kita bicara tentang jenis buku binder berdasarkan ukuran, kali ini kita beranjak ke desain. Binder transparan adalah jenis binder yang lebih unik dari binder biasa. Yang saya maksud dengan binder biasa adalah yang memiliki cover yang sudah baku. Nah, kalau binder transparan ini tidak ada gambar di cover-nya. Anda bisa membuat gambar sendiri baik di halaman pertama, atau menyelipkan gambar di belakang cover.

Kelebihan dari binder transparan adalah tingkat kustomisasi dan personalisasi yang baik sehingga Anda bisa memiliki binder yang sesuai dengan keinginan Anda.

Cek harga di Shopee

Binder Kulit

Binder kulit adalah binder yang bahan cover-nya adalah kulit. Umumnya dari kulit sintetis dan memiliki warna tertentu. Cover binder kulit biasanya memiliki ruang-ruang seperti dompet di bagian belakangnya. Hal ini membuat Anda bisa menyelipkan kartu dan hal lain di kantong atau ruang itu.

Kelebihan dari binder kulit adalah tampilannya yang elegan. Cover-nya juga lembut dengan sudut yang tidak runcing sehingga aman untuk digunakan.

Cek harga di Shopee

Binder Custom

Jenis buku binder yang terakhir adalah binder custom atau kustom. Anda bisa mengkustomisasi binder satu ini sesuai keinginan Anda. Pembeli umumnya mengkustomisasi bagian cover-nya. Mulai dari bahan hingga desain cover. Binder ini bisa berukuran A5 atau B5. Seperti halnya binder transparan dan binder kulit, karena binder custom adalah jenis binder berdasarkan desainnya, jadi ia cocok-cocok saja untuk kuliah.

Cuma karena bindernya dibuat kustom, Anda harus melakukan pre-order atau pra pesan binder tersebut dan butuh beberapa hari hingga bindernya selesai diproduksi. Jika berminat dengan jenis binder satu ini, di bawah saya sertakan link ke penjual di Shopee.

Cek harga di Shopee

Nah, dari jenis-jenis buku binder di atas, kira-kira mana yang Anda sukai untuk dijadikan catatan kuliah? Yang penting ukurannya cocok untuk dipakai sebagai catatan materi kuliah yang bejibun. Kalau desain mah sesuai selera masing-masing. Iya, nggak?

Baca juga :

Akhir kata, semoga artikel sederhana tentang jenis-jenis buku binder untuk kuliah ini bisa membantu Anda menemukan buku catatan terbaik untuk menemani perkuliahan Anda. Berbagai kegunaan dan manfaat dari buku binder menjadikan buku satu ini sangat cocok bagi mahasiswa atau anak kuliah. Jadi, siap untuk menemukan binder terbaik untukmu? Semoga beruntung.

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *