7 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal

Saat mungkin sudah tahun terakhir kamu di sekolah menengah atas, kamupun sudah merencanakan untuk melanjutkan pendidikan ke universitas tertentu. Tapi nyatanya memilih universitas atau kampus tidaklah sesulit menentukan program studi atau jurusan. Saking sulitnya, kamu jadi mesti mencari tahu cara memilih jurusan kuliah di internet.

Benar atau betul?

Tidak perlu malu, karena itu bukan aib ataupun masalah. Itu menjadi bukti bahwa kamu sedang merencanakan masa depanmu depan matang. Pendidikan di kampus bisa jadi adalah pendidikan yang akan menentukan kehidupanmu setelahnya. Oleh karena itu, kamu tentu harus bisa menjalaninya dengan baik, bukan? Agar bisa mencapai itu, semuanya dimulai dari menentukan jurusan kuliah tadi.

Oke, tanpa memperpanjang pembukaan lagi, mari disimak beberapa cara menentukan jurusan kuliah versi Ajo Piaman.

Cara Memilih Jurusan Kuliah di Kampus

Tidak hanya kamu, saya pribadi pun dulu bingung dalam memilih jurusan kuliah saya. Bagaimana tidak, saya yakin bahwa pendidikan tinggi itu pasti lebih sulit dari sekolah, dan saya ingin menjalaninya dengan baik. Oleh karena itu saya mesti memilih jurusan kuliah yang cocok dan tepat bagi saya.

Jika kamu juga memikirkan hal yang sama. Beberapa cara di bawah ini sangat direkomendasikan untuk kamu coba.

Mulailah dari Mempertimbangkan Minat dan Bakat

Setiap orang pasti memiliki minat dan bakat pada hal-hal tertentu. Kedua hal ini saling mendukung dalam menciptakan kecenderungan diri kita akan suatu hal. Keduanya juga bisa menjadi pertimbangan pertama kamu dalam menentukan jurusan kuliah yang ingin diambil.

Coba pikirkan dulu, dari semua pelajaran di sekolah, mana pelajaran yang paling kamu sukai? Kamu bisa memulai dari sana.

Saya pribadi menyukai fisika ketika saya SMA, alhasil saya akhirnya memilih jurusan teknik mesin sebagai tujuan kuliah saya.

Jika kamu kesulitan dengan menentukan pelajaran apa yang disukai, kamu juga bisa melihat bakat alamimu. Entahkah itu hitung-hitungan, berdagang, berkomunikasi dengan orang lain dan sebagainya. Selain itu, hobi juga bisa jadi parameter pertimbangan kamu.

Buatlah Daftar Jurusan yang Cocok

Dengan pertimbangan minat dan bakat di atas, kamu bisa membuat daftar yang berisi beberapa jurusan yang cocok dengan kepribadian kamu. Setelah semuanya terkumpul, kamu bisa membuat urutan prioritasnya. Ini penting lho, agar kamu punya alternatif ketika tidak bisa mendapatkan yang pertama atau sebelumnya. Selain itu, daftar jurusan yang sudah dibuat akan sangat membantu dalam mengisi pilihan pada SNMPTN atau SBMPTN.

Oh ya, jangan cukupkan dengan membuat daftar saja. Kamu juga bisa mencari tahu lebih lanjut tentang jurusan-jurusan kuliah yang ada dalam daftar kamu tadi. Bisa lewat internet, atau bisa bertanya pada orang-orang yang pernah/sedang kuliah di jurusan tersebut.

Cari Tahu Juga Peluang Kerja Lulusannya

Ketika memilih jurusan teknik mesin dulu, saya juga memikirkan peluang kerja teknik mesin. Info tentang itu penting banget buat saya biar saya punya gambaran mau ngapain setelah tamat. Dan lagi, tujuan kita kuliah tentu agar bisa bekerja, mendapati penghidupan yang layak serta membahagiakan orang tua dan keluarga pada umumnya, bukan?

Cara memilih jurusan kuliah dengan mempertimbangkan peluang kerja menurut saya harus banget kamu coba. Kenapa? Karena biaya kuliah itu mahal, makanya jangan sampai nanti setelah lulus malah susah dapat kerja.

Jangan Abaikan Cita-citamu

Sedari kecil kita diajari untuk menentukan dan memelihara cita-cita, meskipun ada kalanya cita-cita kita berubah seiring waktu berlalu. Cita-cita itu juga bisa jadi pertimbangan kamu dalam memilih jurusan kuliah di kampus. Coba ingat-ingat lagi, entah itu ingin jadi dokter. Atau ingin jadi programmer yang bisa mengembangkan beragam perangkat digital seperti asisten virtual dan sebagainya.

“Tapi saya gak punya cita-cita, Da”

Kalau begitu katamu, cari dan tentukan sekarang! Maaf, agak ngegas.

Perhatikan Peluang untuk Diterima

Jurusan kuliah favorit sudah barang tentu memiliki persaingan yang tinggi. Jika kamu punya kemampuan dan percaya diri bisa bersaing, silakan ambil dan perjuangkan. Tapi jika tidak, mungkin kamu bisa memikirkan alternatif pilihan yang peluang untuk diterimanya lebih tinggi.

Kamu bisa melihat daya tampung, kemudian jumlah pendaftar sebelumnya dan sebagainya. Jika menurutmu peluang untuk diterima lebih besar, ambil saja. Oh ya, jurusan yang sama bisa berbeda peluang diterimanya kalau kampusnya berbeda. Nah, kalau kamu memilih jurusan favorit di kampus favorit, siapkan mentalmu karena kamu akan bersaing dengan orang-orang hebat dari seluruh Indonesia.

Minta Pendapat Orang Terdekat dan Berpengalaman

Tanpa terasa, kita sudah sampai di dua poin terakhir dalam artikel cara memilih jurusan kuliah ini. Apakah kamu sudah mendapatkan banyak wawasan hingga saat ini? Saya berharapnya iya, agar tulisan ini bisa bermanfaat buat kamu.

Tapi wawasan yang kamu terima dari artikel ini belumlah cukup. Dalam menentukan jurusan kuliah, kamu juga perlu meminta pendapat orang-orang di sekitar kamu. Seperti keluarga yang merupakan orang terdekat kamu. Selain itu juga bisa bertanya pada orang yang berpengalaman. Kalau ada keluargamu yang berpengalaman, akan lebih baik lagi.

Berdoalah pada Tuhan Yang Maha Menentukan

Poin terakhir tapi teramat penting adalah menyerahkan keputusannya pada Tuhan Yang Maha Esa. Saat kamu sudah berjuang memikirkan dan mempertimbangkan jurusan kuliah yang kamu inginkan. Tidak ada hal lain yang bisa dilakukan selain berdoa kepada-Nya agar kamu diberikan ketetapan terbaik.

Sebuah doa juga akan membantu kamu berpikir positif dan tetap kuat meski pada akhirnya kamu belum diterima di jurusan yang kamu inginkan, atau bahkan belum lulus tes. Jujur, waktu masuk kuliah S1 dulu, saya diterima di pilihan kedua. Awalnya saya kecewa, tapi setelah saya jalani dengan sebaik mungkin, saya justru jadi bersyukur.

Nah, itulah beberapa cara memilih jurusan kuliah yang bisa kamu praktekkan juga. Bagaimana menurutmu? Jika kamu terbantu oleh artikel ini, kamu bisa membagikannya agar lebih banyak yang terbantu. Terima kasih banyak sudah membaca. Semoga kamu bisa kuliah di jurusan terbaik yang bisa mengantarkan kamu pada kesuksesan di masa depan.[]

Tinggalkan komentar

error: