Lompat ke konten
Home » Lebih Bagus Vivo, OPPO, atau realme? Pertimbangkan Hal Ini

Lebih Bagus Vivo, OPPO, atau realme? Pertimbangkan Hal Ini

pilih oppo vivo atau realme

Salah satu hal yang bisa menggelayuti pikiran kita saat ingin memilih HP yang bagus adalah apa merk terbaik di antara yang terbaik. Pun jika dana kita banyak, tentu tidak baik membeli produk dari setiap brand yang ada. Sehingga memang harus dipilih, harus dipertanyakan mana yang lebih bagus Vivo, OPPO, atau realme?

Terkait tiga merk tadi, nyatanya mereka bernaung di perusahaan induk yang sama, yaitu BBK Electronics. BBK merupakan perusahaan multinasional yang berbasis di Guangzhou, Tiongkok.

Jadi terlepas dari merk mana yang akan Anda pilih dari ketiganya, Anda tetap membeli HP Cina. Eh, jangan emosi dulu, saya pun pengguna salah satu dari 3 brand tadi. Bagaimana kalau kita ulas lebih lanjut?

Tentukan parameter perbandingan

Sebelum kita lanjut pada pembahasan, kita mesti tahu dulu bahwa setiap brand di bawah BBK tadi tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya menduga motif BBK membuat 3 merk HP tersebut adalah untuk menjangkau pasar di berbagai segmen.

Sebagai pengguna realme, saya tidak mengatakan produk OPPO dan Vivo itu buruk. Atau mengatakan realme 100% lebih baik dari keduanya. Penilaiannya sangat relatif dan bergantung pada parameter yang kita tentukan.

Oleh karena itu, kita perlu nih tentukan parameter agar bisa dapat jawaban apakah harus pilih OPPO, Vivo, atau realme. Berikut parameter yang akan kita ulas:

  • Brand image
  • Varian smartphone
  • Harga smartphone
  • Spesifikasi
  • Kualitas kamera

Kemudian, saya juga perlu memberikan sanggahan nih. Artikel ini semata opini dari saya, jadi Anda boleh setuju atau tidak dengan argumentasi atau penjelasan saya nantinya.

Perbandingan OPPO, Vivo, dan realme

Tanpa berpanjang mukadimah lagi, mari kita bahas poin per poin dari parameter tadi agar kita tahu mana yang lebih bagus Vivo, OPPO, atau realme dari sudut pandang tertentu.

Brand image

Oleh karena yang diperbandingkan adalah brand, tentu sebaiknya kita mulai dari brand image atau citra mereknya. Di antara OPPO, Vivo, dan realme, yang lebih baik soal ini tentu OPPO.

Kampanye branding OPPO lebih ambisius dengan menggandeng artis-artis papan atas tanah air. Di awal-awal kemunculannya, OPPO juga sering beriklan di TV Indonesia. Menurut saya hal ini wajar, brand asal Tiongkok ini dikenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2013.

Pada saat itu, tren HP android memang belum sepopuler sekarang. Sebagai yang lebih dahulu masuk ke pasar Indonesia ketimbang Vivo dan realme, OPPO harus head to head dengan brand besar seperti Samsung. Sehingga, OPPO menjadi alternatif pilihan HP Android yang bagus selain Samsung.

Varian

Pada awalnya, OPPO memiliki banyak varian atau seri. Sebut saja OPPO A series, F series, Find X, hingga Reno. OPPO juga memiliki seri di semua segmen, mulai dari entry hingga flagship. Namun belakangan, dua seri OPPO yang tampaknya lebih diunggulkan adalah OPPO Reno dan OPPO A series.

Sedangkan Vivo hadir dengan seri ponsel Vivo Y, Vivo V, dan Vivo X. Y series sendiri merupakan varian termurah yang cocok untuk pemula. Sementara V untuk kalangan menengah dan X untuk seri flagship-nya. Namun sayangnya, varian ponsel flagship Vivo masih terbatas.

Lalu bagaimana dengan realme?

Di Indonesia, realme hadir dengan varian realme C untuk entry level, kemudian realme seri utamanya (sebenarnya tanpa seri hanya nomor di belakang brand “realme”), serta narzo series yang ditujukan untuk pemain game. Sejauh pengamatan saya, realme belum mempunyai seri flagship. Hal ini wajar lantaran realme adalah HP budget atau HP yang unggul di sektor harga.

Kualitas kamera

Selanjutnya kita beranjak ke sektor kualitas kamera. Bagian ini sebenarnya relatif, hanya saja ada kepercayaan di tengah konsumen bahwa kamera OPPO lebih baik dari kamera Vivo dan realme.

Beberapa varian di seri kelas atas OPPO tentu memiliki fitur kamera yang bagus. Hanya saja, Anda tidak perlu memikirkan hal ini lebih dalam jika hanya menggunakan kamera untuk mengabadikan momentum.

Namun jika Anda adalah seseorang yang berminat dalam smartphone photography, tidak ada salahnya memilih seri terbaik HP OPPO dengan kualitas dan fitur kamera di atas standar.

Spesifikasi

Soal spesifikasi, baik OPPO, Vivo, dan realme memilihkan dapur pacu yang tepat sesuai dengan harga produk. Sebagai vendor HP budget, realme belakangan ini lebih memilih untuk menggunakan chipset Helio dari Mediatek atau Unisoc (untuk seri entry level, konon chipset Unisoc memang lebih murah).

Sementara itu, Vivo menggunakan chipset Helio (Mediatek) untuk ponsel entry level dan Snapdragon (Qualcomm) untuk seri menengah ke atas. Chipset Snapdragon dinilai lebih baik dibandingkan dengan beragam chipset lainnya.

OPPO juga melakukan hal yang sama dengan Vivo. Well, memang agak sulit mendetailkan perbandingan spesifikasi antara satu vendor dengan vendor lainnya. Soalnya ini juga berkaitan dengan harga.

Harga

Terakhir, dan mungkin merupakan bahasan yang paling “seksi” yaitu soal harga. Secara umum, saya berani mengatakan bahwa ponsel realme lebih murah dibandingkan 2 kakaknya itu–OPPO dan Vivo. Namun biar lebih jelas, mari kita ambil contoh produk dari masing-masingnya.

Kita fokuskan pada ponsel entry level dari ketiganya, maka kita bisa membandingkan 3 produk ini:

Dengan harga yang lebih murah, realme menawarkan ponsel dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Mereka berani memberikan RAM 4GB dan ROM 64GB. Soal ini memang realme tidak ada lawan. Namun bagaimana dengan chipset dan spesifikasi lainnya?

Soal prosesor, realme C21Y baru menggunakan Unisoc T610, sedangkan OPPO A16 tampil dengan Helio G35, dan Vivo Y15s hadir dengan Helio P35.

Di atas kertas, performa Unisoc T610 lebih baik dari Helip G35 dan Helio P35 (dari skor benchmark AnTuTu). Kemampuan gaming prosesor tersebut juga lebih baik. Namun frekuensinya masih di bawah kedua seri MediaTek Helio tadi.

Prosesor Unisoc T610 juga memiliki nilai TDP yang lebih tinggi, gampangnya ia bisa lebih mudah panas ketimbang prosesor yang digunakan oleh OPPO dan Vivo tadi. So, secara harga dan performa, realme memang lebih unggul. Tapi selalu ada yang “dikorbankan” untuk menekan harga produksi, bukan?

Jika Anda penasaran, ajopiaman juga pernah menulis tentang alasan mengapa realme lebih murah dari OPPO di artikel yang lain.

[Sekilas info] Jika Anda sedang mencari HP dengan teknologi 5G, Vivo punya unit yang laris dengan spesifikasi mumpuni. Yaitu Vivo T1 5G dengan memori 8/128GB. Ada banyak fitur unggulan dari produk ini. Anda bisa cek di sini: Vivo T1 5G.

Mana yang Harus Dipilih?

Setelah semua penjelasan di atas, mungkin Anda bertanya-tanya: mana yang sebaiknya dipilih? Dalam menjawab pertanyaan ini, saya tidak akan panjang-panjang.

Jika Anda memiliki budget terbatas namun menginginkan smartphone dengan kapasitas memori yang besar. Produk realme cocok untuk Anda pilih. Selain kapasitas memori yang besar, ponsel mereka juga cukup kuat untuk Anda pakai gaming tipis-tipis. Jika ingin yang performa gaming lebih baik, pilihlah seri tertinggi atau narzo series.

Namun jika Anda menginginkan ponsel branded biar tidak malu dianggap menggunakan HP murah, maka pilihlah produk OPPO. Brand image OPPO lebih baik dari 2 brand lainnya yang seatap itu. Meskipun seri yang Anda pilih yang termurah, tetap saja HP OPPO lebih berkelas.

Lalu, brand Vivo cocok untuk Anda yang ingin yang sedang-sedang saja. Tidak terlalu murah dan tidak mahal juga. Brand image Vivo cukup baik, meskipun varian HP nya terbatas.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan produk dari merk HP terbaik dan awet lainnya. Saran ajopiaman, telitilah dan renungkanlah dengan baik produk manapun yang akhirnya Anda beli.

Jadi, lebih bagus Vivo, OPPO, atau realme? Jawabannya tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda mau mengecek harganya, di bawah saya sudah sertakan link untuk melihatnya di Shopee, silakan diklik jika berkenan. Akhir kata, terima kasih sudah membaca.

Cek harga HP Vivo Cek harga HP OPPO Cek harga HP realme

Bagikan yuk:

14 tanggapan pada “Lebih Bagus Vivo, OPPO, atau realme? Pertimbangkan Hal Ini”

  1. Selalu melihat budgetnya dulu beli hape teh, tpi pengen spesifikasi yang bagus juga…haha, di situ suka galau deh

  2. Wah informasinya menarik sekali ka, selama ini saya kalau beli hape tergantung budget dan ram agar tidak lemot ketika browsing

  3. Saya pernah pakai Vivo dan Oppo. Perbandingan2 di atas beneran saya rasakan untuk kedua merk hp tersebut. Realme saya belum pernah pakai, tapi orang2 di sekitar cukup banyak sih yang pakai merk hp ini.

  4. Kalau menurut aku sih bagaimana cara pemakaian nya,kalau Oppo lebih terkenal gak kalah dalam kawan kamera nya bagus tajam

  5. *Kalau menurut anasih tergantung orang nya aja pakai tapi lebih bagus Oppo sebab hp nya lebih tren gitu gak kalah dalam kawan*

  6. Iya Kak, memang OPPO lebih tren atau brand nya lebih oke dibanding Vivo dan realme. Trims sudah mampir dan berkomentar Kak 😀

  7. Untuk kelas HP murah 2 jutaan sy beli HP Oppo A3s, untuk keluaran belakangan A5s A12 itu kurang kuat sinyal untuk daerah lemah sinyal seperti di kampungku, tapi kamera sangat bagus dibanding Vivo yg 2 juta lebih padahal sama saja 13mp.
    Untuk tahan banting dan lempar Oppo Insya Allah karena sy sudah praktek untuk 2 merk Oppo 🤭

  8. Dibanding adiknya (vivo dan realme), HP OPPO memang lebih bagus kualitasnya Kak. Cuma ya harganya lebih mahal sedikit. Omong-omong, terima kasih banyak sudah berkomentar dan menceritakan pengalamannya 😀

  9. ramliwae754@gmail.com

    menurut saya realme yg jauh kebih murah tpi bagus kualitas nya . ketimbang kita beli yg mahal . buat apa kalau ada yg murah tpi gooddd

  10. Iya Mbak, harganya murah, performanya bagus, paling tidak memenuhi kebutuhan kita akan smartphone. Saya juga pengguna realme

  11. OPPO itu memang bagus, kameranya paling juara dibanding vivo dan realme. Tapi berhubung kebutuhan saya bukan disitu, saya pilih realme karena dengan harga realme yg setara oppo bisa dpt yg lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *