Lompat ke konten
Home » 7 Manfaat Bermain Congklak Bagi Anak Maupun Dewasa

7 Manfaat Bermain Congklak Bagi Anak Maupun Dewasa

manfaat bermain congklak

Suatu hari saat saya berkunjung ke rumah tante saya, ia dengan bangga menunjukkan bahwa ia memiliki sebuah congklak plastik yang kerap ia mainkan dengan anaknya. Melihat itu saya jadi teringat masa-masa kecil dulu, ketikas saya bermain congklak dengan adik ataupun tetangga. Anda sendiri, pernah tidak main congklak? Usut punya usut, ternyata manfaat bermain congklak itu banyak juga lho.

Tidak terbatas untuk anak-anak lho, congklak juga bermanfaat bagi orang dewasa. Tentu manfaat selain bisa bernostalgia dengan masa kecil.

Sama halnya dengan permainan yang lebih modern, seperti permainan puzzle rubik yang bermanfaat, meskipun congklak adalah permainan tradisional tapi ia memiliki berbagai manfaat yang akan kita ulas setelah ini. Namun sebelum itu, mari kita bahas tentang apa itu congklak terlebih dahulu. Namun jika Anda ingin membaca langsung ke manfaatnya, silakan gunakan daftar isi di bawah ini.

Apa Itu Congklak?

Congklak adalah permainan papan tradisional dengan dua orang pemain yang bertugas mengisi lubang-lubang dengan biji congklak yang dapat berupa cangkang kerang, biji-bijian sampai batu-batu kecil. Jumlah lubang pada congklak terdiri dari 14 lubang kecil dan 2 lubang besar dengan masing-masing 7 lubang kecil dan 1 lubang besar untuk kedua pemain.

Pemain akan secara bergantian memindahkan biji congklak dari satu lubang ke lubang lainnya secara berlawanan arah jarum jam. Masing-masing pemain memiliki satu lumbung (lubang besar) yang dapat digunakan sebagai tempat menyimpan biji.

Pemain yang dapat giliran putaran dapat memilih menjalankan biji conglak di lubang tertentu. Putaran tersebut berakhir jika biji berhenti pada sebuah lubang kecil yang kosong. Jika biji berhenti pada lubang besar (lumbung) pemain tersebut maka ia dapat memilih kembali biji di lubang lainnya di sisinya.

Asal Usul Congklak

Omong-omong tentang congklak, permainan tradisional satu ini bisa memiliki nama yang berbeda di berbagai daerah. Di daerah saya sendiri, Sumatera Barat, disebut sebagai Congkak. Nama Congklak lebih sering disebut di Jawa, tetapi di samping itu permainan ini juga disebut sebagai Dakon di daerah Jawa. Lebih lanjut nih, ternyata congklak juga merupakan permainan tradisional di Malaysia dan disebut sebagai Congkak.

“Malaysia mencuri permainan tradisional kita kah?”

Jika ada yang berpikiran seperti itu, mungkin mereka hanya belum tahu bahwa permainan congklak atau yang serupa dengannya adalah permainan papan tradisional yang terkenal di dunia. Dalam bahasa Inggris sendiri permainan ini disebut Mancala.

Congklak adalah salah satu permainan tertua di dunia yang berasal dari Arab dan diperkirakan masuk ke Asia sekitar 1640. Sebarannya hampir merata di Asia lho, di Filipina disebut dengan Cunkayan sedang di Srilanka namanya Canka. Jadi sebenarnya congklak bukan permainan asli dari Indonesia ya. Tapi mungkin memang sudah disesuaikan dengan budaya lokal.

Dan terlepas dari sejarah congklak ini, ada banyak manfaat bermain congklak yang bisa Anda atau anak-anak dapatkan lho. Saya tuliskan di bawah.

Permainan mancala, salah satu kerabat congklak

Manfaat Bermain Congklak

Sebagai permainan tradisional, congklak memiliki berbagai manfaat yang bisa menunjang kehidupan masyarakat modern. Meski congklak umumnya dimainkan oleh anak-anak, orang dewasa pun tidak ada salahnya untuk memainkan permainan ini lho. Berikut beberapa manfaat bermain congklak untuk anak dan orang dewasa.

Melatih kemampuan berhitung

Ketika anak bermain congklak, kemampuan pertama yang akan terlatih adalah kemampuan berhitung. Kemampuan berhitung sudah dibutuhkan bahkan sejak mengatur biji congklak sebelum permainan dimulai. Setelah permainan dimulai pun anak bisa menghitung isi biji congklak di setiap lubang baik sebelum atau sesudah putaran mereka.

Melatih kemampuan analisa

Manfaat bermain congklak selanjutnya adalah melatih kemampuan analisa. Tujuan permainan congklak tentu untuk mencapai kemenangan. Pemain yang berhasil mengumpulkan lebih banyak biji congklak di lumbung mereka adalah pemenangnya. Oleh karenanya, pemain perlu menganalisa langkah agar mendapatkan kemenangan.

Mengasah kemampuan interaksi

Congklak adalah permainan yang harus dilakukan oleh dua orang pemain. Sama halnya dengan catur, pemain yang satu harus berinteraksi dengan pemain lainnya. Proses ini menunjang terasahnya kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi antar pemain. Jika pemain itu adalah dua orang anak, permainan congklak akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi mereka.

Meredakan stres

Permainan congklak juga dapat meredakan atau mengurangi stres. Tidak mesti ketika Anda berhasil memenangkan permainan, jika permainan dilakukan dengan senang hati, stres lambat laun akan berkurang. Itu akan cukup membantu menyegarkan kembali pikiran Anda yang sudah sibuk bekerja. Stres yang berkurang juga akan mengurangi resiko Anda terserang penyakit.

Meningkatkan kesabaran

Salah satu manfaat terbesar bermain congklak yang saya pribadi rasakan adalah saya bisa melatih kesabaran. Terutama jika lawan main saya adalah orang yang cerdas dalam permainan ini. Satu putarannya bisa menghabiskan puluhan biji congklak, saya terpaksa memenung menunggu gilirannya berakhir. Namun bagi orang dewasa agaknya itu hal biasa ya, tapi bagi anak-anak latihan kesabaran ini sangat luar biasa.

Belajar memahami aturan

Salah satu manfaat bermain congklak yang sangat mendasar bagi anak adalah mengajarkan mereka untuk memahami dan mematuhi aturan. Permainan congklak punya aturan tertentu selain hanya menunggu giliran datang. Aturan-aturan ini juga akan sangat membantu anak untuk meningkatkan daya kognitif mereka, terutama dalam hal mengingat.

Mengurangi ketergantungan akan gawai

Sebagai salah satu permainan tradisional, congklak dapat membantu Anda atau siapapun untuk sejenak berhenti dari ketergantungan akan gawai atau gadget. Meskipun mungkin ada game congklak di toko aplikasi, saya tidak menyarankan hal tersebut karena ada manfaat permainan fisik yang tidak bisa dipenuhi oleh aplikasi. Ketika Anda bermain congklak, setidaknya 1-2 jam, semoga Anda bisa merasakan hal yang menyenangkan dan berbeda dari gaya hidup Anda biasanya.

Dari semua manfaat bermain congklak di atas, permainan tradisional satu ini bisa dikategorikan sebagai salah satu permainan anak usia dini. Hanya saja, Anda perlu mendampingi anak saat bermain congklak, sebaiknya tidak untuk 3 tahun ke bawah karena biji congklak rentan tertelan oleh anak sehingga beresiko menyebabkan tersedak. Selain itu, congklak juga baik untuk dimainkan oleh insan dewasa karena berbagai manfaat yang disebutkan di atas tadi.

Nah, tertarik untuk mencoba bermain congklak? Anda bisa menemukan congklak di toko mainan terdekat di sekitar Anda kok. Selamat bermain.

Bagikan yuk:

7 tanggapan pada “7 Manfaat Bermain Congklak Bagi Anak Maupun Dewasa”

  1. Congklak ini mainan pemersatu keluarga mertua saya ini uda. Wkwkwk. Sampai sekarang pun papa mama mertua masih suka main congklak loh kalo santai di rumah. Gak ada yang bisa ngalahin mama mertua nih, juara bertahan.

    Kalo di Sumbar namanya bukan congklak ya, tapi congkak. Agak aneh aja penyebutan congkak sebetulnya, maknanya udah beda. Hehehe.

  2. Wah jadi kangen masa kecil
    Ingatan saya melayang ke masa lalu penuh keñangan indah saat main congklang bareng teman-teman
    Seru bangeeet

    Iya juga ya, tanpa sadar congklak bukan sekedar permainan biasa. Dia mengajarkan banyak hal yang menbawa manfaat

  3. Saya taunya namanya congklak, ternyata namanya beda-beda di seluruh wilayah RI ya Mas?! Dulu sering main congklak, kebetulan ada congklak baru. Tapi sekarang udah lupa lagi cara mainnya.

    Padahal seru banget mainnya, apalagi kalo main bareng anak, pasti makin seru lagi. Main congklak juga harus menerapkan strategi yang tepat ya, salah satunya menghitung dan menganalisa. Kayak permainan catur juga termasuk gim strategi. Kalo era digitalnya kayak main gim Plants vs Zombies.

  4. Congklak itu dakon bukan sih? Kalau iya, di tempat saya dulu menggunakan kayu dan biji dari buah srikaya. Atau bijin buah asam. Memang melatih kesabaran permainannya. Haha.

  5. Kalau masih penuh, kadang-kadang ada aturannya gak boleh dihitung. Jadi kita gak sempet buat menganalisa bijian dari lubang mana yang diambil. hihi Tapi kalo kelihatan satu-dua, baru deh bisa dikalkulasi mana yang mesti diambil.

  6. Di Medan juga congkak penyebutannya. Saya udah lama juga mencari congkak yang terbuat dari kayu dan bijinya kerang warna putih itu, ketika beradu saat dimainkan bunyinya lebih enak terdengar ketimbang biji congkak yg terbuat dari plastik atau pakai batu kerikil. Hmm, banyak ya manfaatnya, termasuk melatih kemampuan menganalisis, noted.

  7. Auto flashback masa kecil. Dulu kami punyanya yang terbuat dari kayu. Dipakai secara turun temurun. Isi congklaknya batu-batuan. Hmmm… masa kecil yang seru sekali. Kalau dulu main congklak dianggap sekedar permainan saja, setelah baca ulasan ini jadi mikir, betul juga ya, ternyata congklak punya banyak manfaat. Melatih berhitung, taktik, dan kemampuan analisis. Harus digalakkan kembali nih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *