Manfaat dan Cara Cek Akreditasi Kampus di Indonesia

Memilih kampus untuk tujuan kuliah barangkali tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, kamu harus melakukan berbagai pertimbangan agar bisa kuliah di kampus yang tepat bagi kamu. Dan, salah satu dari banyaknya pertimbangan itu adalah akreditasi dari kampus tersebut. Kenapa itu penting? Karena banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika lulus dari kampus berakreditasi bagus. Nah, kali ini kita akan bahas nih cara cek akreditasi kampus yang ada di Indonesia.

Namun sebelum kita melanjutkan pembahasan, apa yang kamu ketahui tentang akreditasi kampus tersebut?

Sedikit info nih, akreditasi kampus-kampus di Indonesia dikeluarkan oleh lembaga atau organisasi yang bernama Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). BAN-PT sendiri tidak hanya melakukan akreditasi bagi institusi, tetapi juga bagi program studi. Nanti kita akan membahas cara cek akreditasi kampus atau perguruan tinggi di BAN-PT.

Sebelum itu, yok kita pahami seberapa penting akreditasi ini bagi mahasiswa ataupun sebuah instansi.

Manfaat Akreditasi Bagi Kampus dan Mahasiswa

Sejauh pengamatan saya, sebuah kampus akan sangat bangga sekali jika mereka mendapatkan akreditasi baik atau sangat baik dari BAN-PT. Kenapa demikian? Karena akreditasi bisa dikatakan sebuah pengakuan atas kualitas kampus secara keseluruhan. Kalau akreditasi bagus, maka akan semakin banyak mahasiswa yang mau masuk ke kampus tersebut.

Lebih lengkapnya dari manfaat akreditasi bagi kampus, universitas ataupun perguruan tinggi adalah sebagai berikut:

Cerminan dan Standar Mutu Pendidikan

Penilaian akreditasi memasukkan kualitas pendidikan suatu kampus sebagai penilaian utamanya. Jika sebuah kampus mendapatkan akreditasi bagus seperti akreditasi A, itu sudah sangat cukup untuk menggambarkan seberapa bagus mutu pendidikan kampus tersebut.

Sederhananya, semakin tinggi akreditasi sebuah kampus maka semakin berkualitas sistem pendidikan di dalamnya. Oleh karena itulah banyak kampus berlomba-lomba membenahi diri agar bisa mendapatkan akreditasi yang lebih baik.

Menjamin Daya Saing dari Lulusannya

Akreditasi yang bagus tentu saja tidak didapat dengan percuma. Kampus perlu meningkatkan kualitas staf pengajar, sarana dan prasarana, kurikulum dan sebagainya. Hal itu membuat mahasiswa mendapatkan asupan pembelajaran yang baik dalam rangka menyiapkan mereka sebagai lulusan yang mempunyai daya saing.

Lulusan dari kampus dengan akreditasi bagus juga akan percaya diri ketika ia ingin dan telah berkarir di dunia kerja. Umumnya mereka juga punya ikatan alumni yang solid.

Persyaratan Bekerja di Berbagai Instansi

Pada beberapa lowongan pekerjaan, baik di instansi pemerintah ataupun swasta, kerap diminta salinan sertifikat akreditasi kampus sebagai syarat mengajukan lamaran. Pemberi kerja tentu ingin mendapatkan calon karyawan yang berkualitas. Salah satu caranya adalah dengan melihat akreditasi kampus yang meluluskannya.

Dengan kata lain, jika kamu merupakan lulusan dari kampus berakreditasi baik, maka peluang kamu diterima di lapangan pekerjaan juga lebih baik.

Baca juga : 10 Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

Cara Cek Akreditasi Kampus atau Perguruan Tinggi

Di atas kita sudah membahas manfaat akreditasi bagi kampus dan mahasiswa, sekarang waktunya kita membahas bagaimana cara cek akreditasi kampus tersebut.

Tadi saya sudah sempat menyinggung kalau akreditasi bisa dicek melalui situs BAN-PT. Berikut cara lengkapnya mengecek akreditasi kampus di situs tersebut:

  • Buka situs BAN-PT terlebih dahulu di https://www.banpt.or.id/
  • Pilih menu “Data Akreditasi” kemudian “Institusi (terkini)” di bar menu di atas
  • Halaman yang berisi tabel akan terbuka, jika kamu ingin menyortir kampus dengan akreditasi tertentu, kamu tinggal ubah “Semua” di kolom “Peringkat” dengan akreditasi tertentu
  • Selain itu kamu juga bisa memasukkan nama perguruan tinggi yang ingin kamu ketahui di kolom “Perguruan Tinggi”

Nah, sangat mudah mencari data akreditasi kampus itu, bukan?

Omong-omong ada informasi baru terkait akreditasi kampus ini. Jika dulu akreditasi kampus berdasarkan huruf A, B dan C. Sekarang BAN-PT menggunakan aturan baru dalam memberikan akreditasi, yaitu peringkat diubah ke Unggul, Sangat Baik, Baik dan Tidak Terakreditasi.

Jika ada kampus yang masih menggunakan model peringkat akreditasi yang lama, itu berarti akreditasi yang lama belum kedaluarsa. Proses reakreditasi nantinya akan memperbarui status atau peringkat akreditasi mereka.

Baca juga : 7 Universitas di Batam yang Terbaik Untuk Pilihan Kuliah

Kesimpulan

Pada kenyataannya akreditasi hanya salah satu parameter yang bisa kamu pakai dalam mempertimbangkan kampus tujuan kuliah kamu. Selain itu masih ada parameter lainnya seperti klasterisasi oleh Kemendikbud, peringkat oleh lembaga pemeringkat dunia seperti Webometrics, QS WUR dan sebagainya.

Pastikan kamu mempertimbangkan dengan matang kampus yang ingin kamu pilih. Diskusikan dengan keluarga kamu juga. Semoga sedikit informasi mengenai manfaat dan cara cek akreditasi kampus ini bermanfaat bagi kamu. Terima kasih sudah membaca, semoga sukses di perguruan tinggi.[]

Terima kasih sudah membaca. Jika Anda terbantu dengan artikel ini, boleh berkomentar sebagai bentuk apresiasi atau mengirim pertanyaan. Selain itu, Anda juga bisa membantu saya mengembangkan blog ini melalui donasi.
Donasi Sekarang

8 pemikiran pada “Manfaat dan Cara Cek Akreditasi Kampus di Indonesia”

  1. Gak sembarangan ya dalam memberikan nilai akreditasi ke sebuah universitas. Soalnya berhubungan sama kualitas SDM mahasiswa yang akan lulus nantinya.

    Terima kasih Uda atas informasinya, nice sharing 👌

    Balas
  2. Dulu saya kuliah cuma ngincar jurusannya aja. Asal masuk jurusan itu, saya oke saja. Belum kepikiran akreditasi. Sekarang baiknya lihat akreditasi juga ya kak. Buat masa depan.

    Balas
  3. Pengalaman melamar kerja di beberapa perusahaan nasional. Pasti ada deh tuh salah satu syaratnya *lulus dari perguruan tinggi favorit. Atau *lulus dari perguruan tinggi dengan Akreditasi A. Tapi keren sih jadi harus serius menempuh pendidikan

    Balas
  4. Ternyata mudah sekali yaa uda untuk cek akreditasi kampus kita tercinta tuh ya. Bermanfaat banget nih buat yang mau cari kampus untuk kuliah nantinya

    Balas
  5. Lembar akreditasi kampus itu juga harus disertakan sebagai persyaratan bekerja di sebuah instansi, mau itu perusahaan negeri atau pun swasta. Jadi, memang sangat perlu melakukan pengecekan berkala soal akreditasi kampus terbaru. Kampus yang sekarang masih B, bisa jadi sudah jadi A. Itu juga menunjukkan komitmen kampus untuk terus berbenah dan meningkatkan mutu serta kualitasnya.

    Balas
  6. Bener, nih. Memang akreditasi cerminan kualitas lembaga. Makanya pas kuliah sering jadi pertimbangan. Meskipun, pada akhirnya tergantung mahasiswa pula kualitasnya Sekarang lebih mudah pula mengecek akreditasi kampus.

    Balas
  7. Akreditasi kampus itu penting banget sih terhadap mutu pendidikan di level perguruan tinggi. Orang tua juga harus jeli melihat status akreditasi kampus yang dituju untuk anaknya kuliah

    Balas

Tinggalkan komentar

error: