Home » 7 Merek Sepatu Olahraga Lokal Terbaik di Indonesia

7 Merek Sepatu Olahraga Lokal Terbaik di Indonesia

merek sepatu olahraga lokal indonesia

Bicara tentang sepatu, saya jadi teringat masa-masa ketika sekolah dulu. Dulu tuh, saya tahunya kalau sepatu itu ya sama saja jenisnya, ternyata setelah saya kuliah ternyata banyak juga jenis sepatu itu. Ada sneakers, slip on, boots, dan sebagainya. Tentu juga sepatu running (lari) dan lainnya yang masuk ke kategori sepatu olahraga. Nah, di artikel kali ini saya ingin membahas merek sepatu olahraga lokal yang bisa jadi pilihan Anda.

“Kok sepatu lokal?”

Sejujurnya, saya tidak menyangkal kualitas sepatu import seperti merek Adidas, Nike, dan lainnya. Hanya saja, produk dari local brand atau merek lokal juga tidak kalah berkualitas. Ketika Anda membeli produk lokal, Anda juga akan mendukung industri lokal. Anda dapat sepatunya, masyarakat Indonesia lain dapat hidup dari pekerjaan membuat sepatu itu. Sebuah win-win solution, bukan?

Nah, dari pada berpanjang-panjang mukadimah, yuk kita bahas beberapa merek sepatu olahraga lokal itu!

Merek Sepatu Olahraga Lokal Indonesia

Ada banyak sekali manfaat atau benefit yang bisa kita dapatkan ketika membeli produk dari produsen lokal, selain harganya yang lebih murah, Anda juga dapat mendukung UMKM untuk terus berkembang. Oh ya, saya tidak melarang Anda beli merek luar negeri kok, tapi jika ada anggaran berlebih tidak ada salahnya membeli sepatu dari merek-merek asli Indonesia di bawah ini.

Sedikit disclaimer, daftar di bawah ini saya tulis berdasarkan riset di internet ya. Saya pribadi belum mencoba produknya, artinya ini adalah opini yang mungkin tidak 100% akurat. Saya tulis sebagai bahan pertimbangan bagi Anda. Keputusan membeli atau tidak berada di tangan Anda.

League

League adalah merek sepatu lokal Indonesia yang memang fokus pada niche atau ceruk olahraga. Konsistensi dan kualitas produk mereka sukses mengantarkan League menjadi merek yang sudah go international, sehingga pihak produsen mengeluarkan koleksi sepatu dalam (sebut saja) sub-brand mereka yaitu Legas yang dikenalkan mulai tahun 2014 lalu. Jadi kalau Anda nemu merek League dan Legas, itu dibuat oleh satu produsen yaitu PT Berca Retail Group.

Namun meskipun begitu, mungkin Anda akan menemukan bahwa harga untuk Legas lebih murah dari pada League. Hal ini wajar karena merek League sudah mendunia, sedangkan Legas memang diciptakan untuk mewakili semangat masyarakat Indonesia sehingga mengusung konsep value for money. Dan meskipun ceruk merek lokal ini adalah sepatu olahraga, mereka juga memproduksi sepatu lifestyle atau gaya hidup kok.

Anda penasaran dengan desain sepatu-sepatu League dan Legas? Anda bisa klik tautan atau tombol di bawah untuk pergi ke toko resmi mereka di platform Shopee atau Lazada.

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada

Eagle

Saya pernah memiliki sepatu Eagle, saya jadi terpikir “kenapa mereka mengambil elang sebagai merek?”, barangkali karena elang ini citranya tangguh dan Eagle adalah salah satu sepatu yang bermain di ceruk olahraga yang butuh ketangguhan. Omong-omong, Eagle sendiri merupakan merek yang dimiliki oleh PT GF Indonesia yang merupakan bagian dari KMK Group. Merek ini lebih tua dari pada League yang saya bahas sebelumnya karena produk Eagle sudah diproduksi semenjak 1986.

Desain sepatu olahraga dari Eagle hampir semuanya menarik, untuk jenis sepatu olahraganya meliputi sepatu tenis, bulu tangkis, dan lari. Selain itu mereka juga memproduksi sepatu lifestyle, sekolah, dan kolaborasi. Untuk harga sendiri bervariasi, mulai dari 99 ribu (setelah didiskon) hingga di atas 400 ribuan. Anda bisa memilih merek Eagle jika membutuhkan sepatu olahraga, sebab matangnya pengalaman mereka cukup menjadi bukti kualitas produk mereka di pasaran.

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada

Specs

Merek sepatu olahraga lokal lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Specs. Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan merek ini, bukan?

Yang menarik dari merek Specs adalah mereka tidak hanya membuat sepatu lari sebagai sepatu olahraga paling umum, Specs juga memiliki produk sepatu futsal dan sepatu bola dan sepatu futsal. Mereka bahkan menyatakan diri sebagai pusat sepatu bola dan sepatu futsal asli Indonesia lho. Bisa dibilang Specs sebagai produsen sepatu bola brand lokal indonesia.

“Memangnya dua merek sebelumnya gak punya?” pikir pembaca. Saya rasa punya, hanya saja mereka sepertinya tidak fokus di bidang itu.

Lebih lanjut tentang sepatu futsal, baca juga : 4 Merk Sepatu Futsal Lokal yang Murah dan Keren

Omong-omong tentang Specs, merek ini sudah hadir semenjak 1980 lho, lebih dahulu dibanding League dan Eagle yang sudah kita bahas sebelumnya. Untuk kualitas sepatu, Anda tidak perlu meragukan sepatu merek Specs yang sudah diekspor ke pasar luar negeri ini. Harga sepatu ini bervariasi mulai dari 100 ribuan rupiah.

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada

Speeds

Kenapa namanya Speed, apakah produknya bisa membuat kita berlari kencang? Eh. Yang sudah jelas, memang merk ini menjual sepatu lari, yang bisa bantu Anda berlari kencang. Selain itu, mereka juga memproduksi dan menjual sepatu futsal dan sepatu bola.

Speed adalah merk asli Indonesia yang sudah malang-melintang di industri persepatuan. Yang menarik dari brand ini adalah harga-harga produknya yang murah-murah. Sebuah sepatu futsal Speed bisa Anda dapatkan mulai dari 80 ribuan saja.

Selain itu, Anda juga bisa menjadikan merk ini sebagai pilihan jika butuh sepatu kasual hinggas sepatu sekolah untuk anak, keponakan, adik, dan lainnya.

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada

Precise

Pernahkah Anda mendengar, melihat atau menemukan merek Precise sebelumnya? Saya sengaja dan dengan sadar memasukkan merek ini ke daftar merek sepatu olahraga lokal Indonesia meskipun kita lebih mengenal produk mereka untuk kebutuhan general atau umum.

Merek ini tidak kalah berpengalaman dari merek-merek sebelumnya, pasalnya produsen Precise, CV Karya Jaya Mandiri Sakti (KJMS) sudah memproduksi produknya semenjak 1989. Precise berhasil menjadi salah satu dari sepatu lokal terbaik di Indonesia dengan kualitas kelas internasional.

Ada beberapa jenis sepatu olahraga yang dijual Precise yaitu cheer, hiking, running, basket, dan tennis. Harganya juga beragam, mulai dari 100 ribuan rupiah.

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada

Ardiles

Siapa di sini yang tidak kenal dengan merek Ardiles? Agaknya hampir tidak ada, pasalnya dulu itu merek satu ini tuh banyak sekali iklannya di TV, terutama di jam tayang siaran anak-anak. Bahkan sepatunya ada yang berhadiah!

Terlepas dari itu, Ardiles yang memiliki semboyan “Go for It” ini termasuk merek yang sudah matang. Sepatu Ardiles sudah tersebar pada 35 distributor dengan 5.500 pengecer di seluruh Indonesia. Sepatu Ardiles juga sudah diekspor ke luar negeri.

Adapun seri sepatu olahraga Ardiles cukup lengkap, mulai dari sepatu badminton, basket, futsal, lari hingga sepakbola. Anda bisa memilih Ardiles untuk memenuhi kebutuhan Anda akan sepatu olahraga.

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada

Ortuseight

Terakhir, ada Ortuseight nih sebagai merk sepatu olahraga lokal yang layak untuk Anda pilih. Meski saya letakkan terakhir, bukan berarti produk Ortuseight kurang berkualitas, produk mereka keren-keren lho. Hanya saja, brand satu ini masih baru, yaitu baru hadir sejak tahun 2018 di  bawah naungan PT Vita Nova Atletik.

Meskipun demikian, merk lokal satu ini sudah mampu bersaing di pasar dengan banyaknya produk mereka terjual. Para konsumen sebagian besar juga puas dengan sepatu-sepatu buatan Ortuseight. Saya pikir brand satu ini bisa kita kategorikan sebagai brand menengah.

Lalu, sepatu olahraga apa saja yang dijual oleh Ortuseight?

Di niche olahraga, Ortuseigh menjual sepatu bola dan sepatu futsal. Harganya mulai dari 200 ribuan, jika ada yang lebih murah, pastikan Anda tanyakan ke penjual apa itu barang asli atau tidak.

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada

Tips Memilih Sepatu Olahraga Lokal

Sebelum mengakhiri artikel ini saya jadi teringat bagian yang cukup penting juga, yaitu tips memilih sepatu olahraga lokal. Beberapa kiat ini diperlukan agar Anda bisa menemukan sepatu yang cocok dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

Cermati build quality

Tips pertama adalah perhatikan build quality dari sepatu tersebut. Apakah kualitas bahan dan jahitannya baik. Cek juga sol sepatu apakah cukup kuat untuk dibawa olahraga. Pada umumnya sol sepatu hanya menempel dengan lem saja pada bagian sepatu yang lain, namun jika Anda bisa menemukan sepatu dengan sol jahit itu akan lebih bagus. Pun jika tidak, Anda bisa menjahit ulang sol sepatu itu. Aktivitas olahraga cukup berat, sehingga sol sepatu rentan untuk rusak jika tidak kuat.

Perhatikan ulasan pengguna lain

Jika kita membeli sepatu secara online, kita tentu tidak bisa merasakan sepatu itu secara langsung. Jika keadaannya seperti ini, Anda bisa kok memperhatikan ulasan pengguna yang lain agar mendapatkan wawasan untuk jadi atau tidak membeli sepatu tersebut.

Pilihlah brand yang sudah berpengalaman

Tips memilih sepatu olahraga lokal yang terakhir adalah perhatikan merek atau brand dari sepatu tersebut. Pilihlah brand yang sudah berpengalaman karena kualitas produknya sudah tidak diragukan. Memang sih ada beberapa brand baru yang memiliki produk dengan kualitas sangat baik, namun Anda perlu lebih teliti untuk itu.

Nah, setelah semua penjelasan tadi, Anda mungkin akan bertanya-tanya “dari semua merek sepatu olahraga lokal di atas, mana yang harus saya pilih?”.

Saya pribadi tidak bisa menyarankan secara detail namun merek League (Legas) jelas telah konsisten di ceruk sepatu olahraga selama belasan tahun (semenjak memasuki pasar pada 2004). Begitu pula dengan sepatu Eagle yang sudah hadir selama lebih dari 30 tahun. Merek Specs juga sudah berpengalaman dalam ceruk sepatu olahraga. Merek yang lain juga menawarkan produk yang berkualitas dengan tawaran value for money juga.

Baca juga: 11 Tips Memilih Sepatu Lari yang Nyaman dan Awet

Sisanya terserah Anda untuk memilih yang mana. Semoga Anda dapat menemukan sepatu olahraga terbaik untuk menunjang aktivitasmu. Oh ya, Anda bisa membagikan artikel ini dan/atau menuliskan komentar di bawah lho. Terima kasih sudah membaca artikel ini.[]

Bagikan yuk:

16 tanggapan pada “7 Merek Sepatu Olahraga Lokal Terbaik di Indonesia”

  1. Saya beberapa tahun lalu pernah pakai merk dari league, namanya legas. Kualitasnya oke kok, coraknya juga masih banyak yang bagus, tapi harganya murah.

    Kalau piero saya pakai pas zaman sekilah dulu, zaman saya SMP piero itu terkenal banget rasanya.

  2. Dulu saya tidak tahu merk apa saja untuk sepatu olahraga, tapi sejak nikah dan suami hobi olahraga jadi tahu beberapa merk. Ada beberapa merk diatas yang dia gunakan. 👍👍

  3. Wah merek sepatu di atas sebagian saya miliki seperti eagle yang untuk versi maen biasa dan juga yang untuk olahraga badminton..

    Btw, sepatu lokal yang paling saya suka dan lem karetnya tahan lama adalah Flypower, oke banget untuk maen badminton. Sepatunya awet dan tahan lama, asekkk 😀

    Thanks ya mas fad atas rekomendasi sepatunya…mantap..

  4. Saya kurang tahu dan paham tentang sepatu olahraga laga, tapi diantara yang pernah saya beli dan pakai itu League, merk itu nyaman seh buat saya dan harganya lebih murah di banding eagle dan ardiles.

  5. Ternyata semua merk di atas adalah keluaran lokal ya. Semuanya kece-kece. Harganya juga lumayan tapi emang kualitas nya bagus-bagus.

  6. Rizky Kurnia Rahman

    Kalau saya sih gak terlalu fanatik dengan merek sih, yang penting nyaman saja di kaki. Pas kiri kanannya, depan belakang juga oke. Dan, sepatu juga itu-itu saja, jarang beli atau punya lebih dari satu.

    Oh, ya, ada salah tulis uda. Yang deadline, harusnya diekspor ke luar negeri, di situ tulisannya impor ke luar negeri.

  7. Ngomongin brand sepatu lokal, saya jadi inget waktu kecil dulu sering beli merek Eagle sama Kasogi. Tapi nggak tau, apakah Kasogi juga brand lokal?? Kalau merek lokal yang saya pakai sekarang adalah Piero, Tomkins dan Ardiles. Selain modelnya saya suka, kualitasnya juga nggak kalah bagus sama brand luar negeri.

  8. Waaahh…ada Ardiles ..sepatu Hits dan jadi andalan semasa sekolah.

    Gak nyangka kalau merek2 tersebut buatan Indonesia, kirain produk luar negeri.

    Thanks ulasannya… Bisa jadi referensi kalau mau nyari sepatu berkualitas tapi tetap dengan semboyan ‘cintai produk-produk Indonesia’

  9. Dari jaman SD sampai Kuliah, hampir semua merk lokal yang uda sebutin udah pernah saya pakai semua. Soalnya kalo pake nike, adidas dkk jatuhnya malah KW karena ngga ada budget dulu. Jadi mnding yang lokal tapi kualitas tetep juara.

  10. Spec, itu merk sepatu olahraga lokal pertama saya yang sangat awet dan kualitasnya bagus. Setidaknya saya pakai selama SMP dan tidak rusak.
    Modelnya masih ada sampai sekarang

  11. Tomkins modelnya lucu-lucu buat anak, juga buat remaja yg hobi olah raga. Buat dibawa ke sekolah juga bisa. Hehehe. Iya, kalo diingat-ingat, dulu katanya Tomkins itu sepatu anak orang kaya. Wkwkwk. Kalo sekarang mah biasa aja yaaa, mungkin karena saking banyaknya merek sepatu anak di pasaran.

  12. Hahaha kalo soal League, dulu pas saya kerja di perusahaan yang satu grup dengan league, pasti suka kebagian voucher dan jadilah beli sepatu league hihi

  13. Ketujuh merk di atas emang gak diragukan lagi kualitasnya ya uda, malah sebagian itu merk tersebut udah ada sejak dulu. Malah kemarin ada saudaraku kerja di pabrik sepatu, katanya sepatu-sepatu impor itu buatanya di Indio dan di kasih merk ke luar trus dibalikin ke Indo lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *