5 Penerbit Jurnal Internasional Besar dan Bereputasi

Salah satu sumber referensi favorit yang sangat disarankan dalam menulis karya ilmiah adalah jurnal internasional. Tentang mengapa jurnal internasional ini menjadi favorit adalah karena hasil penelitian yang dipublikasikan di sana sudah skop dunia. Berbagai peneliti di dunia berlomba-lomba untuk menghadirkan penemuan-penemuan terbaru demi kemaslahatan hidup manusia. Nah, kali ini saya ingin mengajak Anda untuk mengenal beberapa penerbit jurnal internasional yang bisa dibilang sangat populer dan diminati banyak kalangan.

Oh ya, beberapa nama penerbit yang akan saya tuliskan di bawah ini barangkali hanya sedikit dari penerbit yang ada, tapi paling tidak bisa menambah khasanah Anda tentang dunia publikasi ilmiah dalam jurnal internasional. Dan jika Anda memang sedang mencari jurnal internasional, artikel saya sebelumnya agaknya bisa membantu Anda. Baca di sini : Cara Mencari Jurnal Internasional

Selanjutnya, mari kita bahas beberapa penerbit jurnal internasional yang kualitas jurnal terbitannya jempolan.

Penerbit Jurnal Internasional Besar dan Bereputasi

Memilih jurnal internasional itu memang tidak sulit, hanya saja Anda perlu mengetahui beberapa penerbit tertentu agar dapat menemukan jurnal dengan kualitas terbaik. Berikut beberapa penerbit jurnal internasional yang saya rekomendasikan untuk Anda.

Elsevier

Ketika terpikir untuk membuat artikel ini, satu penerbit atau publisher yang terbayang oleh saya adalah Elsevier. Bagaimana tidak, penerbit ini memiliki hingga 2.500 judul jurnal internasional dengan 400 ribu artikel per tahunnya. Arsip dokumennya sendiri bahkan sudah mencapai 13 juta dokumen. Ada pun cara download jurnal di Elsevier bisa dilakukan melalui portal mereka yaitu Science Direct.

Springer

Springer adalah penerbit jurnal ilmiah terbesar dan bereputasi lainnya yang ada di dunia. Penerbit ini memiliki lebih dari 2.900 judul jurnal ilmiah saat ini. Jurnal akademik dari Springer sangat mudah ditemukan di Google Scholar, atau bisa mencarinya langsung di situs resmi mereka di https://www.springer.com/gp

American Chemical Society (ACS)

Meski publikasi mereka berputar di ranah yang berkaitan dengan disiplin ilmu kimia, tapi American Chemical Society (ACS) adalah perkumpulan yang memiliki banyak jurnal dengan reputasi yang tinggi. Saya jadi teringat profesor saya yang ngebet mau publikasi artikel ilmiah di salah satu jurnal ACS, meskipun pada akhirnya belum berjodoh dengan ACS. ACS sendiri telah berdiri semenjak 1876 dan memiliki lebih dari 164 ribu anggota yang terdiri dari disiplin ilmu yang berkaitan dengan kimia.

Wiley

Wiley atau lengkapnya John Wiley & Son, Inc. merupakan perusahaan penerbit global yang getol menerbitkan naskah-naskah akademik baik berupa buku, jurnal dan lainnya. Perusahaan besar ini telah berdiri semenjak tahun 1807. Jurnal-jurnal ilmiah dari Wiley bisa ditemukan di Wiley Online Library dengan jumlah jurnal sekitar 1.500 judul.

Taylor and Francis

Seorang kenalan saya bangga sekali mengabarkan bahwa artikelnya diterbitkan oleh Taylor & Francis di salah satu jurnal mereka. Ya, bagaimana tidak, Taylor & Francis termasuk salah satu dari beberapa penerbit akademis yang ada. Jumlah artikel di arsip mereka lebih dari 4,2 juta. Perusahaan jurnal akademik asal Britania Raya ini telah berdiri semenjak tahun 1852.

Nah, itulah tadi beberapa penerbit jurnal internasional besar dan bereputasi yang bisa Anda jadikan sumber referensi. Selain itu, mereka semua memiliki situs yang dapat diakses dengan mudah. Anda bisa menemukan berbagai artikel ilmiah dari jurnal-jurnal mereka. Meskipun tidak semua artikel ini gratis, tapi ada beberapa artikel yang bersifat open access atau akses terbuka.

Jika menurut Anda ada beberapa penerbit lagi yang layak untuk dimasukkan ke dalam daftar, atau jika ada pertanyaan, kritik dan saran, kotak komentar selalu terbuka untuk Anda tulisi. Oh ya, masih banyak artikel seputar jurnal ilmiah dan karya ilmiah di blog ini, jangan lupa untuk dijelajahi juga ya. Salam semangat.[]

2 pemikiran pada “5 Penerbit Jurnal Internasional Besar dan Bereputasi”

Tinggalkan komentar

error: