Home ยป 5 Perbedaan Mouse Gaming dengan Mouse Biasa

5 Perbedaan Mouse Gaming dengan Mouse Biasa

perbedaan mouse gaming dengan mouse biasa

Semenjak industri gaming berkembang, perangkat-perangkat gaming mulai marak. Anda bisa menemukan berbagai keyboard, headset, hingga mouse gaming. Tapi omong-omong, apa sih perbedaan mouse gaming dengan mouse biasa? Jangan-jangan cuma gimmick. Ops.

Kedua hal tersebut memang berbeda, tidak hanya soal gimmick lho. Masa iya banyak orang mau membeli mouse mahal-mahal karena tertipu gimmick. Ya jelas tidak.

Ajopiaman sudah merincikan perbedaan kedua jenis tetikus tersebut, yuk baca lebih lanjut.

Perbedaan Mouse Gaming dengan Mouse Biasa

Sebagian orang mungkin menyangka bahwa mouse gaming hanya beda spesifikasi dengan mouse biasa, tapi ternyata ada cukup banyak parameter pembedanya lho. Lengkapnya adalah sebagai berikut:

Nilai DPI

DPI merupakan singkatan dari dots per inch atau titik per inci yang menjadi standar ukuran sensitivitas sebuah mouse atau tetikus. Mouse biasa umumnya memiliki sensitivitas di bawah 1000 DPI. Nilai ini cukup untuk memenuhi kebutuhan penggunaan biasa.

Namun jika Anda adalah seseorang yang biasa bekerja dengan monitor yang besar, gamer, atau desainer grafis, mouse dengan DPI tinggi lebih cocok untuk Anda. Pasalnya, kursos harus bergerak cepat di layar yang luas. Nah, saat itulah mouse gaming dibutuhkan karena tingkat atau nilai DPI nya tinggi.

Selain itu, mouse khusus untuk bermain game bisa menggunakan sensor laser, sedangkan mouse biasa hanya menggunakan sensor optik.

Responsivitas

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa sebuah mouse punya tingkat responsivitas. Biasanya diukur dengan besarnya response time atau waktu responnya. Waktu respon ini bervariasi, jika mouse kebanyakan memiliki response time 8 ms, sebuah mouse gaming high end hanya membutuhkan waktu respon 1 ms atau di bawahnya.

Hanya saja, semakin responsif sebuah mouse tentu akan semakin mahal harganya. Sekarang jadi masuk akal kenapa sebuah perangkat gaming bisa memiliki harga hingga jutaan, bukan?

Jumlah tombol

Sebuah mouse standar umumnya memiliki 3 buah tombol, yaitu tombol kanan, kiri, dan scroll. Yang terakhir bukan scroll yang biasa digulir, tapi tombol scroll yang berfungsi ketika scroll kita tekan ke bawah. Hayo, apa Anda masih jarang menggunakannya?

Selain 3 tombol tadi, mouse biasa bisa punya 1 tombol tambahan. Tombol tambahan ini biasanya untuk mengatur DPI mouse jika mouse itu mampu bekerja di dua atau lebih level DPI.

Berbeda dengan mouse biasa, mouse khusus gaming bisa punya lebih dari 3 atau 4 tombol. Tombol-tombol ekstra tersebut bisa kita atur kegunaannya. Sebagai contoh tombol untuk mengisi ulang amunisi ketika bermain game FPS atau fungsi-fungsi lainnya. Jadi tidak perlu repot-repot memencet keyboard.

beda tombol mouse gaming dengan mouse biasa

Desain mouse

Singkat saja, desain mouse gaming pada umumnya lebih ergonomis dari pada mouse normal. Hal ini karena waktu pakai perangkat gaming biasanya lebih lama sehingga kenyamanan pengguna harus benar-benar dipertimbangkan. Lebih lanjut, kenyataannya mouse jenis ini tidak hanya dipakai untuk bermain game tapi juga pekerjaan-perkerjaan multimedia yang menyita banyak waktu.

Selain itu, ia juga punya bagian modul tambahan yang bisa Anda bongkar pasang. Modul-modul ini hadir sebagai pemenuh kebutuhan pengguna yang bermacam-macam. Nah, mouse biasa tidak punya modul-modul tambahan seperti itu.

Ketahanan

Terakhir, soal ketahanan atau durabilitas. Mouse gaming pada umumnya punya daya tahan yang lebih baik, baik karena material pembuatnya maupun build quality nya. Itulah mengapa harganya lebih mahal dari pada mouse komputer biasa.

Setelah mendapatkan informasi di atas, mana yang kira-kira akan Anda pilih? Jika Anda bingung, tidak ada salahnya untuk membaca tulisan ajopiaman tentang cara memilih mouse yang bagus juga.

Penutup

Sebelum kita tutup, mungkin di antara kita ada yang bertanya-tanya. Apakah mouse gaming bisa dipakai untuk keperluan selain bermain game? Jawabannya tentu saja bisa.

Mouse gaming mungkin memang lebih sensitif dan responsif, ini cukup menyulitkan jika kita pakai untuk keperluan harian seperti membuat tugas dan bekerja. Tapi kecepatan atau sensitivitas mouse bisa diatur kok, ada cara mengatur sensivitas mouse di perangkat Windows.

Sedangkan jika permasalahannya adalah soal desain mouse, itu mah tergantung pribadi kita. Hanya saja, mouse biasa atau normal agak kurang cocok jika dipakai untuk keperluan main game. Kecuali jika game yang dimainkan adalah game ringan, seperti Zuma dan Onet misalnya. Hmm.

Nah, setelah mengetahui perbedaan mouse gaming dengan mouse biasa di atas, apakah Anda tertarik untuk membeli mouse baru? Jika iya, tidak ada salahnya melihat-lihat dahulu di marketplace, mana tahu ada yang menarik hati. Dan pastikan Anda memilih produk dari merk mouse terbaik ya.[]

Cek mouse di Shopee

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *