5 Pertanyaan Tentang Evaporasi yang Sulit dan Jawabannya

Evaporasi adalah sebuah siklus fisika alami yang terjadi di alam. Siklus ini dapat kita temukan bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun salah satu contoh peristiwa evaporasi yang terjadi di sekitar kita adalah mengeringnya baju saat dijemur di bawah terik matahari. Lalu muncul lah sebuah pertanyaan tentang evaporasi ini, kenapa pakaian yang dijemur di bawah terik matahari bisa mengering?

Rasanya kamu pasti sudah tahu jawabannya apa, itu adalah karena air di serat-serat pakaian telah menguap karena panas. Peristiwa penguapan air ke atmosfer itulah yang dinamakan evaporasi tadi.

Ngomong-ngomong tentang evaporasi nih, materi tentang evaporasi dipelajari secara umum mulai dari di jenjang sekolah sampai ke jenjang perguruan tinggi. Perbedaannya hanya pada kedalaman pembahasan, jika di bangku sekolah kita hanya mengenal kulitnya saja, di bangku kuliah kita bisa belajar berbagai metode untuk mengukur evaporasi.

Namun kalau kamu pengen belajar tentang ini, tak perlu tunggu hingga kuliah kok, materi evaporasi bisa dipelajari dengan membaca artikel tentang evaporasi yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.

Pertanyaan tentang evaporasi

Meskipun banyak artikel tentang evaporasi yang bisa kamu baca di internet, nyatanya rasa ingin tahu tetap tidak bisa dibendung. Oleh karenanya, bisa jadi kamu masih menyimpan banyak pertanyaan tentang evaporasi tersebut. Untungnya, kali ini kita akan membahas tentang itu. Tak hanya pertanyaan, kita juga membahas jawabannya.

Yuk kita bahas satu persatu.

Pertanyaan 1

Seberapa penting proses evaporasi di dalam kehidupan?

Jawaban:

Proses evaporasi sangat penting di dalam kehidupan kita karena proses evaporasi adalah salah satu bagian dari siklus air yang akan menghasilkan hujan. Evaporasi juga dapat membantu berbagai pekerjaan manusia di kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan 2

Apa perbedaan evaporasi, transpirasi dan evapotranspirasi? Jelaskan dengan bahasa sederhana!

Jawaban:

Evaporasi adalah proses menguapnya uap air ke atmosfer secara alami. Transpirasi adalah proses menguapnya uap air dari jaringan tumbuhan ke lingkungan, paling banyak terjadi di stomata daun. Sedangkan evapotranspirasi adalah proses gabungan dari evaporasi dan transpirasi. Uap air yang dilepaskan tumbuhan melalui transpirasi akan menguap ke atmosfer dalam rangkaian proses evaporasi.

Pertanyaan 3

Jika evaporasi adalah penguapan, lantas perbedaan evaporasi dengan peristiwa menguap atau vaporisasi?

Jawaban:

Evaporasi adalah proses penguapan yang terjadi secara alami pada suhu sembarang, sedangkan vaporisasi adalah proses penguapan cairan dengan cara pemanasan hingga mencapai titik didihnya. Proses eavporasi lambat dengan proses vaporisasi cepat. Selain itu proses evaporasi hanya didukung oleh lingkungan dan cairan itu sendiri, sedangkan proses vaporisasi dipaksa atau didukung dengan sumber energi. Salah satu contoh proses vaporisasi atau menguap adalah pendidihan air di atas kompor.

Pertanyaan 4

Jelaskan cara mengukur evaporasi dengan manual dan menggunakan alat!

Jabawan:

Pengukuran evaporasi dengan manual dapat dilakukan dengan cara meletakkan cairan (contohnya air) di dalam sebuah wadah, mengukur ketinggian awalnya dan mengukur ketinggian akhir setelah diletakkan di lingkungan tertentu. Sedangkan pengukuran dengan alat ukur dapat dilakukan dengan evaporimeter.

Pertanyaan 5

Adakah pengaruh ketinggian tempat terhadap proses evaporasi? Jika ada, tolong jelaskan!

Jabawan:

Ada. Ketinggian memiliki pengaruh terhadap kecepatan laju evaporasi. Evaporasi di daerah tinggi lebih cepat dikarenakan tekanan pada daerah tinggi lebih rendah sehingga cairan dapat lebih mudah untuk menguap dibanding dengan dataran rendah.

Nah, itulah beberapa pertanyaan tentang evaporasi dan jawabannya. Jika ada pertanyaan lain yang belum tertulis di dalam artikel ini, mohon bantuannya untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah ya. Selamat belajar.

Tinggalkan komentar

error: