10+ Pertanyaan Tentang Paragraf dan Jawabannya

Di dalam dunia literasi kita mengenal yang namanya wacana dan teks. Jika wacana adalah sesuatu yang disampaikan secara lisan, maka teks adalah wacana yang tertulis. Nah, jenis teks itupun beragam. Tapi terlepas dari apapun jenis teks itu, ia pasti disusun dari paragraf. Kali ini, saya ingin mengajak kamu membahas beragam pertanyaan tentang paragraf atau alinea, mudah-mudahan bisa jadi penambah pengetahuan.

Ngomong-ngomong, kamu masih ingat tidak apa itu paragraf? Paragraf merupakan bagian dalam suatu karangan atau teks yang berisi satu gagasan pokok atau pikiran utama dan beberapa gagasan atau pikiran penjelas. Paragraf juga dapat diartikan sebagai suatu kelompok kalimat-kalimat di mana terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas.

Gampangnya, di dalam sebuah paragraf paling tidak ada 1 kalimat utama dengan 1 kalimat penjelas. Lebih lanjutnya, yuk kita bahas dengan pertanyaan dan jawaban tentang paragraf di bawah.

Pertanyaan seputar paragraf

Sebagai seorang pelajar, kamu tidak akan pernah lepas dari interaksi dengan yang namanya paragraf. Baik ketika kamu membaca atau ketika kamu menulis. Paragraf adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah teks atau tulisan agar tulisan tersebut menjadi padu.

Berikut ini saya akan tuliskan beberapa pertanyaan tentang paragraf beserta jawabannya. Hanya saja, saya tidak akan menuliskan semua pertanyaan itu. Kenapa? Karena ada pertanyaan yang mudah untuk dijawab. Saya hanya akan menuliskan pertanyaan sulit tentang paragraf sehingga diharapkan bisa menambah pengetahuan kamu.

Pertanyaan 1

Apa fungsi penting dari sebuah paragraf di dalam sebuah tulisan atau karangan?

Jawaban:

Paragraf menjadi penanda pengalihan suatu gagasan ke gagasan lainnya di dalam sebuah tulisan. Keberadaan paragraf dapat memudahkan penulis dan pembaca mengembangkan topik utama ke dalam unit pikiran yang lebih kecil. Selain itu paragraf juga membantu dalam pengekspresian gagasan dalam sebuah struktur yang logis.

Pertanyaan 2

Menurut apa saja jenis paragraf dapat dibagi atau diklasifikasikan? Jelaskan masing-masingnya!

Jawaban:

Paragraf dapat diklasifikasikan menurut 3 hal yaitu fungsi, letak gagasan utama dan isinya. Jenis paragraf menurut fungsi adalah paragraf pembuka, isi, penutup dan penghubung. Jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya yaitu paragraf deduktif, induktif, ineratif dan campuran. Sedangkan jenis paragraf menurut isinya adalah paragraf eksposisi, deskripsi, persuasi, argumentasi, dan narasi.

Pertanyaan 3

Bagaimana cara kita menemukan paragraf di dalam sebuah teks atau tulisan?

Jawaban:

Dalam sebuah tulisan, paragraf bisa ditandai dengan baris pertama yang menjorok ke dalam. Sedangkan jika tidak ada yang demikian, paragraf bisa ditemukan pada kelompok kalimat yang dipisahkan dengan spasi yang lebih besar.

Pertanyaan 4

Sebutkan contoh-contoh teks di mana dapat ditemukan jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya! Satu jenis tulisan untuk satu jenis paragraf.

Jawaban:

Paragraf eksposisi dapat ditemukan dengan mudah pada teks berita. Paragraf deskripsi dapat ditemukan dalam karya tulis ilmiah. Paragraf persuasi bisa ditemukan dalam teks iklan. Paragraf argumentasi dapat ditemukan di dalam teks opini. Sedangkan paragraf narasi mudah ditemukan pada prosa seperti cerita pendek.

Pertanyaan 5

Umumnya karya jurnalistik menggunakan jenis paragraf eksposisi dan/atau deskripsi, namun ada satu jenis karya jurnalistik yang dapat menggunakan paragraf narasi, apakah nama karya tulis jurnalistik itu?

Jawaban:

Karya tulis jurnalistik yang bisa menggunakan paragraf narasi di dalamnya adalah feature. Pada teks feature penulis diberi kebebasan untuk menuliskan narasinya terhadap objek yang ingin diberitakan.

Pertanyaan 6

Apa perbedaan yang mendasar pada paragraf karya tulis di media cetak dengan karya tulis di media online atau daring?

Jawaban:

Perbedaannya terletak pada jumlah baris, paragraf pada media online biasanya hanya berkisar antara 3-4 baris per paragraf, sedangkan tulisan di media cetak bisa lebih panjang.

Pertanyaan 7

Apa perbedaan paragraf pada karya tulis ilmiah dengan karya tulis non-ilmiah?

Jawaban:

Pada karya tulis ilmiah, paragraf harus ditulis dengan ragam bahasa ilmiah dan harus didukung oleh referensi yang bisa menguatkan kebenarannya sedangkan pada karya tulis non-ilmiah paragraf dapat ditulis dengan bahasa yang lebih santai dan bisa berdasarkan opini pribadi semata.

Pertanyaan 8

Apa yang dimaksud dengan kohesi dan koherensi dalam sebuah paragraf?

Jawaban:

Kohesi adalah kesatuan bentuk yang dapat membentuk ikatan sintaktik dalam wacana atau teks secara struktural. Sedangkan koherensi adalah pertalian makna atau isi kalimat dalam sebuah paragraf.

Pertanyaan 9

Apa yang terjadi jika paragraf tidak ditulis dengan baik di dalam sebuah tulisan?

Jawaban:

Ketika paragraf tidak ditulis dengan baik, pembaca akan kebingungan dalam menemukan gagasan utama dari sebuah paragraf di dalam suatu teks tertentu. Hal ini akan menyebabkan nilai yang ingin disampaikan oleh teks tersebut tidak dapat sampai pada pembaca.

Pertanyaan 10

Apa yang dapat dilakukan agar paragraf yang kita tulis dapat mengalir dengan baik dan tidak kaku?

Jawaban:

Sebuah paragraf dapat mengalir dengan baik ketika penulis memperhatikan kohesi dan koherensi dari paragraf tersebut. Untuk mendapatkan hal tersebut penulis dapat menggunakan kata penghubung yang tepat serta memperhatikan induk dan anak kalimat.

Pertanyaan 11

Adakah jenis teks atau tulisan yang tidak ditulis dalam bentuk paragraf? Jika ada, tolong sebutkan!

Jawaban:

Ada. Contoh tulisan yang tidak ditulis dengan paragraf yaitu puisi, pantun dan teks prosedur.

Pertanyaan seputar paragraf lainnya

Di atas kita sudah coba membahas beberapa pertanyaan tentang paragraf lengkap dengan jawabannya. Hanya saja, jika pertanyaan-pertanyaan di atas dapat dikatakan sebagai pertanyaan tentang paragraf yang susah, selain itu bisa saja ada pertanyaan yang umum muncul bahkan di buku teks pelajaran.

Beberapa pertanyaan lainnya seputar paragraf yang mungkin bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

  • Apa yang dimaksud dengan paragraf?
  • Sebutkan ciri-ciri dari paragraf!
  • Sebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah paragraf!
  • Tuliskan contoh dari paragraf [tertentu]!
  • Sebutkan dan jelaskan apa saja yang termasuk dalam unsur paragraf!
  • Jelaskan yang kamu ketahui mengenai struktur sebuah paragraf!
  • Apa perbedaan kalimat utama dan kalimat pendukung/penjelas dalam sebuah paragraf?
  • Apa yang dimaksud dengan transisi dalam paragraf dan sebutkan contohnya!
  • Bagaimana ciri-ciri sebuah paragraf agar dapat dikatakan paragraf yang baik?

Selain dari beberapa pertanyaan di atas masih banyak lagi pertanyaan yang bisa dibuat dari materi mengenai paragraf. Mengenali dan memahami materi tentang paragraf mungkin memang agak sedikit sulit karena saking banyaknya jenis paragraf itu. Hanya saja, semoga apa yang saya tuliskan di sini bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi kamu, terutama kamu yang masih berstatus sebagai pelajar di sekolah.

Nah, itulah pembahasan kita kali ini mengenai pertanyaan tentang paragraf dan jawabannya. Semoga apa yang saya tuliskan ini bisa bermanfaat ya. Dan seperti biasa, jika ada hal yang ingin kamu tanyakan atau kritisi, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah tulisan ini. Terima kasih banyak sudah mau mampir dan membaca.[]

Tinggalkan komentar

error: