Home ยป 7 Tips Memilih Jam Tangan Pria yang Bagus

7 Tips Memilih Jam Tangan Pria yang Bagus

tips memilih jam tangan pria

Saat ingin membeli sebuah jam tangan, mungkin saja ada keraguan di hati Anda. Bagaimana cara atau tips memilih jam tangan pria yang bagus? Pasalnya ada banyak sekali jam tangan yang bisa dipilih. Mana yang harus Anda pilih?

Apalagi jika Anda memiliki anggaran atau budget yang terbatas. Apakah ada jam tangan murah tapi tetap berkualitas? Pun jika saya punya anggaran yang berlebih, tidak mungkin ingin memiliki semuanya, bukan? Saya merasakan hal yang demikian dan saya rasa Anda juga sama.

Oleh karena itulah, saya coba menuliskan artikel ini dengan harapan bisa membantu Anda. Temukan berbagai tips berguna di bawah.

Tips Memilih Jam Tangan Pria

Saya pribadi sudah beberapa kali membeli jam tangan. Memang yang saya beli bukanlah jam tangan mahal, namun tetap saja saya harus berpikir dan riset terlebih dahulu tentang berbagai merk tertentu sesuai dengan kemampuan saya.

Nah, jika Anda sedang mencari jam tangan dan butuh tips untuk memilih jam tangan pria yang bagus. Beberapa tips di bawah barangkali bisa menjawab keraguan Anda.

Pertimbangkan kebutuhan

Hal pertama yang perlu dipikirkan saat ingin mencari jam tangan adalah seperti apa kebutuhan kita. Jika Anda adalah seorang pekerja kantoran yang 5 hari dalam seminggu masuk kantor, tentu akan lebih baik menggunakan jam tangan formal. Terlebih jika Anda adalah pejabat tingkat tinggi atau staf pengajar.

Namun jika Anda adalah seseorang yang lebih banyak beraktivitas di luar, jam tangan sport sepertinya cocok dengan Anda.

Di samping itu, Anda bisa mengunakan jam tangan spesifik jika memang itu yang Anda butuhkan. Misalnya membeli smartwatch yang bisa membantu Anda mengatur jadwal harian atau jam tangan lapangan jika Anda adalah polisi hutan atau sejenisnya.

Pilih ukuran sesuai lingkar tangan

Parameter satu ini tidak kalah penting. Anda perlu mempertimbangkan lingkar pergelangan tangan sebelum memilih jam tangan tertentu. Jam tangan sport umumnya memiliki diameter yang besar. Itu akan kurang cocok jika pergelangan tangan Anda kecil.

Di samping itu, jam kasual memiliki beragam bentuk dan ukuran, mungkin itu cocok dengan ukuran lingkar pergelangan tangan Anda.

Oh ya, ukuran yang dipertimbangkan tidak terbatas pada diameter jam saja, tetapi juga ukuran tali atau stap jam tangan tersebut.

Tentukan display dan movement

Anda juga bisa memilih tipe jam berdasarkan display-nya. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, silakan pilih analog atau digital. Sebaiknya tidak memilih jam tangan hybrid karena sudah pasti jam itu tebal karena menggunakan 2 mesin.

Omong-omong soal mesin, ini berkaitan dengan movement atau sumber gerak jamnya. Anda bisa mempertimbangkan jam quartz yang menggunakan mesin elektonik, jam otomatis/mekanik, kinetik, atau bahkan solar (tenaga surya).

Perhatikan kualitas material

Jika Anda ingin usia pakai jam tersebut lama, tentu Anda tidak bisa mengabaikan kualitas material, bukan? Perhatikanlah material jam dan strap-nya. Saya pribadi lebih suka jam metal, meskipun itu cukup berat. Atau boleh jam plastik asalkan plastiknya itu berkualitas baik. Namun ada kualitas, tentu ada harga, bukan?

Bahkan kalau bisa, cermati atau tanyakan lebih detail tentang material yang dipakai. Misal jika itu logam, logam jenis apa atau campuran apa saja. Setiap material tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Periksa build quality

Masih soal kualitas, tapi kali ini adalah build quality atau kualitas perakitannya. Pilihlah jam tangan yang kompak alias tidak ringkih.

Saya juga sarankan Anda untuk memilih jam yang celahnya tertutup rapat agar tidak dimasuki oleh uap air atau bahkan air itu sendiri. Meskipun jam tangan itu diklaim anti air, sebaiknya jangan membiarkan air masuk.

Pasalnya bagus tidaknya sebuah jam tangan tidak semata dari mesin dan material, tapi juga dari kesempurnaan perakitannya.

Cocokkan warna dengan kulit Anda

Kulit saya tidak putih, jadinya saya akan menghindari membeli jam putih. Jam yang pernah saya beli warnanya rata-rata gelap. Entahlah saat saya kecil dulu, saya tentu lebih suka jam berwarna.

Tapi artikel ini toh jam tangan untuk pria, sebaiknya pilih yang warnanya elegan dan tidak macam-macam, asalkan cocok dengan warna kulit kita. Namun jika Anda ingin aman, warna gelap seperti hitam agaknya cocok-cocok saja dengan warna kulit apapun. Bagaimana menurut Anda?

Sesuaikan dengan budget

Tips memilih jam tangan pria selanjutnya adalah menyesuaikannya dengan budget atau anggaran Anda. Kita mungkin pengen jam tangan bagus, seperti jam tangan mewah tadi itu misalnya, tapi budget jelas gak mencukupi.

Lagipula tidak cocok mungkin dengan gaya hidup kita. Jadi, pastikan Anda mempertimbangkan parameter harga juga ya. Inti dari sebuah jam tangan itu adalah fungsionalitas, bukan?

Cuma memang gengsi juga jika harus membeli jam tangan yang terlalu murah (jika tidak bisa disebut murahan). Tapi jangan khawatir juga, masih ada kok pilihan jam tangan pria murah berkualitas yang bisa Anda beli. Anda juga bisa membeli merk jam tangan lokal jika ingin mendukung industri dalam negeri.

Kesudahannya, semuanya dikembalikan pada Anda. Anda lah yang berhak menentukan merk atau produk mana yang akan Anda pilih. Hanya saja, cermatilah produk yang akan Anda beli itu agar bisa mendapatkan jam tangan yang sesuai dengan kebutuhan.

Semoga Anda bisa menemukan jam tangan pria terbaik. Baik untuk Anda sendiri, atau untuk dihadiahkan pada orang-orang yang Anda sayangi.

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *