10 Alasan Masuk Teknik Sipil yang Tepat

Sewaktu S1 dulu, saya berkesempatan berkuliah dan diwisuda sebagai sarjana teknik mesin. Saya memilih jurusan ini karena peluang kerja teknik mesin itu sangat luas. Namun tidak hanya teknik mesin, berbagai jurusan fakultas teknik lainnya juga memiliki prospek kerja yang bagus, salah satunya adalah teknik sipil. Barangkali itu juga lah yang menjadi alasan masuk teknik sipil bagi banyak mahasiswa atau calon mahasiswa.

Tapi pertanyaannya, apakah alasan memilih jurusan teknik sipil hanya itu saja? Tentu saja tidak, ada banyak alasan lainnya yang bisa menguatkan kamu untuk masuk ke jurusan bergengsi satu ini. Mau tahu atau mau tahu banget?

Tenang saja, selepas ini saya akan mengajak kamu untuk membahasnya kok. Jadi jangan khawatir dan simak baik-baik ya.

Sekilas Tentang Jurusan Teknik Sipil

Sebelum kita lanjutkan pembahasan mengenai alasan masuk teknik sipil, tentu akan lebih baik jika kita bahas terlebih dahulu apa jurusan teknik sipil itu. Tenang saja, tidak akan lama kok. Saya akan bahas sekilasnya saja biar kamu dapat gambaran tentang jurusan satu ini.

Sederhananya, jurusan teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari berbagai hal tentang merancang, membangun hingga merenovasi gedung, infrastruktur hingga lingkungan demi kemaslahatan hidup manusia. Sebagaimana jurusan teknik yang lain, di teknik sipil kamu juga akan berkutat dengan pelajaran fisika terapan.

Lulusan teknik sipil banyak pekerja sebagai kontraktor atau konsultan yang berkaitan dengan proyek pengerjaan bangun dan infrastruktur. Selain itu, lulusan teknik sipil juga bisa memiliki kepakaran seputar gempa dan hal yang berkaitan dengan tanah dan sebagainya.

Saya pribadi berani bilang kalau teknik sipil adalah salah satu jurusan yang peluang kerjanya besar di dunia kerja.

Baca juga : Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Besar di Masa Depan

Alasan Masuk Teknik Sipil

Kita sudah mengenal jurusan teknik sipil secara sepintas tadi, lantas apa yang layaknya kita jadikan alasan untuk masuk ke jurusan ini? Sebagai calon mahasiswa, tentu kamu harus menemukan alasan yang kuat, bukan? Ini agar kamu tidak salah jurusan nantinya dan kesulitan bertahan di jurusan kuliah tersebut.

Jika memang kamu sedang mencari alasan untuk menguatkan pilihanmu masuk ke jurusan teknik sipil, berikut beberapa alasan masuk teknik sipil yang mungkin saja cocok dengan kamu.

1. Melanjutkan ilmu di sekolah menengah

Beberapa sekolah menengah kejuruan punya berbagai jurusan yang berkaitan dengan ilmu teknik sipil, salah satu contohnya adalah jurusan teknik bangunan. Jika jurusanmu linear dengan teknik sipil, kamu punya alasan yang kuat untuk masuk ke teknik sipil lho.

Namun kamu perlu teliti juga, jenjang apa yang ingin kamu masuki nanti. Jika jenjang akademik (S1) berarti kamu akan lebih banyak belajar tentang teori dibanding praktek. Komposisinya 70:30. Beda hal dengan jenjang vokasi (Diploma III/IV) yang lebih banyak prakteknya.

Kalau akhirnya kamu memilih diploma, kamu juga mesti cari tahu perbedaan D3 dan D4 agar kamu bisa menentukan jalan karirmu setelah tamat nanti.

2. Memiliki minat di bidang teknik sipil

Perjalananmu di kampus nanti akan lancar jika kamu memiliki minat terhadap jurusan yang kamu ambil. Memang sih minat bisa dibangun, tetapi jika kamu sudah memiliki minat dari awal, itu akan lebih bagus. Teknik sipil atau rekayasa sipil adalah bidang yang sangat menarik dan dibutuhkan sepanjang masa. Jika kamu memiliki minat di sana, pertimbangkan jurusan ini sebagai jurusan kuliahmu nantinya.

3. Melanjutkan tradisi keluarga

Tidak sedikit mahasiswa teknik sipil yang berasal dari keluarga lulusan teknik sipil juga. Entah itu salah satu orang tuanya, keduanya atau kerabat lain yang berasal dari lulusan teknik sipil. Dulu saya pernah bertanya pada teman yang kuliah di jurusan sipil, katanya banyak teman sekelasnya yang anak dari kontraktor konstruksi sipil atau sejenisnya. Jika keluargamu adalah lulusan teknik sipil, apalagi jika punya perusahaan konstruksi, sangat tepat jika kamu mengikuti jalannya juga.

4. Bercita-cita menjadi insinyur sipil

Di luar orang-orang yang memang punya latar belakang keluarga dari lulusan teknik sipil, lebih banyak lagi orang-orang dari keluarga umum yang masuk teknik sipil karena memiliki cita-cita menjadi insinyur teknik sipil. Apakah kamu termasuk salah satu dari mereka itu? Jika iya, pupuk cita-citamu dari sekarang juga.

5. Ingin berkontribusi dalam kemaslahatan manusia

Jurusan teknik sipil adalah jurusan yang memberikan banyak manfaat dalam kemaslahatan hidup manusia. Jalan-jalan yang kita lalui, bangunan yang kita tinggali bahkan bumi yang kita pijak adalah objek dan lingkungan kerja para lulusan teknik sipil. Jika nanti kamu menjadi lulusan teknik sipil dan bekerja sepenuh hati dengan niat memajukan kehidupan manusia, yang kamu dapatkan tidak hanya uang atau harta tetapi juga pahala. Menarik sekali, bukan?

6. Prospek kerja yang luas

Prospek kerja teknik sipil itu sangat luas lho teman-teman. Selain bisa menjadi kontraktor, lulusannya juga bisa menjadi peneliti, dosen, konsultan dan sebagainya. Lulusan teknik sipil akan tetap dibutuhkan sampai kapanpun juga, terutama di negara berkembang seperti Indonesia yang butuh pembangunan infrastruktur yang lebih banyak dan lebih baik lagi ke depannya.

7. Ilmu teknik sipil terus berkembang

Tahukah kamu bahwa di luar negeri orang-orang sudah mulai mengembangkan struktur segi enam seperti sarang lebah. Dalam ilmu konstruksi, struktur tersebut memberikan nilai kekuatan dan efisiensi yang tinggi pula. Selain itu, berbagai bahan dikembangkan untuk menghasilkan bangunan dengan kualitas yang lebih baik. Itu artinya ilmu teknik sipil ini terus berkembang, sehingga menjadi alasan yang tepat untuk kamu berkuliah di jurusan ini.

8. Punya bakat di bidang fisika terapan

Sebelumnya saya sudah sempat menyinggung soal fisika terapan. Memang rata-rata jurusan teknik itu berkaitan erat dengan bidang fisika terapan. Di jurusan teknik sipil, ada namanya mekanika fluida yang merupakan salah satu cabang ilmu fisika. Jika kamu punya bakat di bidang fisika terapan, jangan ragu untuk memilih teknik sipil.

9. Solidaritas mahasiswa yang kuat

Sebagaimana jurusan teknik lainnya, mahasiswa di jurusan teknik sipil memiliki solidaritas yang kuat lho. Jumlah mahasiswa laki-lakinya umumnya lebih banyak dari perempuan. Lingkungan pertemanan di jurusan teknik sipil umumnya juga bagus. Jadi diharapkan mahasiswa betah untuk berkuliah di jurusan ini.

10. Melatih pola pikir kreatif dan solutif

Nyatanya kehidupan terkadang memang tidak berjalan sebagaimana rencana awal. Saya pribadi awalnya juga berniat menjadi profesional di bidang teknik, tapi akhirnya saya memilih jalur yang lain yaitu menjadi akademisi dengan mengambil pendidikan lanjutan S2 dan S3. Nah, ketika kamu kuliah di jurusan teknik sipil, kamu akan berlatih untuk mengubah pola pikir menjadi kreatif dan solutif. Jadi jika kelak kamu tidak bisa bekerja di perusahaan atau instansi, kamu punya bekal untuk membuat pekerjaanmu sendiri atau bahkan menciptakan lapangan pekerjaan.

Baca juga : Jurusan Teknik Mesin, Prospek Kerja dan Seluk-beluknya

Nah, itulah beberapa alasan masuk teknik sipil yang sengaja saya kumpulkan sebagai penguat keinginan hati kamu untuk masuk ke jurusan teknik sipil. Alasan-alasan di atas hanya sebagai pembantu pertimbangan, ada pun keputusannya sebaiknya kamu pikirkan matang-matang dan diskusikan dengan orang-orang terdekatmu dulu. Semoga kelak kamu bisa berkuliah di jurusan yang terbaik, baik itu teknik sipil ataupun lainnya.[]

Tinggalkan komentar

error: