5 Cara Mudah Mendisiplinkan Diri Untuk Belajar

Apakah kamu adalah seseorang yang hobi belajar? Tunggu dulu, apa iya memang ada orang yang hobi belajar? Pasalnya belajar adalah kegiatan yang tidak hanya menguras otak dan menghabiskan energi, tapi ia juga gampang membuat kita bosan, apalagi jika harus mempelajari materi-materi yang berat seperti Fisika dan sebagainya. Itulah mengapa seringkali kita berat untuk belajar, sehingga butuh cara untuk mendisiplinkan diri untuk mengerjakan hal yang berat tersebut.

Oh ya, omong-omong soal belajar, saya pernah lho mengulis tentang cara menjadi pintar tanpa belajar, jika kamu tertarik untuk membacanya, kamu bisa mengeklik tautan ini : Cara Menjadi Pintar Tanpa Belajar, Fakta atau Mitos?

Kembali ke topik, memangnya kenapa sih kita perlu mendisiplinkan diri untuk belajar? Jawabannya adalah agar kita bisa mengalokasikan waktu harian kita dengan tepat. Jangan sampai waktu kita habis untuk melakukan hal yang berupa hiburan saja, sementara nyatanya kita berstatus pelajar atau mahasiswa. Mendisiplinkan diri untuk belajar juga akan membantu kita mendapatkan nilai yang bagus sehingga bisa saja kita menjadi terkenal di sekolah atau kampus.

Namun, bagaimana sih cara yang mudah untuk mendisiplinkan diri untuk belajar itu? Yuk, mari disimak lebih lanjut.

Cara Menjadi Disiplin Dalam Belajar

Rasanya saya tidak perlu lagi menjelaskan mengapa kita harus belajar, toh itu sudah kita ketahui dengan betul. Hanya saja, seringkali kita malas untuk melakukannya karena belajar memang tak selamanya menyenangkan. Oleh karena itu, beberapa cara di bawah ini barangkali dapat membantumu “memaksa” dirimu untuk belajar lebih baik lagi.

Memasang niat yang benar

Sebelum belajar, perlu kiranya untuk memasang niat yang benar dalam diri kita agar proses belajar yang kita jalankan bisa bermanfaat dan bernilai ibadah juga. Niat yang benar akan membuat kita senantiasa termotivasi untuk melakukan kegiatan belajar karena ada yang ingin kita tuju. Sebagai contoh, belajar agar cepat pintar dan bisa membahagiakan orang tua dengan hasil belajar kita. Jadi, agar kita bisa disiplin dalam belajar, yuk benarkan dulu niat kita.

Sering-sering ngaca atau lihat kondisi kita

Jika ternyata niat yang sudah benar tak cukup mampu memotivasi dirimu untuk disiplin dalam belajar, kamu perlu melakukan hal yang lebih. Adapun hal yang saya sarankan adalah ngaca. Lho kok ngaca? Iya, coba berkaca dan ingat-ingat betul siapa diri kita. Apakah kamu adalah anak orang kaya yang jadi pewaris kekayaan dan kerajaan bisnis mereka, atau kah kamu hanya seorang anak petani atau pegawai biasa. Ingat-ingatlah bagaimana susahnya orang tua dalam menyekolahkan kita. Sebab dengan demikian motivasi kita akan terpacu dan disiplin dalam belajar bukan lagi hal yang sulit bagimu.

Memberikan hadiah (reward) pada diri sendiri

Cara unik yang bisa dilakukan untuk mendisiplin diri dalam belajar adalah memberikan hadiah atau reward pada diri kita sendiri atas prestasi kita yang sudah mengalahkan rasa malas untuk belajar itu. Di berbagai pelatihan mengenai strategi sukses di kampus yang saya berikan, saya kerap memberikan contoh reward bagi diri sendiri setelah belajar untuk para peserta.

Misalnya jika kamu harus belajar dengan membaca buku, kamu bisa menyelipkan sebuah permen di setiap sekian halaman buku. Kemudian kamu belajar dengan membaca buku tersebut dengan baik, setelah itu kamu makan tuhu permennya ketika sampai di halaman tersebut. Selanjutnya kamu bisa belajar lagi hingga sampai ke halaman yang ada permennya lagi, tapi ya jangan curang dengan membolak-balik halaman dengan cepat ya.

Contoh di atas mungkin akan berlaku bagimu, tapi mungkin kamu perlu reward yang lain juga. Dan cara memberikan reward ini ampuh lho untuk memotivasi seseorang untuk belajar. Bukan kata saya saja, Mbak Shafira–teman blogger saya–yang ngeblog di ceritamamah.com juga menulis bahwa cara ini cocok untuk memotivasi anak dalam belajar. Jadi, bisa digunakan juga buat memotivasi adik atau keponakan kita.

Memberikan hukuman (punishment) juga bisa

Meski kita bisa berusaha mendisiplinkan diri dalam belajar dengan memberikan hadiah bagi diri sendiri, tapi nyatanya ada juga orang lain yang tidak mempan dengan itu. Sehingga butuh cara lain bagi mereka untuk disiplin dalam belajar. Nah, cara yang saya sarankan adalah mengukum atau memberikan punishment bagi diri kita. Eh, tapi hukuman yang diberikan jangan hukuman yang bisa menyakiti, merugikan atau mencelakakan diri kita ya. Pilihlah hukuman yang bisa membuat diri kita lebih disiplin.

Sebagai contoh, misalkan jika kita tidak bisa konsisten dengan waktu belajar yang sudah ditentukan, kita bisa memberikan hukuman pada diri kita yaitu harus bangun subuh dan lari pagi di akhir pekan. Jadinya, meski dibilang hukuman, itu masih bermanfaat bagi diri kita, bukan?

Buat target pencapaian yang tinggi

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membuat diri kita bisa disiplin dalam belajar adalah dengan membuat pencapaian yang tinggi. Kenapa harus tinggi? Ya, aga semangat untuk belajarnya juga tinggi. Meski pada awalnya terkesan sulit, membuat target yang tinggi tidak ada salahnya. Setelah target tersebut dibuat, kita perlu untuk berusaha sekuat mungkin agar bisa mencapainya. Selain itu, kuatkan juga doa dan menyerahkan kepada Tuhan tentang hasil yang akan kita dapatkan. Apapun yang kita dapatkan, belajarlah untuk mensyukurinya.

Nah, beberapa cara-cara agar disiplin dalam belajar di atas cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Kamu tidak perlu melakukan semuanya, pilihlah beberapa cara yang sekiranya paling mudah dan mungkin untuk kamu lakukan. Jika satu cara tidak cukup, maka tambahkan cara yang lainnya. Semoga artikel sederhana ini bisa membantu ya.[]

Tinggalkan komentar

error: