Home » 7 Fungsi Memori Internal dan Eksternal HP Android

7 Fungsi Memori Internal dan Eksternal HP Android

fungsi memori internal dan eksternal hp

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang apa fungsi memori internal dan eksternal bagi HP atau smartphone? Pertanyaan ini mungkin terkesan tidak terlalu penting, tapi bagi sebagian orang ini cukup membuat penasaran. Apalagi keduanya punya peranan yang berbeda.

Sebelum lebih jauh, kita perlu menyepakati bahwa memori internal dalam pembahasan kita adalah ruang penyimpanan internal. Jadi bukan RAM melainkan internal storage (Read Only Memory/ROM). Sedangkan memori eksternal yang saya maksud adalah penyimpanan eksternal.

Pada dasarnya ada banyak jenis memori eksternal, tapi yang kita bahas fokus pada kartu memori SD dalam format micro SD–karena ini jenis kartu yang dipakai smartphone saat ini. Karena sudah dijelaskan, mari kita lanjutkan pembahasan.

Fungsi Memori Internal

Memori internal adalah penyimpanan bawaan yang ada pada suatu HP atau smartphone. Pada dasarnya, semua HP punya memori internal, sebab jika tidak ia tidak akan bisa berfungsi. Ukurannya berbeda-beda, namun fungsi memori internal sama, yaitu sebagai berikut.

Penyimpan berkas sistem

Fungsi utama sebuah memori internal adalah menyimpan semua berkas sistem atau sistem operasi dari HP. Terkhusus untuk ponsel pintar, sistem operasi mengambil porsi yang cukup besar.

Sebagai contoh, HP yang saya gunakan saat ini adalah Realme 3 keluaran tahun 2019. Kapasitas ROM atau penyimpanan internalnya adalah 32 GB namun sudah terpakai 9,6 GB untuk sistem. Pada awalnya penggunaan memori oleh sistem tentu tidak sebanyak itu, tetapi ketika versi Android terus diperbaharui berikut dengan UI, maka data yang tersimpan akan semakin besar.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa ruang penyimpanan yang tersisa tidak sepenuh total kapasitas memori pada spesifikasi HP.

Penyimpan data aplikasi

Secara default, data-data aplikasi akan tersimpan pada penyimpanan internal. Untuk sama-sama kita ketahui, sebuah aplikasi dapat berjalan jika data yang ia butuhkan telah diunduh dari server.

Saat Anda menemukan ukuran aplikasi yang hanya puluhan megabytes (MB) pada toko aplikasi seperti Google Playstore, itu hanya ukuran aplikasinya saja. Setelah aplikasi terpasang dan terhubung ke internet, ia akan mulai mengunduh sejumlah data. Jumlahnya bisa mencapai ratusan MB hingga lebih dari 1 GB.

Gudang cache

Dalam bahasa Indonesia, cache berarti tembolok. Istilah ini mengacu pada sejumlah data yang diunduh sistem atau aplikasi dan bersifat sementara. Data ini berguna agar aplikasi tidak perlu mengunduh data yang sama secara berulang.

Hanya saja, terkadang kita tidak lagi membutuhkan berkas cache tadi. Sebagai contoh, aplikasi browser akan menyimpan cache dari situs yang pernah kita kunjungi. Namun bisa jadi kita tidak akan mengunjungi situs tersebut lagi, jadi data cache-nya tidak berguna.

Sebagian orang memilih untuk menghapus berkas cache karena saat berkas ini menumpuk bisa membuat memori internal penuh. Anda pun bisa melakukan hal yang sama, namun Anda perlu hati-hati karena file cache juga termasuk backup data dari suatu aplikasi.

Gudang berkas multimedia

Fungsi memori internal yang terakhir adalah sebagai ruang atau gudang penyimpanan berkas multimedia. Berkas multimedia ini bisa yang kita produksi sendiri melalui kamera, rekaman, dan sebagainya. Bisa pula yang dapat dari unduhan.

Berkas multimedia dapat sangat menguras kapasitas memori, terutama jika Anda sering merekam video atau mengambil foto dengan resolusi tinggi. Hal itulah yang membuat sebuah memori eksternal menjadi kebutuhan pengguna smartphone di zaman ini.

Fungsi Memori Eksternal

Jika tadi kita sudah membahas fungsi dari memori internal, sekarang kita beralih pada fungsi memori eksternal HP. Memori eksternal yang kita maksud adalah kartu memori HP.

Alternatif penyimpan data aplikasi

Pada sebagian jenis HP, memori eksternal dapat difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan data aplikasi. Ada cara khusus untuk bisa mengubah pengaturan dari internal ke eksternal, Anda bisa menemukan tutorialnya di YouTube atau di Google.

Memori eksternal yang dapat menyimpan data aplikasi tentu akan sangat membantu. Namun ia masih memiliki kekurangan karena memori eksternal sangat bergantung pada aliran daya. Memori eksternal juga dapat bermasalah sehingga data aplikasi dapat hilang.

Jadi, do at your own risk atau Anda bertanggung jawab penuh atas resiko yang terjadi ketika memori eksternal dialih fungsi jadi internal.

Tempat pencadangan data

Saya pribadi menggunakan memori eksternal HP sebagai tempat pencadangan atau backup data. Ketika memori internal penuh, saya akan mencoba untuk memindahkan berbagai berkas (khususnya multimedia) ke sana. Ini cukup membantu, sebab total memori yang terpakai untuk mencadangkan gambar saja sudah 15 GB lebih.

Itu belum semua lho, kalau datanya masih banyak, saya biasanya hubungkan ke laptop untuk mencadangkan data. Selain itu, Anda juga bisa memilih flashdisk terbaik sebagai media backup data HP.

Penyimpan berkas multimedia

Sama halnya dengan memori internal, memori eksternal juga bisa dijadikan tempat menyimpan berbagai berkas multimedia. Malah saya lebih menyarankan menyimpannya di memori eksternal biar yang internal tidak sesak.

Anda bisa memasukkan banyak berkas video, audio, hingga gambar ke memori eksternal. Lagi pula berkas-bekas tersebut juga tidak sering dibuka, bukan?

Pada intinya fungsi memori eksternal HP adalah untuk membantu memori internal agar lebih lega. Saat memori internal HP lega–maksudnya banyak ruang kosong–maka performa HP akan baik. Hal ini dikarenakan HP akan lebih lancar mengakses berkas sistem dan aplikasi di memori internal tersebut.

Kesimpulan

Setelah semua penjelasan di atas, tentu kita sudah dapat gambaran dari kesimpulannya. Baik memori internal dan eksternal punya fungsi masing-masing pada sebuah HP atau smartphone. Namun tentu saja memori internal lebih penting.

Ponsel pintar seperti iPhone bahkan tidak memiliki slot untuk memori eksternal, pengguna iPhone hanya mengandalkan memori internal dan mungkin juga penyimpanan awan (cloud). Beda hal dengan perangkat Android yang punya slot memori tambahan hingga maksimal ratusan GB.

Tidak ada salahnya untuk memiliki memori tambahan jika HP Anda mendukungnya. Kabar baiknya, ada cukup banyak merk memori HP yang bagus yang beredar di pasaran saat ini.

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *