Home » 11 Merk Flashdisk Terbaik yang Murah dan Berkualitas

11 Merk Flashdisk Terbaik yang Murah dan Berkualitas

merek flashdisk terbaik

Media penyimpanan kecil bernama flashdisk ini agaknya adalah idaman banyak orang. Tidak seperti hard disk ataupun SSD eksternal, flashdisk lebih ringan dan juga murah. Tak heran banyak merk flashdisk terbaik yang berlomba-lomba mengeluarkan produk mereka.

Namun pertanyaannya, dari semua produk flashdisk yang ada, mana yang bagus untuk dipilih? Jawabannya tentu tidak bisa asal-asalan saja sebab  data adalah hal yang sangat penting. Coba bayangkan, jika Anda salah pilih flashdisk yang tidak berkualitas, Anda menyimpan data penting di sana, tapi belum beberapa waktu flashdisk-nya tidak dapat dibuka. Apa perasaan Anda?

Namun tenang saja, di bawah ada beberapa rekomendasi flashdisk yang bagus dan berkualitas untuk Anda. Namun sebelum itu, kita juga akan bahas beberapa tips agar bisa menemukan flashdisk yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Tips Memilih Flashdisk Berkualitas

Agar bisa mendapatkan flashdisk berkualitas, kita perlu mencermati beberapa tips atau kiat. Ada banyak sih sebenarnya, tapi beberapa yang terpenting dari tips tersebut adalah sebagai berikut.

Pertimbangkan kapasitas penyimpanan

Hal pertama adalah mempertimbangkan kapasitas penyimpan dari flashdisk tersebut. Untuk bisa menentukan kapasitas yang tepat, pertimbangkanlah kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mencari flashdisk sebatas alat untuk memindahkan dokumen penting untuk dicetak dan sebagainya, kapasitas kecil tidak terlalu masalah.

Beda hal jika Anda ingin mencari sebuah flashdisk yang akan Anda pakai untuk mencadangkan (backup) berkas multimedia dari smartphone atau komputer Anda. Selain memilih kapasitas yang cukup besar, tidak ada salahnya memilih flashdisk yang ada opsi micro USB juga. Biar tidak perlu menggunakan USB OTG agar bisa terhubung ke smartphone.

Oh ya, kapasitas flashdisk terkecil (yang direkomendasikan) saat ini adalah 8GB, Anda mungkin masih bisa mencari flashdisk yang lebih kecil dari itu, tapi nanggung banget. Sedangkan yang terbesar bisa mencapai 1TB, hanya saja menurut saya lebih baik beli HDD eksternal 1TB ketimbang flashdisk jika ukurannya sebesar itu.

Cek kecepatan transfer data

Teknologi port USB sekarang sudah sampai ke 3.0 atau generasi ketiga. Generasi terbaru ini tentu memiliki kecepatan transfer data yang lebih baik dari 2.0. Saat ingin membeli flashdisk, pilihlah yang mendukung USB 3.0 agar dapat melakukan transfer data yang lebih cepat.

Umumnya sebuah produk flashdisk menyertakan spesifikasi kecepatan transfer data yang bisa dijalankan oleh flashdisk tersebut. Anda bisa memperhatikannya pada kemasan, atau pada deskripsi produk jika membelinya secara online. Pun kalau tidak ada, Anda bisa bertanya pada penjual.

Namun secara garis besar, perbedaan kecepatan transfer USB 3.0 dengan USB 2.0 bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Pilih hanya produk asli dan bergaransi

Jangan tergiur dengan harga yang murah. Seringkali barang yang murah itu memiliki kualitas produk yang tidak bisa kita harapkan. Hal ini terjadi karena barang yang dijual murah umumnya adalah barang KW atau palsu. Sementara flashdisk fungsinya menyimpan data penting, karena itu pilihlah hanya produk asli.

Selain itu, Anda juga layak mempertimbangkan garansi sebuah produk. Produk asli biasanya membawa garansi resmi. Untuk flashdisk, garansinya bahkan bisa sampai 5 tahun. Adanya garansi ini akan memberikan Anda jaminan untuk dapat komplain pada merk jika terjadi kerusakan dari pabrik.

Lagipula, harga flashdisk asli saat ini tidak mahal, dengan sekitar 50 ribu rupiah saja kita sudah bisa mendapatkan flashdisk asli, bergaransi, dan berkualitas.

Keamanan dan daya tahan

Untuk sektor keamanan sendiri, yang paling gampang adalah mengecek material yang dipakai dalam pembuatan flashdisk tersebut. Umumnya sih plastik, tapi plastik ini kan ada yang tipis dan tebal. Ada yang keras, dan lunak. Selain itu, beberapa flashdisk memiliki pelindung dan penutup.

Ada juga flashdisk premium yang memiliki fitur enkripsi, seperti SanDisk Cruzer Extreme Pro, flashdisk ini memungkinkan pengguna untuk mengunci folder dengan password.

Tapi sayangnya, karena ini flashdisk premium, harganya bisa hingga jutaan. Kalau untuk kebutuhan standar, ada kok flashdisk yang harganya puluhan hingga seratus ribuan saja.

Pilih merk terbaik

Tips memilih flashdisk yang terakhir adalah memilih merk terbaik. Ini seperti sebuah jalan pintas. Dari pada repot-repot menimbang-nimbang ini dan itu, membeli produk dari merk flashdisk terbaik agar memberikan Anda performa yang terbaik juga.

Memang tips terakhir ini tidak sepenuhnya benar, hanya saja merk adalah aset yang terlalu berharga untuk dipertaruhkan dengan produk tidak berkualitas, bukan?

Lalu, apa saja yang termasuk merk terbaik itu? Saya sudah ulas di bawah.

Merk Flashdisk Terbaik dan Berkualitas

Oke, sekarang yuk kita bahas satu per satu merk itu. Saya akan sertakan juga kisaran harga flashdisk original mereka. Bagaimana pun, saya sangat menyarankan Anda untuk membeli flashdisk original menimbang nilai sebuah data bisa saja jauh lebih mahal dari harga flashdisk original itu.

Oh ya, saya pribadi baru coba flashdisk SanDisk dan Kingston, sementara merk yang lain saya sertakan berdasarkan riset atau baca-baca di internet. Jadi murni opini saya ya, Anda boleh setuju atau tidak, keputusan 100% di tangan Anda.

SanDisk

Cek produk ini di Shopee

SanDisk adalah pemain lama di industri perangkat penyimpanan, salah satu produknya adalah flashdisk. Perusahaan ini sudah berdiri semenjak tahun 1988 dan sekarang bermarkas di Milpitas, California. Tidak hanya menciptakan flashdisk, SanDisk juga termasuk merk micro SD terbaik dan perangkat penyimpanan lain.

Salah satu produk flashdisk populer dari perusahaan di bawah Western Digital ini adalah SanDisk Cruzer Blade yang bisa Anda beli mulai dari 40 ribuan rupiah saja. Sementara versi dual drive dan OTG nya hanya 90 ribuan dengan kapasitas penyimpanan 32GB. Yang tak kalah menarik adalah masa garansi yang diberikan SanDisk adalah 5 tahun.

Omong-omong, saya memiliki flashdisk SanDisk Cruzer Blade seperti foto di atas. Kualitasnya oke, harganya terjangkau. Pernah sekali tidak sengaja tercuci dengan air dan mesin cuci, alhamdulillah setelah kering masih bisa digunakan.

Tapi saya tidak sarankan Anda untuk sengaja merendam dalam air ya, sebab kalau rusak karena kesalahan tersebut, garansi kemungkinan besar tidak bisa klaim garansi.

Kingston

merk flash disk terbaik

Ilustrasi flashdisk Kingston seri lama (Sumber: Pixabay)

Sama halnya dengan merk pertama tadi, Kingston juga merupakan merk flashdisk terbaik yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan multinasional yang didirikan pada 1987 ini juga memproduksi produk memori untuk berbagai perangkat.

Untuk flashdisk sendiri, produk Kingston bisa Anda temukan dengan harga mulai dari 60 ribuan. Salah satu produk flashdisk murah mereka adalah Kingston DT Exodia 32GB. Produk ini dibekali teknologi USB 3.2 gen 1 dan memiliki masa garansi selama 5 tahun.

Sementara jika Anda butuh produk USB yang ada konektor USB type-C nya, bisa pilih Kingston OTG USB-C DTDE yang harganya hanya 92 ribu saja.

Jika Anda tertarik, berikut saya sertakan link pembelian dua tipe flashdisk Kingston yang saya sebutkan tadi.

Transcend

Trancend merupakan merk milik Transcend Information, Inc. yang merupakan produsen dan penyalur produk memori komputer dari Taipei, Taiwan. Produk-produk Transcend juga menjadi alternatif flashdisk terbaik yang bisa Anda pilih.

Sebuah flashdisk Transcend original bisa Anda dapatkan mulai dari 80 ribuan saja. Tepatnya seri Transcend USB 3.0 JetFlash 700 (16GB). Produk satu ini dibekali garansi resmi selama 5 tahun dari distributor resmi produk Transcend.

V-Gen

Brand satu ini adalah asli Indonesia dan memiliki beragam produk perangkat penyimpanan, mulai dari flashdisk, RAM, hingga SSD. Meskipun produksi lokal, produk-produk V-Gen tidak kalah dari segi kualitas. V-Gen bahkan memiliki flashdisk yang diklaim sebagai waterproof alias anti air.

Untuk sebuah flashdisk, V-Gen memberikan harga mulai dari 70 ribu rupiah untuk yang termurahnya. Hal yang menarik dari merk satu ini adalah mereka berani memberikan masa garansi lifetime pada beberapa jenis produk mereka.

ADATA

ADATA adalah merk produk memori dan penyimpanan yang berasal dari Taiwan. Merk satu ini baru berdiri pada tahun 2001, masih terbilang muda dari pada 3 merk di atas tadi, tapi produk mereka termasuk produk berkualitas juga.

Anda dapat membeli sebuah flashdisk ADATA mulai dari 60 ribu rupiah saja. Dengan harga segitu, kita bisa mendapatkan sebuah flashdisk USB 2.0 dengan kapasitas 16GB. Produk flashdisk ADATA memiliki garansi selama 5 tahun.

Joyseus

Joyseus merupakan salah satu merk aksesoris elektronik yang sedang naik daun di Indonesia. Utamanya mereka menjual aksesoris smartphone hingga powerbank, namun mereka juga memproduksi flashdisk yang laku keras oleh konsumen online.

Harga yang Joyseus tawarkan untuk sebuah flashdisk mulai dari 55 ribu rupiah saja. Dengan harga segitu, Anda sudah mendapatkan sebuah flashdisk dengan masa simpan lebih dari 10 tahun dan dapat dihapus berulang hingga 100.000 kali.

Untuk kecepatan flashdisk nya, 12-16 Mbps untuk pembacaan dan 4-6 Mbps untuk menulis. Jika Anda penasaran dengan flashdisk yang merk ini jual, berikut saya sertakan tautan ke toko mereka di Shopee.

Cek di Shopee

Teamgroup

The last but not least, merk flashdisk terbaik lainnya adalah Team atau Teamgroup. Team merupakan merk dari perusahaan asal Tiongkok, mereka sudah cukup berpengalaman di sektor perangkat memori dan penyimpanan karena sudah beroperasi semenjak 1997.

Produk RAM dari Team termasuk yang laris di pasaran. Ternyata selain membuat RAM dan SSD, Teamgroup juga memproduksi flashdisk yang harganya sangat terjangkau. Untuk sebuah flashdisk berkapasitas 16GB, Team menjualnya mulai harga 50 ribu rupiah saja. Produk itu memiliki garansi lifetime lho, artinya selama produk itu terus Anda pakai, garansinya tetap ada.

Robot

Jika Anda ingin membeli flashdisk murah, flashdisk Robot barangkali bisa Anda pilih. Robot sendiri merupakan brand yang dimiliki oleh perusahaan asal Tiongkok yang juga menaungi merk Vivan–merk aksesoris komputer lainnya. Namun dari segi harga, produk Robot cenderung lebih terjangkau dari pada Vivan.

Harga sebuah flashdisk Robot mulai dari 49 ribuan saja, hanya saja sejauh pemantauan saya, belum tersedia flashdisk dengan USB 3.0 pada merk satu ini.

Vivan

Jika Anda ingin  flashdisk produksi lokal dengan teknologi USB 3.0, merk Vivan bisa jadi alternatif. Sepertinya memang barang mahal dan lebih bagus mereka jual dengan brand Vivan, bukan Robot. Tapi sekali lagi, produsen kedua merk ini sama kok.

Yang menarik bagi saya adalah desain flashdisk Vivan yang premium karena menggunakan bodi atau casing metal. Jika Anda tertarik, cukup dengan uang 50 ribuan Anda bisa mendapatkan sebuah flashdisk Vivan USB 2.0 dengan kapasitas 8GB. Sedangkan untuk versi USB 3.0 dibanderol dengan harga 100 ribuan.

HP

Hewlett-Packard (HP) juga termasuk salah satu merk flashdisk terbaik yang layak Anda pilih. Memang flashdisk HP tidak lebih terkenal dari beberapa merk yang saya ulas di awal, tetapi nama besar HP menjadi “jaminan” akan kualitas produk mereka.

Selain modelnya yang menarik, harga flashdisk HP juga murah alias terjangkau. Flashdisk HP V178BP misalnya, desainnya “lucu” karena seperti es krim dengan warna biru laut dan pink. Selain itu ada gantungan berlogo HP juga. Harganya hanya 60 ribuan.

Varian di atas masih berteknologi USB 2.0 dengan kapasitas 16GB, tetapi produsen memberikan garansi 2 tahun lho. Selain itu, masih banyak model flashdisk HP lainnya, termasuk versi USB 3.0.

Lexar

Terakhir, ada Lexar sebagai merk flashdisk yang bagus dan saya berani rekomendasikan. Brand ini sendiri berasal dari Amerika dan sudah punya banyak pelanggan di dunia. Bukan hal yang sulit untuk menemukan flashdisk Lexar original di Indonesia, apalagi secara online.

Untuk harganya sendiri mulai dari 40 ribuan saja lho. Variannya sangat banyak, baik dari ukuran kapasitas maupun teknologi yang ditawarkan.

Penutup

Setelah membaca semua penjelasan di atas, mungkin Anda jadi berpikir “wah, banyak juga ya, mana yang harus saya pilih?”. Soal pilih memilih ini tergantung selera pribadi sebenarnya. Di atas saya juga sudah menuliskan beberapa tips memilih flashdisk yang bagus.

Hmm, manakah dari merk di atas yang sudah pernah Anda gunakan? Kalau saya pribadi pernah menggunakan flashdisk SanDisk dan Kingston, dan kualitasnya lumayan sekali. Jika Anda ingin membeli flashdisk baru, saya sarankan untuk pilih 2 merk tadi, namun berbagai merk lain juga tidak kalah bagus kok.

Semoga Anda menemukan flashdisk terbaik untuk kebutuhan Anda.[]

Bagikan yuk:

4 tanggapan pada “11 Merk Flashdisk Terbaik yang Murah dan Berkualitas”

  1. dulu awal-awal kemunculan flasdisk, rasanya kayak mahall, maklum waktu itu masih zaman anak kuliahan.Dan flasdisk pertama yang aku punya kayaknya kingston, menurutku waktu itu udah bagus brand ini

  2. dulu flashdisk dikalungin ke mana2. sekarang fd-ku berserak di kamar, dapat dari acara2 tapi jarang kepake. sdh ada penyimpanan awan, hehe. tapi merek2 di atas rekomenlah, apalagi yg mengulas emang paham tekno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *