Home » 8 Manfaat Jam Tangan Bagi Penggunanya

8 Manfaat Jam Tangan Bagi Penggunanya

manfaat jam tangan

Kalau boleh tahu, apa motivasi Anda dalam menggunakan jam tangan? Apapun motivasi Anda, saya kira pasti mempertimbangkan manfaat jam tangan tersebut. Karena nyatanya jam tangan memiliki berbagai manfaat bagi penggunanya lho.

Umumnya manfaat menggunakan jam tangan itu adalah sebagai penunjuk waktu. Jadi kalau kita lagi di luar gitu, kita bisa tidak lupa waktu karena toh ada jam tangan yang bisa terus-terusan di lihat. Beberapa jenis jam tangan bahkan ada fitur alarm-nya yang membuat kita bisa buat pengingat di waktu tertentu. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas lebih lanjut beberapa manfaat dari jam tangan ini.

Manfaat Jam Tangan bagi Pengguna

Terlepas dari model jam tangan apapun yang sedang atau Anda gunakan, atas nama jam tangan, ia memiliki berbagai manfaat yang sayang sekali untuk dilewatkan. Nah, inilah beberapa manfaat menggunakan jam tangan yang layak Anda dapatkan.

Penunjuk waktu

Fungsi utama dari sebuah jam tangan tentu saja sebagai alat penunjuk waktu, fungsi ini sekaligus menjadi manfaatnya. Ketika menggunakan jam tangan, Anda bisa dengan mudah mencari tahu waktu saat itu, asal baterai jamnya masih ada. Hal ini sangat penting karena setiap orang tentu saja punya berbagai kegiatan yang harus disesuaikan waktunya setiap hari.

Aksesoris fashion penunjang penampilan

Memakai jam tangan juga akan menunjang penampilan dan gaya hidup Anda lho. Pasalnya jam juga merupakan bagian dari fashion, tepatnya sebagai aksesoris. Ada lho jenis jam tangan kasual atau fashion yang memang fungsinya untuk bergaya. Kadang kala, ada juga tuh pengguna yang dengan santai menggunakan jam tangan yang tidak aktif (entah habis baterai atau rusak) semata agar menunjang gayanya.

Meningkatkan status sosial

Sudah bukan rahasia lagi kalau ada beberapa jam tangan yang harganya selangit. Mau tidak mau, secara tidak langsung, jam tangan menunjukkan status sosial seseorang. Ketika Anda menggunakan jam tangan yang lebih bermerek, status sosial Anda juga akan meningkat. Agaknya karena inilah banyak jam tangan palsu alias KW dari merek terkenal beredar, biar kalau memakainya disangka jam asli yang mahal itu. Tapi saya pribadi tidak menyarankan Anda menggunakan jam tangan KW ya.

Meningkatkan kepercayaan diri

Selain sebagai penunjang fashion, bagi sebagian orang memakai jam tangan juga dapat meningkatkan kepercayaan dirinya. Bisa jadi karena dengan jam tangan itu ia merasa tampil lebih sempurna. Sebagai contoh jika seseorang menghadiri acara formal, walaupun sudah menggunakan jas tapi kalau tanpa jam tangan formal, rasanya kok ada yang kurang begitu.

Semakin piawai mengelola waktu

Nah, poin satu ini saya kira manfaat jam tangan yang paling keren. Jika pengguna mau, jam tangan dapat membantu mereka untuk semakin piawai mengelola waktu. Sebagai contoh, mereka bisa siap-siap ketika waktu pekerjaan yang lain akan datang. Selain itu bisa lebih baik dan tepat waktu dalam memenuhi janji ataupun contoh-contoh pengelolaan waktu yang baik lainnya.

Memang ini butuh usaha yang tidak mudah karena perubahan itu mesti datang dari diri sendiri, bukan aksesoris yang dipakai. Tapi adanya jam tangan bisa membantu diri kita untuk menjadi orang yang lebih teratur dalam urusan dan pandai menghargai waktu.

Sebagai aset atau investasi

Anda mungkin pernah mendengar ada orang yang membeli jam hanya untuk dikoleksi. Terutama jam tangan yang merupakan edisi khusus dan diproduksi secara terbatas. Jam-jam tangan tersebut tidak hanya berstatus sebagai barang koleksi lho, tapi juga merupakan aset dan investasi yang bisa dijual lebih mahal di waktu yang akan datang. Hanya saja, manfaat jam tangan satu ini agaknya jauh ya dari kondisi kita saat ini. Pasalnya ini hanya bisa dilakukan oleh para sultan. Hmm.

Sebagai pilihan kado atau hadiah

Memberikan kado pada orang-orang yang Anda sayangi adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan. Pasalnya saling memberi hadiah akan menguatkan hubungan. Nah, salah satu hadiah yang menarik dan berkesan (terutama untuk laki-laki) adalah jam tangan. Jam tangan sudah sangat lumrah untuk dijadikan hadiah atau kado dari seseorang ke seseorang lainnya dari zaman dulu sampai zaman modern yang sudah terang benderang seperti saat sekarang ini. Eh.

Alat bersosialisasi

“Alat bersosialisasi gimana nih?” tanya pembaca, mungkin ini seperti sebuah “lelucon”, tapi saat saya memakai jam tangan sering ada yang nanya “jam berapa sekarang, dek?” atau sejenisnya. Padahal mungkin bapak-bapak atau siapapun yang bertanya bisa saja melihat HP nya untuk mengetahui jam, tapi itu tidak praktis.

Ketika ditanya seperti itu, Anda bisa menjawab dengan baik, kemudian jika memang Anda suka bersosialisasi dengan orang lain, Anda bisa melanjutkan pembicaraan ke hal lainnya. Mana tahu ada hal menarik yang bisa didapatkan, bukan?

Baca juga : 7 Merek Jam Tangan Anak Muda dan Harganya

Nah, itulah beberapa manfaat jam tangan bagi penggunanya. Meskipun jam tangan ini bukanlah aksesoris wajib yang perlu Anda miliki, tapi memiliki dan menggunakannya akan memberikan Anda beragam manfaat. Lagi pula jam tangan sekarang tidak mahal-mahal kok, sebagai contoh jam tangan pria, ada banyak jam tangan pria murah yang bisa Anda temukan dengan mudah di marketplace ataupun toko offline.

Akhir kata, semoga artikel saya ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca.

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *