Home » 10 Jenis Jam Tangan Pria yang Bisa Anda Miliki

10 Jenis Jam Tangan Pria yang Bisa Anda Miliki

jenis jam tangan pria

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa jam tangan merupakan salah satu aksesoris yang dapat menunjang gaya hidup. Jam tangan tidak hanya berguna untuk menunjukkan waktu, ia juga membuat Anda tampil lebih menarik. Jika Anda pria, jam tangan bisa menambah kharisma Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memilih jenis jam tangan pria yang cocok.

Omong-omong, ada banyak macam-macam jam tangan pria ini lho. Setiap jenis jam membawa karakter masing-masing. Jam yang layak dipakai di acara formal tentu berbeda dengan jam tangan di agenda-agenda santai.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas ragam jam tangan pria yang layak untuk Anda miliki tersebut.

Jenis Jam Tangan Pria

Beberapa waktu yang lalu, saya membeli 3 buah jam tangan di waktu yang berbeda. Jam pertama yang saya beli adalah jam bertipe sport dengan mesin analog + digital atau dual time. Jam tersebut cocok untuk dipakai untuk acara-acara santai karena memang gayanya yang kasual.

Sedangkan 2 jam tangan lainnya, yang pertama adalah jam tangan formal yang memang sengaja saya beli untuk keperluan formal. Saya belinya sebelum akad nikah saat itu. Uhuk. Yang kedua adalah jam tangan lokal 100 ribuan yang saya beli pas ada flash sale di Shopee.

Well, tanpa basa-basi lebih panjang lagi nih. Berikut beberapa jenis jam tangan pria yang bisa Anda pinang untuk menemani keseharian Anda.

Jam tangan analog

Sebelum membahas macam-macam jam tangan pria lebih lanjut, agaknya kita perlu membahas jenis jam tangan berdasarkan display atau tampilannya terlebih dahulu. Jenis jam tangan berdasarkan tampilan yang paling populer adalah jam tangan analog.

Jam tangan analog adalah jam yang menggunakan jarum sebagai penunjuknya. Jarum tersebut bisa berjumlah 2 atau 3, sebagai penunjuk detik, menit dan jam. Selain itu, memang ada beberapa jam tangan analog yang dilengkapi chronograph aktif, cuma biasanya itu cukup mahal.

Lalu, apa kelebihan jam tangan analog ini? Jam analog memiliki nuansa klasik serta berkelas. Jam jenis ini juga lebih tangguh dari pada jam digital. Varian yang tersedia juga cukup banyak di pasaran. Tentu saja harganya juga beragam.

Sedangkan kekurangannya adalah sulit bagi kita menentukan waktu yang tepat. Maksud saya, kita harus memperhatikan dengan cermat pada dial, jarum panjang dan jarum pendek berada di angka berapa.

Jam tangan digital

Jam tangan digital merupakan jam tangan yang menggunakan angka-angka digital untuk menunjukkan waktu. Angka-angka ini ditampilkan oleh display yang disebut sebagai seven segment. Jika semua segmen hidup, maka jam akan menunjukkan angka 8. Perangkat tampilan seperti ini sangat lumrah kita temukan di perangkat-perangkat digital.

Kelebihan dari jam tangan jenis ini tentu saja mudah dibaca. Selain itu, ia juga memiliki fitur ekstra seperti stopwacth, alarm, hingga timer (meski tidak semua merk atau model ya). Untuk harga bisa lebih murah dari pada jam analog.

Sementara kekurangan dari jam digital adalah lebih gampang rusak karena display elektronik. Anda juga tidak bisa mendengarkan bunyi detik–yang kadangkala menarik bagi sebagian orang.

Jam tangan kasual

Jenis jam tangan pria selanjutnya adalah jam tangan kasual. Jika sebelumnya kita membahas jam tangan berdasarkan tampilan atau display, sekarang dan selanjutnya kita akan bahas berdasarkan fungsi dan gaya. Jam tangan kasual atau klasik adalah jam tangan yang umum digunakan dan bisa menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Jam tangan jenis ini menggunakan tampilan analog alias berjarum.

Oh ya, jam tangan kasual bisa juga disebut sebagai jam tangan fashion, artinya tidak hanya untuk menunjukkan waktu, jam ini lebih untuk menunjang gaya berpakaian yang digunakan oleh penggunanya. Pemilik bisa saja memiliki banyak jam kasual yang bisa dicocokkan dengan outfit mereka. Jam ini didesain untuk menunjang penampilan.

Lalu, apa kelebihannya? Ada 3 kelebihan utama yaitu penuh gaya dan menyenangkan, dapat mencerminkan selera Anda terkait style, hingga harganya dapat lebih murah dari jam fungsional lainnya. Hanya saja ia juga punya kekurangan seperti lebih mendahulukan style dari pada fungsi serta kualitasnya sangat tergantung pada harga.

Jam tangan formal

jenis jam tangan pria untuk acara formal

Apakah Anda sedang mencari jam tangan untuk dipakai di acara-acara formal seperti pernikahan, rapat dan sebagainya? Jika iya, jam tangan formal adalah yang cocok dengan Anda. Jam tangan formal memang didesain untuk bisa cocok dengan agenda-agenda penting yang penuh dengan orang-orang penting juga.

Jam tangan ini bahkan disebut sebagai “dress watch”, artinya disesuaikan dengan pakaian-pakaian formal seperti jas atau kemeja formal. Tapi jangan khawatir, jam ini juga bisa dipakai dengan pakaian kasual kok.

Kelebihan jam tangan satu ini adalah cocok untuk berbagai agenda formal. Ia akan menyempurnakan tampilan menawan Anda di agenda-agenda resmi, entahkah itu rapat, pernikahan, dan sebagainya. Sementara kekurangannya adalah harganya bisa sangat mahal serta kadang kala tidak cocok untuk agenda kasual.

Jam saku

“Memang jam saku termasuk jam tangan?”, mungkin begitu pikiran pembaca. Saya sengaja memasukkan jam saku atau pocket watch ke daftar karena memang jam saku juga dipakai dengan tangan, hehe.

Di samping itu, tidak sedikit juga orang-orang yang tidak suka mengenakan jam tangan sehingga jam saku cocok untuk mereka. Jam saku bisa disimpan di kantong dan dikeluarkan jika dibutuhkan.

Jam tangan ini menarik karena punya cita rasa klasik. Ia juga cocok untuk berbagai agenda, baik formal maupun kasual–yah, kan cuma disimpan. Cuma kekurangannya adalah tampak kuno serta agak repot mengeluarkan dari saku. Lagi pula sekarang orang sudah punya HP canggih dari berbagai merk HP terbaik. Kehadiran jam tangan saku barangkali hanya sebatas koleksi.

Jam tangan pintar

Tipe jam tangan pria selanjutnya adalah adalah jam pintar atau smartwatch. Agaknya Anda sudah familiar dengan jam tangan jenis ini, bukan? Bahkan mungkin Anda juga tahu apa saja merek-mereknya. Jam pintar lebih tepat kita sebut sebagai gawai (gadget) karena mereka dapat terintegrasi dengan perangkat pintar lain seperti smartphone. Jam pintar memiliki segudang fitur, hanya saja harganya bisa cukup mahal.

Kelebihan yang paling mentereng dari jam tangan pintar ini adalah multifungsi. Selain itu ia juga dapat terintegrasi dengan perangkat lain. Penggunaannya juga mudah, apalagi bagi generasi milenial. Cuma kurangnya adalah semakin menambah ketergantungan kita pada dunia digital. Harga smartwatch pun umumnya lebih mahal dari jenis jam tangan lainnya.

Jam tangan sport (olahraga)

Meskipun keseharian Anda tidak penuh oleh aktivitas olahraga, jam tangan sport layak untuk Anda beli. Seperti namanya, jam ini memang hadir sebagai penunjang aktivitas olahraga. Sejujurnya, definisi dari sport watch sendiri tidak pasti. Adapun yang pasti adalah desainnya tangguh dan cocok untuk aktivitas olahraga.

Jam tangan ini bisa berupa analog ataupun digital, meskipun lebih umum berbentuk jam digital. Tetap bergaya saat berolahraga dengan perlengkapan seperti sepatu olahraga hingga jam jenis ini.

Hal yang menarik dari jam tangan sport adalah desainnya yang gagah. Meskipun hadir untuk menemani aktivitas olahraga, nyatanya jam jenis ini bisa Anda pakai di berbagai aktivitas. Ia juga memiliki berbagai fitur tertentu. Cuma sayangnya, jam sport dengan penggunaan khusus bisa sangat mahal, pilihan modelnya juga cukup terbatas.

Jam tangan lapangan

jenis jam tangan pria untuk lapangan

Jam tangan lapangan sebenarnya bisa kita kategorikan sebagai jam sport, hanya saja saya tulis sebagai salah satu jenis di artikel ini karena memang spesialisasinya untuk kegiatan outdoor. Bukan kegiatan luar ruangan biasa, tetapi lebih ke mendaki, hiking, dan sejenisnya.

Jam tangan lapangan umumnya memiliki fitur chronograph (fitur ukuran waktu dengan jarum-jarum kecil) atau seperti jam tangan sport pada umumnya, hanya saja ada beberapa fitur yang mesti ada pada jam tangan lapangan. Fitur-fitur itu seperti kompas, altimeter, dan barometer.

Kelebihan dari jam ini adalah tersedianya fitur spesifik untuk kebutuhan di lapangan. Ia juga lebih tangguh dari pada jam tangan pada umumnya. Sementara itu kekurangannya ada di sektor harga dan mungkin juga tidak terlalu fashionable.

Jam tangan menyelam

Jam tangan menyelam atau dive watch merupakan jam tangan khusus yang diciptakan untuk bisa kita dibawa menyelam oleh penggunanya. Jenis jam tangan pria satu ini seperti jam tangan olahraga pada umumnya hanya saja memiliki ketahanan tekanan dan ketahanan air yang lebih baik. Jam tangan ini hadir untuk kebutuhan spesifik, jadinya tidak banyak yang mengenakannya.

Kelebihan jam tangan menyelam adalah (tentu saja) tahan terhadap air dan tekanan. Kelebihan ini juga mengindikasikan bahwa build quality nya pasti bagus. Cuma kurangnya adalah tidak cocok untuk berbagai kebutuhan serta harganya yang mahal.

Jam tangan mewah

The last but not least, jenis jam tangan pria yang bisa Anda miliki adalah jam tangan mewah atau luxury watch. Apa saja mereknya? Salah satunya tentu saja Rolex. Hmm, barangkali Anda sudah pernah mendengarnya walaupun mungkin tidak pernah terbayangkan untuk membelinya. Tenang, kita sama. Omong-omong, kita mungkin bingung tentang mengapa jam ini bisa jadi sangat mahal?

Salah satunya adalah karena material pembuatnya, produsen bisa memasang permata dan emas pada jam tersebut serta beberapa fitur eksklusif lainnya. Satu lagi, untuk jam tangan mewah saya sarankan beli di toko offline terpercaya, jangan beli online atau di marketplace ya.

Kelebihan jam tangan ini adalah tingkat prestise yang tinggi. Karena harganya yang selangit, kualitas jam tangan harus sangat baik. Cuma tentu ada kekurangannya juga, yaitu harga sangat mahal dan fungsionalitas dasar yang sama saja dengan jam tangan murah.

Baca juga : 7 Merk Jam Tangan Lokal Keren untuk Pria dan Wanita

Nah, kalau harus memilih, kira-kira jenis jam tangan pria mana yang ingin Anda miliki? Nyatanya ada banyak merk jam tangan pria yang bagus di pasaran. Anda hanya perlu memilih yang cocok dengan kebutuhan dan anggaran. Di bawah saya sertakan link untuk melihat-lihat model dan harga jam tangan di Shopee, silakan klik jika berkenan.

Cek jam tangan di Shopee

Kesimpulan

Oke, saatnya kesimpulan–setelah penjelasan panjang sebelumnya. Terkait jenis jam tangan pria ini sebenarnya bisa lebih banyak jika kategori movement dan display dimasukkan semuanya. Tapi saya kira di atas tadi sudah mewakili jam-jam yang kita bedakan sesuai fungsinya.

Ada jam kasual, formal, sport, lapangan, menyelam, dan lainnya. Anda bisa memilih jam tangan yang cocok dengan Anda. Setiap jam punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika memang Anda ingin membeli semua jam tangan. Coba pertimbangkan kebutuhan, ukuran, kecocokan dan budget. Selain itu tidak ada salahnya juga mencocokkan dengan produk fashion yang Anda gunakan. Baju dan celana formal tentu cocok dengan jam tangan formal. Sementara itu, jam tangan sport juga punya pasangan seperti baju, celana, hingga dompet pria sport juga.

Saya kira empat parameter ini bisa membantu Anda menemukan jam tangan yang tepat. Akhir kata, jika Anda ingin lanjut “cuci mata” atau bahkan membeli jam tangan. Anda bisa klik tautan di bawah. Terima kasih sudah membaca.[]

Cek jam tangan di Shopee

Bagikan yuk:

22 tanggapan pada “10 Jenis Jam Tangan Pria yang Bisa Anda Miliki”

  1. Dari dulu sudah suka yg digital, mau dibilang digital itu jamnya anak muda, kurang cocok kalo dipake emak-emak yang udah berumur. Wkwkwk. Gak tahu kenapa kalo pake jam digital itu ngerasa udah pas aja detik, menit, jamnya. Gak perlu ngira-ngira lagi, seperti melihat jam analog.

  2. Kalo saya pas olahraga badminton dll bahkan pas ke kantor lebih suka pake jam tangan smartwatch yang bisa juga untuk oalhraga, misalnya cek detak jantung, SPO2 dalam darah, dll. Praktis juga dan multifungsi tentunya.

  3. jam tangan saku itu unik banget ya, cocok jadi bandul kalung juga ya itu 😀
    kalau saya sih suka lihat jam tangan klasik dan formal tuk cowok, macho aja gitu lihatnya.. sama jam tangan digital juga, kekinian 😀
    tapi Suamiku mah gak betahan pake jam, udah berapa kali beliin jam malah suka dilepas dan berakhir hilang 🙁

  4. Oiya ya selain jam tangan analog, digital, smart watch, jam tangan sport, dan kasual ada juga jam tangan saku ya, ala bangsawan eropa zaman Reinassance ya hehe… hmm boleh deh ceki-ceki di Shopee ntar buat kado Bg Fadli Azhari nya saya 😉

  5. Kalau saya suka liat jam tangan suami saya yang warna hitam dan terkesan sporty. Padahal harganya murah, tapi karena klasik warna hitam, sering disangka jam mahal. Malah disangka smart watch, hehehhe.

  6. SAya itu suka pake jam tangan mas, cuma suka lupa wkwkwk. Nah pada akhirnya saya putuskan untuk ga pakai saja karena suka lupa itu. Suami saya malah perlu jam tangan karena dia orang lapangan. Trims infonya mas

  7. aku paling ribet kalo cari jam tangan. pilih yg cewek gak suka, pilih yg cowok gak enak tar dikira gak normal. untung ada pilihan unisex, jd gak pake gender

  8. saya paling gak bisa tanpa jam tangan, apalagi kalau ada acara penting, jam tangan bisa bikin tambah rasa percaya diri, hehe. saya lebih suka jam tangan kasual dengan mode analog, terlihat lebih keren di tangan.

  9. “Pertimbangkan kebutuhan” ini selalu jadi parameter utama saya dalam membeli barang, Kak😆
    Apalagi untuk barang yang sifatnya mevah atau bukan kebutuhan pokok…😁😁

  10. Selama pandemi saya gak pernah pakai jam tangan. Sebab kata dokter waktu itu jam sebagai salah satu tempat bersarangnya virus corona. Sebelumnya saya jam tipe cowok, hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *