Home » 7 Merek Mouse Terbaik, Murah, dan Berkualitas

7 Merek Mouse Terbaik, Murah, dan Berkualitas

merek mouse terbaik

Perkembangan zaman membuat beragam pekerjaan membutuhkan bantuan dari perangkat komputer. Mulai dari menggarap tugas sekolahan sampai pekerjaan profesional, semuanya butuh komputer. Sehingga komputer, khususnya mouse, menjadi benda yang paling sering dipegang setelah HP android. Hmm, bagaimana menurut Anda?

Rutinnya kita memegang mouse ini membuat mouse atau tetikus bisa cepat rusak. Tapi itu hanya akan terjadi jika Anda menggunakan mouse yang tidak berkualitas. Di samping itu, ada banyak lho merek mouse terbaik dan berkualitas yang bisa menunjang produktivitas Anda.

Apa saja merek itu? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Tips Memilih Mouse Komputer

Sebelum lebih lanjut membahas merek mouse terbaik, terutama yang tersedia di Indonesia, saya jadi tertarik dulu nih membahas tips memilih mouse. Pasalnya sebagian kita mungkin masih bingung tuh dalam mencari mouse yang tepat untuk dipakai bekerja atau gaming.

Nah, agar Anda bisa mendapatkan mouse yang cocok dengan Anda, beberapa tips di bawah ini layak untuk Anda coba.

Pertimbangkan kebutuhan

Pertanyaan pertama saat ingin membeli mouse adalah mouse itu mau dipakai buat apa? Apakah untuk bekerja atau untuk gaming? Jika Anda membutuhkan mouse untuk menunjang pekerjaan kantor biasa, Anda bisa menggunakan mouse standar biasa. Berbeda dengan orang yang pekerjaannya sebagai desainer, mouse gaming mungkin lebih cocok untuk mereka.

Mouse gaming yang biasanya dipakai untuk bermain game punya satu kelebihan yang kentara. Kelebihan itu adalah sensitivitas atau nilai DPI-nya bisa diubah-ubah untuk menemukan kenyamanan dalam bermain. Mouse gaming juga ada yang memiliki tombol tambahan.

Selain itu, mempertimbangkan jenis mouse kabel atau wireless juga layak dicoba. Mouse kabel memang sedikit lebih repot dari pada mouse wireless, tapi ia akan menghemat uang Anda untuk membeli baterai. Sebaliknya mouse wireless memberikan fleksibilitas yang lebih baik. Nah, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tetapkan budget

Harga sebuah mouse itu bisa sangat beragam, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Oleh karena itu, sebelum lebih lanjut melihat-lihat etalase toko yang menjual mouse, ada baiknya menetapkan budget atau anggaran dulu.

Ketika Anda telah menetapkan budget pembelian mouse, Anda bisa mempersempit pilihan yang ada. Toh di marketplace seperti Shopee dan lainnya kita bisa tetapkan filter sesuai rentang harga, bukan? Pastikan budget yang Anda tentukan sesuai dengan kondisi keuangan juga ya.

Perhatikan spesifikasi

Bagaimanapun, mouse adalah perangkat elektronik. Dalam memilih perangkat elektronik, saya sangat menyarankan Anda untuk memperhatikan spesifikasi dari mouse yang ingin Anda beli. Pertanyaannya, spesifikasi apa saja yang perlu dicermati? Nah, yang di bawah ini nih.

  • Dimensi, pastikan Anda mengecek dimensi mouse terutama jika membelinya secara online. Hal ini agar kita bisa membayangkan kecocokan ukuran mouse dengan tangan. Biar tidak kebesaran atau kekecilan yang malah bikin mouse itu tidak nyaman di tangan.
  • Berat, tidak ada salahnya mempertimbangkan berat mouse juga. Bagaimanapun mouse bakal digeser ke sana ke mari saat digunakan, bukan?
  • Sensitivitas, jika memungkinkan, cermati juga sensitivitas mouse tersebut. Mouse yang terlalu sensitif mungkin akan kurang nyaman juga saat dipakai untuk bekerja. Apalagi jika tidak disertai dengan penggunaan mousepad.

Beli yang original

Sebagai pengguna, kita tentu tertarik untuk membeli produk dari merek mouse terbaik, hanya saja jangan sampai kita membeli produk palsu karena pengen murah. Lagipula, produk dari produsen mouse terbaik juga ada yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau kok.

Beberapa merek mouse terbaik yang saya ulas di bawah adalah merek dengan mouse murah dan berkualitas. Beberapa produk mereka ada yang harganya bersahabat, saya akan sertakan juga nanti kisaran harganya biar Anda punya gambaran yang cukup jelas.

Cermati garansi

Tips memilih mouse terbaik yang terakhir adalah cermati garansi produk. Saya sangat sarankan Anda untuk membeli mouse bergaransi. Kenapa? Ya, yang namanya barang elektronik kadangkala ada kendala pada pemakaian. Dengan adanya garansi, Anda bisa klaim perbaikan atau tukar baru jika misalnya Anda dapat produk yang cacat dari pabrik.

Memang sih biasanya produk itu baru beredar ke pasaran setelah quality control, tapi tidak ada jaminan semua produk mereka satu per satu oleh produsen, bukan?

Merek Mouse Terbaik

Well, setelah beberapa tips yang saya bagikan di atas, Anda mungkin sudah tidak sabar untuk melihat apa saja merek mouse terbaik yang jadi rekomendasi saya. Rekomendasi saya susun berdasarkan riset di internet ya. Ini murni opini yang tidak berani saya klaim 100% akurat. Keputusan membeli atau tidak sepenuhnya jadi tanggung jawab Anda.

Tanpa berpanjang-panjang lagi, berikut daftar merek mouse terbaik yang bisa Anda pinang.

Logitech

mouse terbaik logitech

Saya berani bilang kalau Logitech adalah merek mouse terbaik di dunia. Pasalnya sudah banyak orang di dunia yang menggunakan produk merek satu ini. Baik mouse standar untuk kerja, apalagi mouse gaming. Produsen mouse satu ini bahkan sering menjadi sponsor dalam pagelaran kompetisi eSport.

Sebagai informasi, Logitech merupakan perusahaan yang berpusat di Lausanne, Swiss dan memproduksi berbagai perlengkapan komputer. Tidak hanya mouse atau tetikus, mereka jual membuat dan menjual keyboard, mikrofon, hingga webcam.

Saya sendiri termasuk pengguna mouse Logitech, saya menggunakan Logitech B170, mouse wireless yang sangat terjangkau dan memiliki performa yang bagus. Penggunaan baterainya juga sangat awet, cukup 1 baterai ukuran AA bisa tahan hingga berbulan-bulan. Harga Logitech B170 di pasaran adalah mulai 100 ribu rupiah saja kalau Anda beli di toko resmi mereka di Shopee. Selain model ini, banyak model mouse Logitech lainnya yang bisa Anda beli.

Cek harga di Shopee

Fantech

Dok. Pribadi, maaf logonya memudar karena pemakaian :/

Merek satu ini adalah merek mouse terbaik dengan harga yang murah. Saya sengaja meletakkannya di nomor 2 karena popularitasnya yang baik. Fantech bahkan menjual mouse gaming dengan harga di bawah 100 ribu rupiah lho. Dan kabar baiknya, merek satu ini asli Indonesia.

Pendiri merek ini adalah Fandy Pinardy yang menjadikan Fantech sebagai satu-satunya produsen gaming peripheral yang produknya sudah go international alias ekspor. Dan meskipun produk mouse mereka lebih banyak seri gaming, ada juga kok yang khusus office atau kerjanya. Salah satunya adalah Fantech T530, mouse buat kerja yang murah dan berkualitas.

Saya beli mouse itu sudah cukup lama sih, jadinya sekarang mungkin yang tersedia versi lanjutannya, yaitu T533. Tapi apapun itu, merek satu ini layak untuk Anda pilih. Harga mouse Fantech mulai dari 30 ribuan rupiah saja.

Cek harga di Shopee

Microsoft

“Mouse” by wwarby is licensed under CC BY 2.0

Sebagian besar dari kita mungkin tahunya Microsoft adalah produsen perangkat lunak saja, tapi ternyata mereka juga memproduksi perangkat keras seperti mouse. Mouse hasil produksi Microsoft juga sangat berkualitas dan fancy, terutama untuk jadi mouse kantoran.

Sensitivitas dari mouse Microsoft bagus dan jangkauan wireless-nya juga baik. Yang paling penting menurut saya adalah teknologi hemat daya dari mouse tersebut. Konon penggunaan baterai bisa awet dari 6-12 bulan. Hal tersebut mendorong saya menjadikan Microsoft sebagai salah satu merek mouse terbaik.

Untuk harga mouse Microsoft original, mulai dari 100 ribuan rupiah per unit ya. Kalau ada yang lebih murah dari itu, layak untuk dicurigai kalau itu tidak asli dan resmi.

Cek harga di Shopee

HP

Sebagai salah satu pabrikan besar, tentu saja HP juga memproduksi mouse atau tetikus dengan merek mereka sendiri. Perusahaan yang berasal dari California, Amerika Serikat ini memproduksi mouse yang berkualitas dan bisa Anda tebus dengan harga yang relatif murah.

Contohnya HP Mouse Wireless 200 yang harganya mulai 90 ribu rupiah. Dimensi mouse yang satu ini adalah ukuran sedang dan menggunakan 2 baterai AAA. Selain produk tersebut, ada juga mouse gaming HP M150, mouse kabel dengan sensitivitas 1600 DPI yang harganya sangat murah, yaitu mulai 69 ribu rupiah saja.

Ada lebih banyak lagi model mouse HP yang bisa Anda pilih lho. Anda bisa menemukannya di berbagai marketplace, namun pastikan pilih hanya yang original ya.

Cek harga di Shopee

Rexus

Rexus adalah merek mouse terbaik lainnya. Meskipun namanya terkesan “barat”, tapi merek ini merupakan merek asli Indonesia lho. Awalnya Rexus hanya memproduksi peralatan kantor, namun seiring perkembangan teknologi, perusahaan ini memberanikan diri memproduksi peralatan gaming, tidak terkecuali mouse.

Oh ya, selain memiliki produk mouse gaming, Rexus juga ada mouse kantor. Harga produk mereka pun bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Anda juga tidak perlu khawatir soal performa mouse buatan Rexus.

Mouse untuk kantor mereka saja, Rexus Wireless Mouse Office Q20, bisa disesuaikan DPI nya jadi 3 level, auto ON/OFF, dan dibuat dari sensor dan chipset yang berkualitas.

Cek harga di Shopee

Robot

Keyboard dan mouse merk Robot

Jika Anda mencari mouse dengan desain yang fashionable, merek Robot barangkali cocok untuk Anda. Merek yang belakangan jadi sangat populer ini punya banyak varian mouse yang cocok untuk dipakai harian dan bekerja. Tidak hanya memproduksi mouse, mereka juga memproduksi power bank dan berbagai aksesoris gadget lainnya.

Harga dari mouse Robot juga sangat bersaing. Mouse wireless mereka yang fashionable bisa Anda dapatkan mulai dari 60 ribuan rupiah saja lho. Dengan harga semurah itu, Anda akan dapat mouse berkualitas yang bergaransi selama 12 bulan alias 1 tahun.

Cek harga di Shopee

Alcatroz

Alcatroz menjadi merek mouse terbaik yang bisa saya rekomendasikan kali ini. Merek ini merupakan merek baru milik Leapfroglobal dan sukses menjadi salah satu merk mouse yang laku di pasaran Indonesia. Produsennya sendiri memiliki markas di Singapura.

Alasan mengapa mouse Alcatroz disukai agaknya adalah karena modelnya yang menarik dan harganya yang terjangkau. Sebuah mouse Alcatroz bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 30 ribu rupiah dan itu produk asli dan resmi lho.

Tidak tanggung-tanggung, mereka memberikan garansi resmi selama 2 tahun. Merk asal Singapura ini layak menjadi pilihan Anda.

Cek harga di Shopee

Baca juga : 8 Cara Memilih Earphone yang Bagus dan Berkualitas

Nah, itulah beberapa merek mouse terbaik yang bisa saya ulas kali ini. Sebenarnya, memang masih banyak merek lainnya yang tidak kalah berkualitas. Hanya saja, saya mempertimbangkan harga produk yang tergolong masih murah atau terjangkau.

Perlu kita ingat kembali, bahwa selalu berlaku kaidah “ada harga, ada kualitas”. Mouse Logitech memang lebih mahal, tapi kualitasnya lebih baik daripada yang murah-murah. Jadi, sesuaikan pilihan Anda dengan budget serta kebutuhan karena “terbaik” bagi seseorang belum tentu terbaik juga bagi Anda, bukan?

Adapun jika Anda memiliki usulan merek yang lain untuk ditambahkan, jangan sungkan untuk mengirimkannya di kolom komentar. Akhir kata, semoga Anda bisa menemukan mouse yang cocok dan terbaik untuk kebutuhan Anda.[]

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *