Home » 5 Merk Webcam yang Bagus untuk Laptop dan PC

5 Merk Webcam yang Bagus untuk Laptop dan PC

Saat berbagai kegiatan mulai dilakukan secara daring, Anda mungkin berpikir untuk membeli sebuah kamera web dari merk webcam yang bagus. Pasalnya, webcam bawaan laptop Anda tidak cukup mumpuni. Ketika Anda menggunakan PC, webcam tidak ada sama sekali. Alhasil, Anda harus mencari satu agar kegiatan bisa berjalan dengan baik.

Faktanya, meskipun sebuah laptop telah memiliki sebuah webcam, resolusi kameranya hanya seadanya. Hasil gambar cenderung untuk buram, sementara Anda harus tampil baik di video conference, baik untuk rapat atau kegiatan lain. Gambar yang jernih tentu akan lebih bagus, bukan?

Kabar baiknya, di bawah saya sudah menuliskan beberapa merk webcam yang bagus untuk Anda. Ini murni dari opini dan riset saya, Anda boleh setuju atau tidak.

Rekomendasi Merk Webcam yang Bagus

Sebelumnya disclaimer dulu ya. Cara saya memilih merk yang saya ulas itu sebenarnya cukup sederhana. Pertama, saya akan mempertimbangkan brand yang memang sudah pengalaman. Selain itu, saya juga akan melihat garansi yang bisa diberikan oleh produsen ataupun distributor produk dari brand tersebut.

Sederhananya saya menulis artikel ini bermodalkan riset di internet, belum mencoba sendiri produk webcam mereka. Artikel ini semata bahan pertimbangan, jika menurut Anda layak untuk dibaca, silakan dilanjutkan. Sebab beberapa merk webcam di bawah mungkin bisa Anda pelajari lebih lanjut.

Logitech

merk webcam logitech

“Logitech C910” by yoppy is licensed under CC BY 2.0

Merk satu ini tak ubahnya sebagai salah satu merk aksesoris komputer yang terkenal dan terbaik di dunia. Produk-produk mereka juga bisa kita temukan di Indonesia secara resmi. Ambisi mereka untuk “menguasai” pasar di dunia bahkan mendorong mereka mengganti nama menjadi “Logicool” khusus untuk market Jepang–karena sudah ada perusahaan bernama Logitec di sana.

Ada banyak produk berkualitas dari brand ini, mulai dari mouse komputer, keyboard, tidak terkecuali webcam. Terkait webcam brand ini, serinya juga banyak dengan harga bervariasi. Seri termurahnya adalah Logitech C270 HD Webcam. Dengan perangkat ini, Anda bisa melakukan panggilan video dengan kualitas HD 720P (1280 x 720 piksel). Ia juga dilengkapi dengan penyesuai cahaya dan mikrofon dengan noise-reducing.

Produk tersebut bisa Anda dapatkan di harga 400 ribuan rupiah saja. Selain itu masih banyak seri webcam di atas C270 dengan fitur yang lebih menarik. Lebih lanjut, sebuah webcam dari Logitech memiliki garansi resmi 1 tahun.

Cek harga di Shopee

Ausdom

Ausdom adalah perusahaan asal Amerika yang berdiri pada 2014 lalu. Brand ini berfokus pada produk audio dan video, webcam adalah salah satu produk unggulan mereka.

Webcam Ausdom termasuk produk yang laku di pasar Indonesia. Beberapa waktu yang lalu saya mengamati Shopee, dan ratusan produk webcam mereka sudah laku terjual.

Sebuah Ausdom webcam 1080P 12MP dengan built-in mic dan fitur koreksi cahaya otomatis dengan harga 390 ribu saja. Selain itu masih banyak model dan varian webcam Ausdom. Supplier mereka memberikan garansi 24 bulan untuk produknya.

Cek harga di Shopee

Aukey

Terkait dengan merk ini, ajopiaman pribadi pernah mencoba membeli lensa HP mereka. Ada lensa makro dan wide waktu itu, kualitasnya cukup bagus. Aukey mungkin lebih dikenal sebagai merk aksesoris smartphone, produk mereka seperti power bank hingga charger, tapi di samping itu mereka juga memproduksi webcam.

Salah satu webcam Aukey yang layak untuk Anda pelajari adalah Aukey Webcam PC-LM1E dengan resolusi Full HD 1080p dan frame rate 30fps. Aukey menyematkan sensor CMOS 1/3″ pada produk tersebut untuk menghasilkan video yang tajam dan halus. Lensanya juga memiliki auto focus. Ada mikrofon dengan noise reduction juga agar tidak terlalu bising.

Aukey memang tidak punya banyak varian webcam, selain PC-LM1E itu ada PC-W1. Webcam mereka dapat Anda beli mulai dari harga 400 ribu dan memiliki garansi hingga 24 bulan.

Cek harga di Shopee

Razer Kiyo

Jika Anda sedang mencari webcam profesional dan punya budget yang cukup, Razer Kiyo mungkin cocok untuk Anda. Yang menarik dari produk brand gaming terkenal ini adalah sematan 12 LED putih dengan bentuk melingkar di tepian webcam.

Cuma kekurangan dari produk merk ini adalah harganya yang mahal. Bagi konsumen Indonesia yang hanya memerlukan webcam untuk video conference atau kegiatan harian biasa, agaknya Razer bukan opsi terbaik. Tapi kalau dari segi kualitas, produk Razer baik. Ada banyak review di YouTube yang bisa Anda lihat.

Omong-omong, harga satu buah produk ini bisa mencapai 1,8 juta rupiah. Kalau saya pribadi sih tidak sarankan Anda untuk membeli ini. Namun jika penasaran ingin intip-intip, bisa klik link di bawah.

Cek harga di Shopee

JETE

Terakhir, saya sertakan juga merk webcam lokal yang bagus, yaitu JETE. Produk webcam mereka cukup laku di pasaran, khusus platform Shopee sendiri sudah terjual ratusan.

Barangkali karena harganya yang relatif murah, yaitu mulai 390 ribuan saja. Selain itu JETE berani memberikan garansi selama 2 tahun, rusak ganti baru, tukar sepuasanya, begitu kata mereka.

Terkait spesifikasinya sendiri, Webcame JETE W6 memiliki resolusi Full HD dengan built in mic. Sudut penglihatan horizontal mencapai 120 derajat. JETE juga menyematkan sensor 1/2.7″ CMOS di dalamnya.

Jika Anda lebih cenderung menggunakan brand lokal, barangkali JETE bisa jadi pilihan Anda.

Cek harga di Shopee

Baca juga : 4 Merk Printer yang Bagus untuk Rumah dan Kantor

Penutup

Setelah semua itu, mungkin Anda bertanya-tanya, “mana yang harus saya pilih?”. Jika saya boleh menyarankan, saya akan sarankan Anda untuk memilih webcam Logitech. Produk merk satu itu sudah teruji kualitasnya, jadi saya pun bisa berani untuk menjadikannya sebagai rekomendasi utama untuk Anda.

Pun jika Anda tidak ingin memilih satu di antara merk webcam yang bagus di atas. Itu sepenuhnya hak Anda. Artikel ini dibuat sebagai bahan pertimbangan dalam memilih produk yang Anda butuhkan. Dan bagaimanapun kaidah “ada harga ada kualitas” tetap akan berlaku untuk produk apapun, bukan?

Akhir kata, semoga Anda menemukan webcam terbaik untuk Anda gunakan pada PC atau laptop dalam menunjang aktivitas Anda.[]

Bagikan yuk:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *