Home » 6 Merek Rubik Terbaik yang Tersedia di Indonesia

6 Merek Rubik Terbaik yang Tersedia di Indonesia

merek rubik terbaik

Bermain rubik memang punya keseruan tersendiri. Puzzle atau teka-teki yang dulunya hanya berbentuk kubus itu, sekarang sudah banyak sekali modelnya. Rubik 3x3x3 adalah rubik standar yang paling banyak dimainkan di dunia. Namun terlepas dari jenisnya, saat membeli sebuah rubik kamu juga harus mempertimbangkan mereknya. Belilah produk dari merek rubik terbaik agar pengalaman bermain menyenangkan.

Tapi tunggu dulu, yang mana saja sih yang termasuk merek rubik terbagus, terbaik dan terkenal di dunia?

Hmm, jika pertanyaanmu adalah lingkup dunia, maka saya akan jawab Rubik’s. Rubik’s adalah perusahaan yang didirikan oleh Erno Rubik yang merupakan penemu kubus rubik original. Perusahaan tersebut memegang lisensi dari rubik standar dan menjual macam-macam rubik lainnya seperti mini cube, rubik 4×4 dan lainnya.

Namun sayangnya, produk Rubik’s sulit sekali ditemukan di Indonesia. Alhasil, beberapa merek rubik terbaik yang saya tuliskan di bawah terbatas pada merek yang produknya beredar di pasar lokal atau Indonesia.

Merek Rubik Terbaik di Indonesia

Ada cukup banyak merk rubik yang beredar di pasar Indonesia, selain itu agaknya ada juga yang tidak bermerek. Namun jika kamu ingin memiliki rubik yang enak untuk dimainkan, saran saya adalah beli yang bermerek meskipun itu yang paling murah. Ada pun beberapa merek rubik terbaik yang beredar di Indonesia saya tuliskan di bawah.

Sedikit disclaimer, terbaik di sini bukan berarti yang paling baik dari semua merk rubik yang ada ya. Saya hanya menulis merk rubik yang tersedia di Indonesia dan laku di pasaran. Sisanya kembali ke kaidah “ada harga, ada kualitas”. Dan terbaik buat seseorang belum tentu terbaik buat orang lainnya.

Artinya, artikel ini saya tulis semata opini pribadi dari hasil membaca di internet, Anda boleh setuju atau tidak. Saya pun tidak berani mengklaim akurat 100%, karena saya belum pernah membeli produk dari berbagai merek ini (kecuali MoYu). Tapi setidaknya bisa jadi bahan pertimbangan Anda. Jadi, pelajarilah lebih lanjut sebelum membeli.

GAN Cube

Merek satu ini adalah merek rubik terkenal dan berkualitas tinggi yang bisa kamu temukan di pasar lokal. GAN atau GANCUBE merupakan merek yang berasal dari Guangzhou, Tiongkok. Untuk harga sendiri, rubik GAN terbilang mahal, tapi setara banget dengan kualitasnya lho.

Hal yang menjadikan merek ini terkenal dan diburu oleh penghobi rubik profesional adalah sertifikasi dan paten yang dipegang oleh GANCUBE untuk produk mereka. Rubiknya juga licin dan bisa dipakai untuk speedcubing.

Salah satu produk GAN, yaitu GAN357 AIR SM 3×3 Magnetik bahkan pernah dipakai oleh speedcuber dunia Feliks Zemdegs dengan rekor penyelesaian 4,73 detik. Fitur magnetik pada rubik membuat putaran rubik menjadi lebih halus dan memungkinkan pemain untuk menyelesaikan teka-teki tersebut dalam waktu yang sangat singkat.

Cek harga di Shopee

QiYi

Sama halnya dengan GAN, QiYi juga merupakan merek mainan asal negeri tirai bambu. Produk rubik QiYi tersedia dalam berbagai jenis mulai dari rubik standar, pyraminx, rubik 4×4 dan sebagainya. Harga jual dari produk rubik QiYi terbilang terjangkau.

Salah satu seri terbaik dari QiYi cube ini adalah QiYi MS Magnetic 3×3 Speedcube dengan sistem magnetic yang membuat rubik lebih stabil dan cocok untuk digunakan pada kompetisi speedcubing. Seri ini dibanderol Rp. 95.000 di salah satu marketplace.

Sedangkan secara umum, rubik QiYi biasa dibanderol mulai dari 20 ribuan, sedangkan yang magnetik bisa didapatkan dengan harga 90 ribuan. Harga rubik dapat bervariasi di toko-toko.

Cek harga di Shopee

Yongjun

Yongjun Cube atau YJ Cube adalah produsen rubik profesional yang produknya juga marak beredar di pasar Indonesia. Tahun 2019 lalu, YJ menjadi sponsor dalam acara speedcubing bertajuk Yongjun Jakarta Speedcubing 2019 yang dilaksanakan di Jakarta dan tercatat secara resmi di situs World Cube Association (WCA).

Harga jual rubik Yongjun juga beragam, mulai dari belasan hingg ratusan ribu tergantung dari jenis dan fiturnya.

Cek harga di Shopee

MoYu

MoYu adalah merek rubik terbaik lainnya yang produknya sangat mudah ditemukan di Indonesia. Merek MoYu yang berasal dari Tiongkok ini juga sudah terkenal di dunia baik dalam kompetisi speedcubing atau puzzle pada umumnya.

Produsen ini memiliki beberapa sub-merek seperti SenHuan, GuoGuan, MoJue dan sebagainya. Harga rubik MoYu juga murah-murah dan terjangkau, tapi jangan salah-salah, produk mereka juga digunakan oleh atlik rubik dunia untuk memecahkan rekor di kompetisi lho.

Cek harga di Shopee

QJ

QJ termasuk produsen rubik dengan banyak rubik berkualitas baik itu magic cube atau beragam versi dari puzzle Minx. Pabrikan ini juga berasal dari negeri tirai bambu. Untuk harga rubiknya sendiri sangat beragam, ada yang belasan ribu hingga ratusan ribu. Yang menarik dari merek ini adalah banyak model rubik khusus seperti Skewb, Octahedron dan sebagainya.

Cek harga di Shopee

Match Specific

Mencari rubik murah namun berkualitas lainnya? Rubik dari merek Match Specific bisa jadi pilihan kamu lho. Meski tidak sepopuler beberapa merek yang telah disebutkan di atas, rubik Match Specific dari Jiehui Toys layak kamu miliki dan koleksi. Produk rubik Match Specific konon juga sudah memiliki standar SNI.

Umumnya rubik yang mereka jual adalah rubik berbentuk kubus dan stikerless. Untuk harga juga bervariasi, mulai dari belasan hingga puluhan ribu.

Baca juga : 12 Manfaat Bermain Rubik Bagi Otak dan Tubuhmu

Cara Memilih Rubik yang Bagus

Omong-omong, memilih merek rubik terbaik saja tidak cukup untuk memastikan kamu mendapatkan pengalaman bermain yang terbaik. Selain memikirkan mau beli rubik merek apa, kamu juga perlu lho mengetahui beberapa tips atau cara memilih rubik yang bagus di bawah ini. Cara-cara ini akan membantu kamu mendapatkan rubik yang cocok dengan kebutuhan kamu.

Pertimbangkan harga rubik

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam memilih rubik adalah mempertimbangkan harganya. Jika kamu adalah pemula, baiknya kamu beli rubik biasa terlebih dahulu. Kamu bisa berlatih dengan itu karena harganya relatif murah. Setelah kamu lumayan mahir dan siap ikut kompetisi, barulah boleh membeli yang lebih mahal. Harga memang berbanding lurus dengan kualitas, tapi tentu tidak lucu juga kalau kamu membeli rubik ratusan ribu tapi hanya dimainkan sebentar saja, karena bosan atau kesulitan memecahkannya.

Perhatikan kontrol, baik putaran dan kecepatan

Kontrol dari sebuah rubik adalah hal yang patut banget kamu pertimbangkan. Kontrol ini bisa mengenai seberapa bagus putaran yang bisa dibuat oleh rubik tersebut, juga seberapa cepat ia bisa diputar. Rubik yang bagus adalah yang putarannya licin, tidak tersendat-sendat. Rubik yang licin juga lebih cepat untuk diputar. Umumnya rubik dengan kontrol bagus bisa kamu temukan di merek rubik terbaik yang sudah dituliskan di atas. Tapi akhirnya balik ke harga lagi ya, ada harga ada kualitas.

Utamakan stabilitas dari rubik

Jika kamu memperhatikan harga dari rubik, kamu mungkin akan melihat bahwa harga rubik magnetik lebih mahal dari rubik biasa. Kok begitu? Ya, karena rubik magnetik memiliki stabilitas yang lebih baik. Stabilitas yang baik mencegah rubik pecah atau tercerai-berai ketika kamu memutar dengan kasar atau sebagainya. Jadi perhatikan juga stabilitasnya ya. Caranya bisa dengan membaca review produk di toko terlebih dahulu sebelum membeli.

Stickerless atau tidak

Di pasaran, rubik tersedia versi dengan stiker dan tanpa stiker (stickerless). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Rubik dengan stiker keuntungannya adalah bagian dasar rubik terjaga dari gores atau kerusakan pemakaian, kekurangannya adalah stiker yang bisa rusak dan lepas sehingga kamu harus mengganti stikernya. Sedangkan rubik stickerless memang tidak perlu mengganti stiker, hanya saja rubik rentang terhadap goresan.

Lantas, mana yang mesti dipilih? Hmm, itu tergantung kebutuhan kamu.

Lihat corner cutting

Corner cutting adalah sudut maksimal di mana rubik dapat diputar, tanpa penguncian dan rubik disejajarkan secara langsung. Umumnya rubik standar 3×3 memiliki toleransi 45 derajat, dengan demikian meskipun permukaan tidak sejajar, rubik akan mengkoreksi sudut itu sendiri dan memungkinkan rotasi. Jika rubik tidak memiliki corner cutting ini, bisa jadi rubik pecah menjadi kepingan saat diputar.

Baca juga : 7 Merek Diecast Terbaik untuk Koleksi dan Hadiah

Nah, itulah sedikit pembahasan kita mengenai merek rubik terbaik dan terkenal di pasaran lokal atau Indonesia. Selain itu, kita juga sudah mengetahui cara memilih rubik yang bagus. Setelah ini, kamu bisa mencari rubik yang cocok dengan kebutuhanmu. Tenang saja, rubik bukan barang langka. Kamu bisa temukan di toko mainan offline atau di marketplace yang ada di Indonesia. Semoga informasi ini bisa membantu.[]

Cek Rubik di Shopee

Bagikan yuk:

8 tanggapan pada “6 Merek Rubik Terbaik yang Tersedia di Indonesia”

  1. Uda Fad sudah berapa kali selesai main rubiknya? Hihihi. Saya tuh pernah nonton video anak kecil di Cina yang menyelesaikan rubik kotak dalam hitungan kurang dari 1 menit. Masya Allah. Itu tangannya udah kayak aplikasi video yg bisa dipercepat 2-3x. Pintar sekaliiii. Sekarang rubik udah antimainstream ya, gak kotak doang, banyak bentuknya. Itu lebih sulit lagi sepertinya.

    1. Saya menyelesaikan rubik 3×3 selama 5 menit lebih, maklum Uni, masih pemula. Baru hapal algoritma standar, hehe
      Iya, ada anak-anak di Cina itu bisa selesai dalam 7 detik saja malahan. Cerdas banget dianya. Kalau model rubik udah banyak uni, ada yang paling mudah sampai yang sangat susah, hehe

  2. Wah main rubrik juga ada kompetisinya yaa. Baru tahu aku hehe. Tapi di kotaku sih sepertinya belum ada gaungan rubrik ini dilombakan tapi kalau temen² yang main lumayan afa

  3. Baru tau rubik ada kompetisinya, bisa dipastikan lah berarti berapa cepatnya orang orang yang ikutan itu. Saya sih paling kisaran waktu 45 – 60 menitan lah baru bisa selesai nyusun rubiknya. Kalo belum tau triknya memang membosankan karna susah untuk kembali ke bentuk semula hahaa..

  4. Waktu dulu tren rubik sempat tahu main 3×3 pake rumus kan ya … Sekarang udah lupa hehe. Di rumah ada rubik 4×4 gak pernah dimainin. Tapi gak tahu merknya nih

  5. Wah, mantap ini, paham banget dengan rubik. hehe…ternyata banyak juga jenis-jenis rubik. Ini bisa jadi referensi buat nyari rubik yang pas buat kita. Pertimbangan harga bisa menjadi pilihan…

  6. Wah sayabaru tahu lho kalo milih rubik juga ada ilmunya. Saya pernah punya dulu, beli di pasar dan move nya ga enak. Antara rubiknya yang ga enak atau saya aja yang emang ga bakat hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *